Mercedes-Benz Resmikan Bengkel Body and Paint Keenam Berstandar Internasional, Bisa Buat Perbaikan Berat

Jelang akhir tahun 2023, Mercedes-Benz Indonesia meresmikan bengkel body and paint keenam. Fasilitas perbaikan bodi mobil khusus Mercedes-Benz ini berada di Jl. TB Simatupang, Jakarta Selatan oleh PT. Suri Motor Indonesia

Dalam seremoni pembukaan bengkel reparasi tersebut, Presiden Direktur PT. Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) Choi Duk Jun menyampaikan untuk menjadi bengkel body and paint yang berlisensi dari Mercedes-Benz Jerman prosesnya tidaklah mudah. Proses sertifikasi harus dilakukan langsung oleh perwakilan kantor pusat yang datang untuk memastikan semuanya sesuai standar.

“Bengkel Body and Paint PT. Suri Motor Indonesia baru saja mendapatkan sertifikasi pada 3 November 2022. Setiap dua tahun sertifikasi secara rutin dievaluasi kembali untuk memastikan bahwa setiap standar yang ditetapkan masih dilakukan oleh bengkel tersebut,” ujar DJ dalam sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur PT. Suri Motor Indonesia, Maryanti mengungkapkan bahwa Suri Motor Indonesia telah menjadi mitra Mercedes-Benz sejak 2018. Sebelumnya bengkel ini bernama PT Adedanmas.

Baca juga : Begini Perjalanan Desain Gril Mercedes-Benz Selama Lebih dari 120 Tahun

Ada Empat Level Sertifikasi Bengkel Body and Paint Mercedes-Benz

Hingga saat ini Mercedes-Benz Indonesia sudah memiliki enam bengkel body and paint yang bersertifikasi internasional. Lima diantaranya berada di Jakarta, dan sisanya di Bandung, Jawa Barat.

“Tahun ini kami menambah 2 bengkel (body and paint). Tahun depan akan membuka satu atau dua bengkel lagi di luar Jakarta tapi masih di Pulau Jawa,” ujar Brea Adi Sarsa, Deputy Director Customer Service Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI).

Baca juga : Mercedes-Benz EQS dan EQE Resmi Hadir di Indonesia, Sedan Listrik Para Sultan

Brea memaparkan bahwa bengkel body and paint Mercedes-Benz terbagi menjadi empat level. Beda tiap level adalah ruang lingkup perbaikannya. Untuk level satu hanya bisa memperbaiki eksterior, misal bodi lecet atau baret.

“Apabila perbaikannya sudah sampai ke struktur bodi dan perlu pengelasan, riveting, hingga spot welding, maka kami akan membawa ke bengkel body and paint level dua,” ujarnya.

Sedangkan level tiga kerusakannya lebih parah dimana struktur atau rangka mobil alami perubahan. Pada level tersebut butuh alat straightening frame untuk mengembalikan struktur bodi seperti semula. 

Untuk level terakhir, pengerjaan perbaikan lebih banyak ke area aluminium weldibng. Level ini proses sertifikasinya lebih ketat dan dievaluasi setiap enam bulan sekali. Saat ini di Indonesia baru mencapai level 3 untuk bengkel body and paint yang tersedia.

Baca juga : Rating MercedesBenz A200 Sedan – Sedan Compact Premium Jerman Paling Terjangkau

Source: Mercedes-Benz Resmikan Bengkel Body and Paint Keenam Berstandar Internasional, Bisa Buat Perbaikan Berat

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com