5 Hal Penting Sebelum Beli Chevrolet Lova, Bekas Taksi yang Unggul Soal Kenyamanan

Mobil bekas taksi kini populasinya semakin banyak diburu sebagai mobil pribadi. Tak cuma Toyota Limo Vios atau Etios, ada beberapa merek lain yang pernah dipakai bekas taksi semisal Chevrolet Lova. Saat itu, Chevrolet Lova sempat digunakan sebagai armada taksi oleh perusahaan Taksiku dari Hiba Group.

Sama seperti Toyota Limo yang memakai basis Vios, maka Lova merupakan versi downgrade dari Chevrolet Kalos. Kehadiran Chevrolet Kalos pertama kali terjadi pada tahun 2006 melalui trim LS sebagai tipe terendah dan trim LT sebagai trim tertinggi.

Penjualan Chevrolet Kalos harus berakhir di tahun 2008 karena kurang laku sehingga mobil ini tidak sempat mendapat facelift. Sementara varian Lova terus dijual hingga 2011 sebagai armada taksi. Secara desain, Chevrolet Lova ini anti mainstream dengan kesan berkelas ala merek Amerika.

Baca juga:

Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Zafira, Mobil Keluarga Nyaman di Harga Rp40 Jutaan

Alternatif Murah dari Pajero dan Fortuner, Seberapa Menarik Chevrolet Trailblazer Bekas Untuk Dipinang?

Lantas apa saja hal penting yang perlu kamu ketahui soal Chevrolet Lova ini? Berikut ulasan dari kami seputar sang mantan taksi tersebut.

1. Chevrolet Lova Bekas Taksi Tarikannya Berat dan Boros

Hal yang sering dikeluhkan oleh para pengguna Chevrolet Lova ialah tarikan awal yang berat dan kurang bertenaga antara 1.000-2.000 rpm. Alasannya karena mesin yang kapasitasnya 1.400 cc ini membawa body yang cukup berat. Namun ketika 

Sebagai informasi, Chevrolet Lova didukung mesin E-TEC II 1.4 liter  4 silinder segaris 16 katup DOHC VGIs. Tenaga yang dihasilkan sebesar 95 HP @6.200 RPM dengan torsi 130 Nm @3.400 RPM. Konsumsi BBM Chevrolet Lova berkisar antara 7-9 km/liter (dalam kota) dan 8-11 km/liter (luar kota).

2. Sparepart Bisa Substitusi dengan Chevrolet Aveo

Kalau kita urutkan, Chevrolet Lova adalah versi basic dari Kalos yang dijual sebagai mobil pribadi. Nah, Kalos ini merupakan versi sedan dari Chevrolet Aveo. Dengan kata lain,  perawatan dan penyakitnya sendiri sama dengan Aveo keluaran 2012 ke bawah.

Hal yang perlu kamu perhatikan bila tertarik dengan mobil ini ialah pembelian spare partnya harus ke toko parts Chevrolet di sentra onderdil. Kalau anda di kota besar hal ini tidak akan jadi masalah.

3. Kenyamanan dan Built Quality Tak Kalah dengan Toyota Corolla Altis

Hal menarik yang terdapat di Chevrolet Lova ialah soal kenyamanan. Basis mobil ini memakai Chevrolet Kalos yang disebut serupa dengan Toyota Corolla Altis. Artinya secara built quality lebih baik ketimbang mobil sejenis seperti Toyota Limo. Ini karena karakter kaki-kaki yang empuk serta mesin yang bandel dan kuat.

“Untuk kelebihan Kalos sendiri secara feel menyetir dan kenyamanannya diatas Altis dan ketahanan spare part originalmya bisa digunakan lebih lama daripada limo. Peredaman suara dan plat body Kalos juga jauh lebih baik daripada Limo,” tulis akun ALZ dalam forum Quora.

4. Chevrolet Lova Bekas Taksi Minim Fitur Kenyamanan Dibanding Chevrolet Kalos

Sebagaimana mobil bekas taksi pada umumnya, soal kelengkapan fitur menjadi hal negatif dari mobil tersebut. Chevrolet Lova fiturnya masih begitu sederhana khas taksi, seperti AC dengan pengaturan model knob hingga head unit single DIN yang hanya mendukung format CD/MP3 dengan USB. Mau tidak mau, kamu harus upgrade sendiri soal fitur audio atau multimedia agar lebih oke. 

Untungnya kabin dan bagasi yang luas memberi nilai lebih dimata konsumen. Dengan bagasi yang luas memudahkan pengguna ketika membawa barang yang banyak.

5. Bengkel dan Perbaikan Bisa Numpang ke Wuling

Hal yang perlu diperhatikan adalah bengkel Chevrolet sebenarnya cukup banyak tersebar di berbagai kota besar dan ada juga yang di kota kecil. Hanya saja bengkel Chevrolet mau resmi ataupun spesialis kebanyakan memang tidak memasang lambang Chevrolet besar-besar di bangunannya. Ini membuat jarang ada yang tau atau sadar kalau di kota tempat tinggalnya ada bengkel Chevrolet.

Sebagai informasi tambahan bagi yang khawatir bengkelnya tidak tersedia di kota kalian, mobil Chevrolet juga diterima di beberapa bengkel resmi Wuling. Alasannya karena perusahaan induk Wuling yaitu SGMW memiliki hubungan dengan GM yang merupakan induk Chevrolet. Selain itu, banyak bengkel Wuling yang dulunya merupakan dealer Chevrolet. 

Source: 5 Hal Penting Sebelum Beli Chevrolet Lova, Bekas Taksi yang Unggul Soal Kenyamanan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com