Deretan Skuter Vespa Kelahiran 80-an, 90-an dan Awal 2000-an, Transformasi 2-tak ke 4-tak (Part 1)

  • Skuter Vespa tak lekang oleh watu
  • Transformasi Vespa dari 2 Tak menjadi 4 Tak

Bicara soal Vespa memang tidak ada habisnya. Karena sejak tahun 1946 hingga saat ini, skuter Vespa tak lekang oleh waktu, dan masih banyak disukai baik dari kalangan tua maupun muda

Ya, sebelumnya AutoFun pernah membahas deretan model Vespa yang sudah ada sejak tahun 1946 sampai 1970, dimana mode-model yang pernah dipasarkan kini banyak diburu karena desainnya klasik dan juga nilai history nya. 

Baca juga: Wujud Vespa Legendaris Medio 1946-1959, dari Model Perang Sampai Balapan

Baca juga: Ragam Koleksi Vespa Era 60-70an, Cocok Jadi Buruan Kolektor

Namun begitu, Vespa di periode tahun 80-an, 90-an, dan 2000-an juga tak kalah menarik untuk dibahas. Pasalnya pada masa-masa tersebut Vespa mengalami transformasi teknologi, salah satunya perubahan dari skuter manual dengan kopling dan bermesin 2 tak, menjadi matik 4 tak. 

Maka dari itu, kali ini AutoFun akan merangkum deretan model skuter Vespa yang pernah muncul di era tahun 80-an, 90-an, dan awal 2000-an, yang hingga saat ini masih disukai. Berikut ulasannya

Vespa 50 S (1985), Skuter Tercepat Dikelasnya

Pada tahun 1985 untuk menunjukan eksistensi kepada dunia, dan demi menerima permintaan dari beberapa negara, Piaggio akhirnya mengembangkan model 50 cc dengan performa lebih mumpuni. Akhirnya, munculan Vespa 50 S yang diciptakan dengan mesin lebih bertenaga, bahkan dengan dengan ukuran kaliber dan tak yang sama dengan model standar.

Banyak yang menyebutkan, di masa Vespa 50 S ini memiliki kecepatan maksimum tergolong tinggi untuk di kelasnya,  yang masih menggunakan tipe mesin 2-stroke dengan silinder tunggal.

Baca juga: Intip Perakitan Vespa LX 125 di Pabrik Cikarang, Tiap 3 Jam Lahir Motor Baru!

Ketangguhan seri 50 S tahun 1985 juga didukung dengan kenyamanan pada suspensi, dimana tipe coil spring dan hydraulic shock absorber dipasang, sehingga saat melaju skuter Vespa ini tetap lincah. 

Vespa 125 T5 Pole Position (1985)

Berbagai inovasi dan pengembangan terus dilakukan Piaggio, termasuk pada tahun 1985, dimana Vespa baru muncul dengan desain yang lebih disegarkan, yaitu Vespa 125 T5 Pole Position. 

Ya, Vespa yang satu ini dilengkapi dengan mesin baru dengan kinerja lebih tinggi. Untuk menekankan karakter sporty-nya, Vespa tersebut dilengkapi dengan desain garis tebal, spoiler, kaca depan atau windshield dan juga tachometer digital. 

Untuk jantung pacu, tipe ini juga sudah menggunakan mesin 2-stroke dan silinder tunggal dengan kapasitas 123,5 cc atau 125 cc.

Oh iya, kehadiran Vespa di tahun 80-an ini memang sangat krusial, sebab pada saat itu Piaggio tengah menghadapi persaingan yang sulit dan sengit, karena pada saat itu, sejumlah sepeda motor dari Jepang tak kalah banyak peminatnya.

Vespa 50 Special Revival (1991)

Karena banyaknya permintaan dari para penggemar, Vespa 50 Special dihadirkan kembali di awal tahun 90-an. Vespa ini merupakan model yang paling populer di kalangan anak muda di tahun 60-an. Akhirnya model tersebut khusus dibuat kembali pada tahun 1991, namun jumlahnya terbatas yaitu hanya 3.000 unit. 

Vespa ini ditujukan untuk para pengendara muda yang belum lahir di tahun 60an atau bagi yang belum mampu membeli Vespa pada saat itu. Model ini merupakan produk legendaris Vespa, bahkan pernah dipamerkan di Museum of Modern Art di New York. 

Satu unit Vespa 50 Special Revival kemudian disumbangkan ke Museum Piaggio “Giovanni Alberto Agnelli” oleh Christa Solbach (Presiden IVF, International Federation of Vespa Club).

Kala itu, Vespa seri ini sudah dibenamkan mesin berkapasitas 49,77 cc,  2-stroke, silinder tunggal, dimana Bore x stroke nya 38,4 mm x 43 mm. Untuk memberikan rasa nyaman, suspensi skuter ini dipasang tipe coil spring dan hydraulic shock absorber di kedua roda, dan pengeremannya sudah menggunakan tromol.

Vespa ET2/ET4 (1996)

Vespa berhasil memasuki milenium ketiganya sebagai produk yang tetap dikenal elegan dan desainnya yang khas. Pengalaman bertahun-tahun di industri ini membuat Vespa semakin inovatif dari sisi teknologi dan kenyamanan. 

Maka dari itu, untuk menandakan pencapaian Vespa, munculah generasi terbaru Vespa yang tersedia dalam tiga versi, yaitu Vespa ET4 yang dilengkapi dengan mesin ramah lingkungan 4-tak 125cc, kemudian Vespa ET2 dengan mesin 2-tak yang diklaim modern dan handal, serta Vespa ET2 Injection yang didukung oleh FAST (Fully Atomized Stratified Turbulence). 

ET2 merupakan motor 2-tak pertama yang memiliki mesin injeksi langsung sehingga mampu mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 30 persen dan emisi mencapai 70 persen.

Sedangkan untuk ET4, skuter ini disebut sebagai jawaban Vespa terhadap permintaan pasar atas skuter matik bermesin 4-tak. Dimana mesinnya sudah mengusung mesin berkapasitas 150 cc single cylinder, 4-tak, SOHC, 2-valve, serta air cooled.

Source: Deretan Skuter Vespa Kelahiran 80-an, 90-an dan Awal 2000-an, Transformasi 2-tak ke 4-tak (Part 1)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com