Ingat, Segera Ganti Oli Transmisi Mobil Manual Kalau Sudah Muncul Tanda Ini

Ganti oli transmisi terkadang kelewat untuk dilakukan pemilik mobil. Padahal sama seperti ruang mesin yang selalu butuh oli berkualitas baik, sistem transmisi atau gearbox juga wajib mendapat pelumasan yang dibutuhkan.

Ini lantaran oli transmisi juga memiliki peran penting dalam mengoptimalkan kinerja sistem perpindahan gigi, baik itu tipe transmisi manual maupun otomatis. Sayangnya, banyak pemilik mobil manual yang abai dalam perawatan komponen ini.

Sistem gearbox juga butuh pelumas

“Umumnya, mobil manual disarankan mengganti oli transmisi setiap 40.000 km,” beber Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL) melalui keterangan tertulisnya, Senin (26/12/2022).

Namun lebih lanjut ia menjelaskan, kalau sebaiknya interval ganti oli transmisi untuk mobil manual dilakukan dengan melihat buku panduan pemilik yang diberikan oleh pihak pabrikan.

Baca juga: 3 Kebiasaan Berkendara yang Bikin Transmisi Manual di Mobil Tetap Awet

Tanda Mobil Manual Wajib Ganti Oli Transmisi

Komponen di transmisi manual

Brahma juga menyebutkan, sebenarnya ada beberapa ciri jika gearbox sudah terjadi penurunan kualitas pelumasnya. Kalau hal itu dibiarkan, tentu bakal merusak komponen transmisi yang mengakibatkan pemilik mobil perlu mengeluarkan biaya lebih mahal untuk servis dan penggantian part.

“Satu cirinya tampak ketika perpindahan gigi terasa keras dan susah. Ada dua kemungkinan masalah. Pertama bisa jadi kampas koplingnya sudah tipis. Sementara kedua, dikarenakan kondisi oli transmisi manual sudah jelek,” terangnya.

Biaya ganti oli secara berkala lebih murah ketimbang ganti komponen

Kondisi oli transmsi yang sudah tidak optimal juga bisa mengetahui dari suara dengung yang muncul dari bagian bawah mobil. Suara itu biasanya terjadi karena adanya kontak antar gir, tanda kalau kualitas oli transmisi sudah menurun.

“Begitu pula saat muncul getaran saat mobil sedang idle. Segera cek kondisi oli transmisinya,” sebut Brahma.

Baca juga: Toyota GR Supra 2023 Akhirnya Punya Pilihan Transmisi Manual, Teknologinya Gak Biasa

Mobil Dipakai Harian Wajib Lebih Cepat Ganti Oli

Kalau sering kena macet sebaiknya ganti oli lebih cepat

Brahma juga berpesan, untuk mobil yang dipakai harian atau yang jarang dipakai perlu mendapat perlakuan berbeda untuk oli transmisi. “Jika mobil dipakai untuk harian dan dengan jarak tempuh jauh, pergantian oli transmisi mobil manual sebaiknya dipercepat. Bisa 20.000 km atau 25.000 km,” ujarnya. 

Penggantian oli transmisi mobil manual harus tetap dilakukan dengan rutin agar dapat melindungi komponen transmisi. Lagi pula, biaya ganti oli transmisi manual ini jauh lebih murah ketimbang oli mesin.

Jangan sampai tak pernah ganti oli gearbox

Sebagai contoh oli transmisi Pertamina Rored MTF 80W-90. Oli transmisi ini secara spesifik diformulasikan untuk mobil-mobil manual dari produsen Jepang. Untuk harga, produk dengan kemasan 1 liter ini hanya dijual cuma Rp68 ribu /liter.

Source: Ingat, Segera Ganti Oli Transmisi Mobil Manual Kalau Sudah Muncul Tanda Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com