Calon Kuat Musuh Bebuyutan Toyota Raize, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda WR-V 2023

Kelebihan dan kekurangan Honda WR-V

Pertama kali diluncurkan pada 2 November 2022, Honda WR-V telah disambut antusias oleh konsumen di Indonesia yang mana saat itu angka pemesanan mobil ini telah mencapai lebih dari 1.500 unit. Kehadiran WR-V 2023 melengkapi lini SUV Honda yang sebelumnya telah sukses dengan model seperti CR-V, HR-V dan BR-V. 

Guna menjawab kebutuhan konsumen di Indonesia, khususnya di segmen anak muda dan keluarga muda yang menginginkan sebuah SUV berukuran kompak yang cocok untuk perkotaan maupun sub-urban, WR-V memiliki desain stylish dan sporty, performa bertenaga dan fitur yang canggih.

Menempati kelas A-SUV yang berhadapan secara langsung dengan Toyota Raize, untuk harga barunya per Januari 2023 ini WR-V diniagakan mulai dari Rp271,9 juta. Sebagai Small SUV perkotaan maupun sub-urban, simak kelebihan dan kekurangan Honda WR-V melalui ulasan di bawah ini.

Baca juga: Test Drive Honda WR-V 2023: Lebih Menarik daripada Raize?

Kelebihan Honda WR-V 2023

1. Headroom dan Legroom Cukup Luas

Kelebihan dan kekurangan Honda WR-V

Kelebihan pertama yang dimiliki Honda WR-V 2023 yakni pada ruang kabinnya. Secara dimensi mobil ini memiliki panjang 4.060 mm, lebar 1.780 mm dan tinggi 1.608 mm. Untuk jarak sumbu rodanya mencapai 2.485 mm dengan ground clearance 220 mm.

Lebih besar dari Toyota Raize, untuk headroom serta legroomnya mobil ini terasa luas sehingga nyaman digunakan ketika dibawa berpergian ke luar kota. Adapun untuk kapasitas bagasinya mobil terbilang besar sehingga dapat mengakomodir barang bawaan dengan jumlah cukup banyak. Mengenai kapasitasnya, mobil ini dapat menampung 380 liter.

2. Jok Semi Bucket

Kelebihan dan kekurangan Honda WR-V

Meski bermain di segmen SUV, dari segi berkendara mobil ini terasa sporty layaknya hatchback. Hal ini dikarenakan desain jok bagian depannya dibuat cekung semi bucket yang terasa pas di pinggul dan punggung. Selain jok, karakter suspensi yang dihasilkan juga terasa rigid ketika mobil diajak bermanuver dalam kecepatan tinggi.

Selain fun to drive, untuk kekedapannya mobil ini lebih baik dari kompetitornya yang mana mampu meredam suara bising dari luar kendaraan serta getaran mesin.

3. Fitur Modern Honda WR-V

Kelebihan dan kekurangan Honda WR-V

Honda WR-V dipadukan lampu utama LED dengan tambahan DRL. Adapaun mobil ini juga dilengkapi lampu sein Sequential yang terlihat modern dan membuat tampilan depannya terlihat menarik. Dibelakangnya sudah menggunakan LED bars pada stoplampnya yang menyerupai L shape.

varian termahal mendapat fitur Auto Headlight berupa lampu utama yang dapat menyala secara otomatis saat kondisi pencahayaan rendah dan saat kondisi kunci mobil terbuka dan dan mati beberapa saat setelah mobil terkunci. Canggihya, mobil ini juga memiliki fitur auto wiper yang akan menyala di saat wiper digunakan beberapa kali dan otomatis mati ketika wiper tidak digunakan.

Pada bagian dalam, WR-V dilengkapi layar 4.2” Thin-Film Transistor (TFT) display pada dashboard untuk menampilkan berbagai informasi akurat saat berkendara. Dari segi hiburan, pabrikan melengkapinya dengan head unit layar sentuh 7 inci dengan fitur Smartphone Connection dan Hands-Free Telephone.

Terasa ergonomis, mobil ini memiliki banyak kompartemen penyimpanan barang berikut  6 cup holder serta kursi baris kedua yang dapat dilipat hingga 40:60. sebagai varian atas, tipe RS mendapatkan rear seat reminder.

Keistimewaan lainnya yang ada pada mobil ini yaitu adanya Voice Command Switch, AC digital, serta power outlet hingga baris kedua yang bisa dimanfaatkan penggunanya ketika ingin menambahkan pasokan daya pada gawai.

4. WR-V Dilengkapi Honda SENSING

Kelebihan dan kekurangan Honda WR-V

Honda WR-V punya fitur keselamatan dan keamanan yang terbilang lengkap. Seperti yang bisa dilihat, mobil ini sudah mendapatkan ABS, EBD, BA, 4 Airbags (Dual Front SRS & Side), Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal, Brake Override System, ISOFIX & Tether, Pretensioner with Load Limiter Seat Belt dan Parking Sensor di bagian belakang mobil.

Dari segi keamanan, mobil ini turut dibekali Smart Key, Remote Engine Start, Keyless Entry, Auto Lock System by Speed, Immobilizer, Alarm System, serta kamera belakang yang dapat menunjukkan tampilan atas, tampilan normal 130 derajat, atau tampilan belakang lebar 180 derajat saat tuas transmisi dalam posisi mundur.

Khusus varian teratasnya, Honda WR-V RS with Honda Sensing mendapat tambahan fitur berupa 6 Airbags (Dual Front SRS, Side & Side Curtain), Honda LaneWatch, TFT Meter dengan informasi Honda SENSING.

Menyoal fitur keselamatan Honda SENSING yang terdapat di varian teratas WR-V meliputi; Collision Mitigation Brake System, Auto-High Beam, Lane Keeping Assist System, Lead Car Departure Notification System (LCDN), Road Departure Mitigation (RDM), dan terakhir Adaptive Cruise Control (ACC).

Baca juga: KIA Siapkan SUV Kecil Baru Bermesin Turbo, Buat Lawan Honda WR-V?

Kekurangan Honda WR-V 2023

1. Tarikan Bawah Berat

Kelebihan dan kekurangan Honda WR-V

Honda WR-V dibekali mesin bensin L15ZF i-VTEC DOHC 4 silinder segaris berkapasitas 1.498 cc. Di atas kertas jantung pacunya sanggup memeras tenaga hingga 121 PS di 6.600 rpm dengan torsi puncak 145 Nm pada 4.300 rpm. Guna membuatnya berjalan, semua varian yang dijajakan dikawinkan dengan transmisi CVT yang kemudian ditranslasi ke penggerak roda depan.

Memiliki performa paling besar di kelasnya, untuk karakter yang dihasilkan pada tarikan bawahnya cenderung lebih berat bila dibandingkan Toyota Raize 1.0 Turbo. Namun untuk putaran tengah dan atasnya terasa buas.

2. Salam Satu Dashboard

Kelebihan dan kekurangan Honda WR-V

Kekurangan berikutnya yang ada pada mobil ini yaitu tampilan dashboardnya yang sama persis dengan BR-V banget. Selain bentuk, posisinya juga cenderung tinggi sehingga terasa sedikit kurang nyaman bagi yang menyukai pandangan pengemudi luas.

3. Suspensi Lebih Keras Dibanding BR-V

Kelebihan dan kekurangan Honda WR-V

Terasa lebih empuk dari Toyota Raize, jika dibandingkan dengan BR-V, untuk bantingannya Honda WR-V cenderung lebih stiff. Hal ini kemungkinan terjadi karena dimensi mobil ini yang pendek, sehingga beban yang ditopang suspensi pun tak seberat BR-V yang 7-seater.

4. Feedback Setir Kurang Responsif

Kelebihan dan kekurangan Honda WR-V

Terakhir kekurangan yang ada pada Honda WR-V yakni ketika melakukan U turn. Feedback setirnya mobil ini kurang responsif sehingga harus sedikit dibantu menggunakan tangan untuk dapat bergerak cepat.

Kesimpulan

Beberapa kelebihan dan kekurangan Honda WR-V berhasil kami sampaikan di atas. Secara konklusi, mobil ini terasa fun to drive ketika dikendarai di dalam maupun luar kota. Memiliki fitur lengkap serta dimensi lebih besar dari Toyota Raize, untuk kabinnya mobil ini terasa luas ditambah bagasi yang besar.

Namun untuk tingkat responsif dari mesinnya, pada tarikan bawahnya mobil ini cenderung berat, bantingan sedikit lebih keras dari BR-V, Serta feedback setir yang terasa lama.

Baca juga: FAQ Honda WR-V 2023: Performa Lebih Besar Bikin Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Ketar-Ketir

Source: Calon Kuat Musuh Bebuyutan Toyota Raize, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda WR-V 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com