Bukan Indonesia, Chery Omoda 5 2023 Setir Kanan Lebih Dulu Mendebut di Negara Tetangga

Chery Omoda 5

Diciptakan untuk pasar global, Chery Omoda 5 2023 dikabarkan akan dijual di Indonesia pada tahun depan. Namun sebelum diluncurkan di Tanah Air, SUV kompak 5-seater ini disinyalir akan lebih dulu mendebut di negara tetangga.

Chery sendiri telah mengkonfirmasi bahwa Omoda 5 akan diluncurkan pada pertengahan 2023 di Malaysia, yang sekaligus sebagai negara pertama dengan Omoda 5 setir kanan atau Right-Hand Driver (RHD).

Baca juga: Chery Omoda 5 Resmi Diluncurkan di Cina, Lebih Menarik Dibanding Honda HR-V?

Shawn Xu, selaku wakil presiden Chery International dan Presiden untuk pasar ASEAN, mengatakan, “Kami akan meluncurkan mobil tersebut (Chery Omoda 5) pada pertengahan tahun 2023. Sebelum peluncuran, kami juga tengah menyiapkan sekitar 30 cabang untuk mendukung jaringan kami.”

Sebagai informasi, di Negeri Jiran status Omoda 5 adalah CKD (Completely Knock Down). Itu artinya mobil itu akan dirakit di sana.

Selain Omoda 5, Shawn Xu mengatakan bahwa diwaktu yang berdekatan Chery juga akan meluncurkan Tiggo 8 Pro di Malaysia. Untuk pasar Indonesia, Tiggo 8 Pro sudah lebih dulu dijual secara resmi beberapa waktu lalu. Untuk harganya, mobil ini dijual Rp518,5 juta hingga Rp548,5 juta.

Baca juga: Siap-siap Chery Omoda 5 Rilis di Indonesia Tahun Depan, Ini Kelebihannya

Chery Omoda 5 Pakai Mesin 1.5L Turbo?

Chery Omoda 5

Chery Omoda 5 diluncurkan secara resmi di negara asalnya pada Juli 2022. Sekelas Honda HR-V, mobil jenama China ini didalamnya sudah dilengkapi ambient lighting 64 warna yang dihubungkan ke mode mengemudi, handle pintu, pengaturan suhu AC, serta tombol musik untuk sensasi berkendara yang lebih nyaman.

Untuk keselamatan berkendara, mobil ini sudah dibekali ADAS dan sistem keselamatan Driver Management System (DMS). Sebagaimana diketahui, fitur ini berfungsi mendeteksi kondisi pengemudi dan membantu mengurangi risiko akibat kelelahan mengemudi.

Sistem kerjanya DMS menggunakan kamera HD dengan 2 juta piksel dan lampu LED untuk memantau ekspresi wajah pengemudi secara real time. Hal ini dilakukan guna mengetahui ekspresi wajah pengemudi disaat lelah atau mengkantuk, yang selanjutnya sistem akan mengirim sinyal pengingat terhadap pengemudi supaya segera beristirahat.

Chery Omoda 5
Mesin 1.5L turbo Chery Omoda 5

Oh iya, di China mobil ini hadir dengan pilihan mesin bensin 1.5L turbo dan 1.6L turbo. Mesin 1.5 liter 4 silinder turbocharged yang digunakan dapat menghasilkan tenaga 156 PS dan torsi 230 Nm. Untuk membuatnya berjalan, jantung pacunya dikawinkan dengan transmisi CVT. 

Bicara varian 1.6L turbocharged 4 silinder segaris, dapur pacunya mampu meletupkan tenaga 197 PS dan torsi 290 Nm, yang dipadukan dengan transmisi otomatis kopling ganda (DCT) 7 percepatan.

Untuk diketahui, mesin 1.5L turbo mengandalkan penggerak roda depan (FWD), seangkan 1.6L turbo menggunakan penggerak semua roda (AWD). Jika dilihat, nantinya untuk pasar Indonesia dan Malaysia Chery Omoda 5 yang akan dijual merupakan varian 1.5L turbo berpenggerak FWD.

Sebagai catatan, di China Omoda 5 hadir dengan model full listrik yang dapat memperoleh tenaga sebesar 203 PS dan torsi 400 Nm . Berbekal baterai dengan kapasitas 64 kWh , Omoda 5 EV diklaim dapat berjalan sejauh 450 km menurut pengujian WLTP.

Baca juga: Review Singkat Chery OMODA 5: Crossover Urban yang Gak Kalah Keren dari Honda HR-V

Source: Bukan Indonesia, Chery Omoda 5 2023 Setir Kanan Lebih Dulu Mendebut di Negara Tetangga

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com