Chery Siapkan Mobil AWD Baru, Lebih Tangguh dari Fortuner 4×4 dan Pajero Sport Dakar

Serbuan mobil baru Chery seakan tidak ada habisnya. Kali ini informasi terbaru yang muncul adalah pabrikan Cina itu sedang menyiapkan sebuah mobil baru dengan kode Chery TJ-1.

Memang belum ada informasi lebih lanjut mengenai Chery TJ-1 ini. Namun kabarnya, mobil tersebut berjenis SUV dan akan masuk ke “keluarga” Chery Tiggo. Tetapi ia akan membuka sebuah segmen baru bagi Chery di kelas mobil off-road.

Chery Tiggo 8 Pro di Indonesia

Apakah itu berarti TJ-1 akan menjadi SUV 4×4 yang bakal menantang Toyota Fortuner 2.8 4×4 dan Mitsubishi Pajero Sport Dakar? Mungkin saja!

Baca juga: Intip Spesifikasi Chery Tiggo 9 2023, Calon Rival Hyundai Palisade dan Mazda CX-9

Chery TJ-1 Punya Tampilan Lebih Gagah

Ada hal menarik yang dipublikasikan oleh Autohome. Dikutip Sabtu (07/03/2023), media otomotif lokal di Cina tersebut mendapat hasil rekaan desain TJ-1. Dan terlihat kalau penampilannya sangat maskulin.

Rendering TJ-1

Kalau kita membandingkan beberapa Seri Tiggo lain, seperti Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro yang juga sudah diluncurkan di Indonesia, atau Tiggo 9 yang baru diumumkan beberapa waktu lalu, maka desain TJ-1 jauh berbeda.

Fascia depan tampak pakai desain persegi. Bentuk gril juga dibuat lebih kokoh dari serangkaian kubus berukuran besar. Kemudian ada kata “CHERY” yang sangat besar di tengahnya. Ini mengingatkan kita pada desain beberapa mobil Ford yang juga terkenal tangguh di medan offroad.

Sementara itu desain lampu juga sangat berbeda dan unik dibanding Tiggo 8 atau Tiggo 9. Lampu utamanya LED berbentuk persegi yang bertumpuk ke bawah dan posisinya ada di bemper. Sementara lampu LED pipih yang ada di bawah kap mesin berfungsi sebagai Daytime Running Light (DRL) Bentuknya juga persegi seperti gril depan.

Bentuk bemper depan juga terlihat kokoh layaknya mobil-mobil Jeep. Lantas ditambahkan juga dua alat towing yang biasanya ada di mobil off road.

Baca juga: Setelah Tiggo 8 Menyusul Chery Tiggo 9, Dimensinya Lebih Besar Harganya Cuma Setara Honda HR-V

Desain Persegi yang Tegas

Dikabarkan pakai sistem AWD

Beranjak ke bagian sisi, mobil ini digambarkan punya garis bodi yang tegas. Banyak desain garis lurus yang digunakan. Seperti di area ujung RDL lamp hingga ke dekat handle pintu penumpang belakang. Kemudian lengkung garis di atas fender juga dibuat sedikit persegi dan menyatu antara roda epan dengan roda belakang. 

Proporsi tubuhnya digambarkan berpinggang tinggi, ditambah dengan atap miring ke belakang. Bentuk spion persegi menonjolkan gaya tangguh. Sementara di area bgasi terlihat ada identitas TIGGO yang diberi warna senada bodi.

Kesan persegi juga terlihat dari area belakang mobil. Fender roda belakang ternyata dibuat menonjol, serta dua lubang knalpot turut berbentuk kotak. Lampu kombinasi belakang juga dibentuk memanjang dan saling terkait.

Baca juga: Akhirnya Chery Tiggo 8 Pro dan Tiggo 7 Pro Resmi Diluncurkan, Harganya Senggol HR-V sampai Fortuner

Diluncurkan Tahun Ini

CaptiDari belakang juga maskulin

Masih sangat sedikit indfromasi mengenai Chery TJ-1 ini. Namun kabarnya pabrikan bakal merilis pada Juli atau Agustus 2023. Selain itu, informasi yang beredar Chery akan menyediakan opsi penggerak semua roda (All Wheel Drive) dengan beberapa pilihan mesin.

Apakah TJ-1 berarti Tiggo Jeep One?

Source: Chery Siapkan Mobil AWD Baru, Lebih Tangguh dari Fortuner 4×4 dan Pajero Sport Dakar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WelfulloutDoors.com