Di Thailand, Hyundai Creta Juga Kalah Laku Dibanding Honda HR-V

  • Penjualan Hyundai Creta di Thailand tidak sebagus di Indonesia.
  • Pada November lalu, Creta hanya terjual sebanyak 45 unit di Thailand.
  • Hyundai Thailand menurunkan harga Creta biar makin diminati.

Di Indonesia, pasar Compact SUV dikuasai oleh dua pemain dari Jepang dan Korea Selatan, masing-masing di antaranya yaitu Honda HR-V dan Hyundai Creta. Kehadiran Creta selama setahun terakhir memberi angin segar dalam segmen ini, apalagi menjadi mobil Hyundai pertama yang diproduksi di pabrik Hyundai di Cikarang.

Selain memenuhi pasar domestik, produksi Creta dan mobil-mobil Hyundai lainnya dari Indonesia juga dilakukan untuk diekspor ke berbagai negara. Terutama wilayah Asia Tenggara, seperti Thailand, Vietnam, dan Filipina.

Creta buatan Indonesia juga dikirim ke Thailand

Lalu, bagaimana dengan penerimaan Creta di pasar ekspor?

Baca juga: Honda HR-V 2022 Masih Jawara Segmen SUV Compact, Hyundai Creta Terus Menyusut

Penjualan Hyundai Creta di Thailand Lebih Memprihatinkan

Satu negara yang kedapatan Creta made in Indonesia adalah Thailand. Tapi nampaknya keberuntungan SUV asal Korea ini tidak sebaik di Indonesia.

Dilansir dari Autolifethailand, Jumat (23/12/2022), Creta menempati ketiga dari bawah dalam penjualan kelas Compact SUV di Thailand per November 2022.

@autofun.indonesia Kami Tes Semua Fitur Hyundai Smart Sense di Stargazer! #mobilbaru #hyundai #stargazer #reviewstargazer ♬ Facts of Love – Jeff Lorber

Pada bulan tersebut, Creta hanya terjual sebanyak 45 unit dan menempati peringkat ke-10. Mobil ini hanya lebih laku dari Subaru XV dengan penjualan sebanyak 27 unit dan Peugeot 2008 sebanyak 16 unit.

Toyota C-HR masih lebih laku dari Creta

Adapun catatan penjualan periode Januari – November 2022, SUV Hyundai ini sudah mencatatkan sales sebanyak 277 unit. Hasil yang diperoleh Creta memang masih jauh di bawah beberapa pesaingnya yang berasal dari Jepang maupun China.

Baca juga: Lihat Keunggulan Hyundai Creta dan Honda HR-V, Sebelum Mitsubishi XFC Concept Muncul

Honda HR-V dan Toyota Corolla Cross SUV Terlaris di Thailand

Sementara itu Honda HR-V berhasil menjadi raja segmen Compact SUV di Thailand sepanjang November 2022. Penjualannya menyentuh 2.571 unit. Diikuti oleh Toyota Corolla Cross sebanyak 1.573 unit, Nissan Kicks sebanyak 855 unit, dan Mazda CX-30 sebanyak 274 unit.

HR-V jadi SUV terlaris di Thailand

Kemudian ada Haval Jolion sebanyak 226 unit, MG ZS sebanyak 205 unit, Mazda CX-3 sebanyak 161 unit, MG VS sebanyak 123 unit, dan Toyota C-HR sebanyak 68 unit.

 

Data penjualan SUV B-Segmen di Thailand

Sementara itu, penjualan Compat SUV di Thailand periode Januari-November 2022 dikuasai oleh Toyota Corolla Cross sebesar 18.860 unit, sedangkan Honda HR-V menempati posisi kedua dengan selisih angka yang cukup tipis, yaitu 15.839 unit.

Untuk menyiasati minimnya penjualan Creta, sejak awal Desember 2022 Hyundai Thailand menurunkan harga untuk Creta. Harga Creta dari sebelumnya 949-999 ribu baht (Rp426-448 jutaan) menjadi 749-799 ribu baht (Rp336-358 jutaan).

Baca juga: Diuji Tabrak ASEAN NCAP, Hyundai Stargazer Hasilnya Masih Kalah dari Veloz dan BR-V

Source: Di Thailand, Hyundai Creta Juga Kalah Laku Dibanding Honda HR-V

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com