Kelemahan Toyota Agya Bekas, Harga Terjangkau Menarik Untuk Dilirik

Kelemahan Toyota Agya

Toyota Agya kerap kali jadi pilihan bagi sebagian orang yang menginginkan mobil perkotaan harga terjangkau. Untuk harga bekasnya, mobil berbentuk hatchback mungil ini berada di kisaran angka Rp85 jutaan.

Ukuran sebuah mobil entry-level dengan harga bekas ekonomis, Agya sudah lebih dari cukup untuk kalian yang membutuhkan kendaraan guna menunjang segala aktifitas sehari-hari.

Memiliki harga bekas terjangkau, sebelum beli Toyota Agya ada baiknya ketahui beberapa kelemahannya melalui ulasan berikut.

Baca juga: Toyota Agya GR Sport Beneran Bisa Diajak Balap, Ini Buktinya

1. Getaran Mesin Terasa di Dalam Kabin Penumpang

Kelemahan Toyota Agya
Mesin 1KR timbul getaran hingga ke dalam kabin

Di angka Rp85 jutaan, kalian bisa mendapatkan Toyota Agya lansiran tahun 2014. Generasi awalnya ini dibekali mesin 998 cc 1KR 3 Silinder segaris, 12 Katup, DOHC, VVT-i. Memiliki piston ganjil, mesinnya menghasilkan getaran cukup kuat karena memiliki beban yang tidak seimbang sehingga terasa hingga di dalam kabin. Dalam kejadian seperti ini tentunya mengurangi rasa nyaman berkendara kepada siapapun yang berada didalamnya.

2. Timbul Gejala Ngelitik Pada Mesin

Menurut pabrikan, untuk penggunaan bahan bakarnya Toyota Agya disarankan memakai BBM RON 92. Terkait penggunaan bahan bakar, sebenarnya mobil ini tetap bisa mengkonsumsi BBM dengan RON 90.

Hanya saja jika menggunakan BBM dengan kualitas rendah secara terus menerus, mesin dapat timbul gejala suara ngelitik atu knocking yang berdampak pada turunnya performa mesin. Selain itu, penggunaan BBM dengan kualitas rendah juga dapat menyebabkan penurunan masa usia pakai partsnya. 

3. Bantingan Terasa Keras

Kelemahan Toyota Agya

Mengandalkan suspensi jenis MacPherson Strut with Coil Spring di bagian depan serta Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring di roda belakangnya, pada dasarnya penggunaan suspensi ini supaya memberikan kenyamanan dengan menghasilkan ayunan yang lembut.

Berbeda dengan konsep perancangan, untuk kenyamanan berkat bantingan yang dihasilan tak sesuai dengan ekspetaksi yang diharapkan.

Disaat melewati jalan yang keriting, bantingan yang dihasilkan suspensinya cenderung stiff sehingga mengurangi rasa nyaman berkendara. Kemungkinan faktor yang menyebabkan bantingan terasa keras ketika melewati jalan keriting karena wheelbase yang tidak terlalu panjang, serta bobot kendaraan yang ringan.

Baca juga: Perbandingan Konsumsi BBM Datsun GO Vs Toyota Agya, Mana Lebih Irit Buat Harian?

4. Kurang Cocok Dipakai Berpergian ke Luar Kota

Sebagai mobil perkotaan, Toyota Agya kurang cocok digunakan untuk kalian yang gemar berpergian ke luar kota. Selain dimensinya yang mungil serta memiliki ruang bebas yang terbatas, untuk ground clearancenya juga rendah sehingga rawan mentok.

Joknya mobil ini juga memiliki busa yang tipis sehingga kurang nyaman dan membuat orang didalamnya merasa mudah lelah ketika berpergian cukup lama. Menggunakan jantung pacu dengan kubikasi kecil, juga membuat RPM mobil ini selalu berada di putaran atas ketika dipacu dalam kecepatan tinggi. Secara terus menerus, hal ini dapat memperpendek usia mesin.

5. Fitur Keselamatan dan Keamanan Terbatas

Masuk dalam kategori mobil murah, untuk fitur keselamatan dan keamanannya Toyota Agya lansiran awal masih sangat terbatas. Seperti yang bisa dilihat mobil ini belum dilengkapi dengan ABS maupun EBD yang berguna untuk menghindari terkuncinya roda dan tergelincirnya mobil ketika melakukan pengereman secara mendadak di jalan licin..

Meski begitu di penumpang depan dan pengemudinya sudah tersematkan dual airbags yang dapat memberikan perlindungan ketika mengalami benturan cukup keras. Keamanan berkendaranya, mobil ini hanya mengandalkan kunci dengan alarm tanpa dilengkapi immobilizer.

Meski fitur keselamatan dan keamanannya terbatas, Toyota Agya didalamnya dibekali dengan head unit 2-din model tanam yang mendukung format mp3, CD player, radio dan AUX, beberapa laci penyimpanan barang dan cup holder, power window, Electric Power Steering (EPS), dan AC single blower di bawah sistem hiburannya.

Baca juga: Toyota Agya Bekas Banyak Dilirik, Cicilannya Cuma Segini!

 

Source: Kelemahan Toyota Agya Bekas, Harga Terjangkau Menarik Untuk Dilirik

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com