Intip Rahasia Kabin Honda WR-V 2023 Bisa Tetap Lapang Walau Wheelbase Lebih Pendek dari Raize

Selain sisi eksterior, kabin Honda WR-V 2023 adalah hal yang istimewa pada mobil ini. Sebab meski dari luar ia terlihat compact, nyatanya ruang interior begitu lapang.

Setidaknya itulah yang Autofun rasakan saat melakukan sesi test drive Honda WR-V 2023 selama dua hari di Bali, (19-20/12/2022). Pada hari pertama, kami mendapat kesempatan untuk langsung berada di balik kemudi. Namun di hari kedua, saatnya merasakan duduk di jok penumpang belakang.

Baca juga: Pakai Mesin BR-V, Harga Honda WR-V 2023 Lebih Menarik dari Rivalnya?

Honda WR-V 2023 Punya Legroom dan Headroom Lapang

Dari luar terlihat mungil

Saat duduk di bangku baris kedua inilah kami sedikit terkejut oleh kehebatan para desainer WR-V. Pasalnya, Honda mampu memberi ramuan istimewa sehingga mampu menciptakan ruang kabin yang lapang dengan ukuran bodi mobil secara keseluruhan begitu compact.

Bagaimana tidak, dengan postur tubuh sekitar 170 cm, saat duduk di jok belakang, ruang kaki masih menyisakan satu jengkal jari tangan. Sementara untuh headroom, jarak antara ujung tertinggi kepala kami dengan plafon sekitar lima jari tangan yang tersusun rapat.

Jok belakang tanpa armrest

Namun WR-V bukan tanpa kekurangan. Posisi jok belakang ini sedikit lebih rendah dibanding jok depan. Sehingga ketika duduk, posisi dengkul lebih tinggi dari paha. Kemudian jok ini juga tidak dilengkapi armrest.

Walau demikian, pada bagian belakang konsol tengah terdapat soket Power Outlet 12V. Sehingga jika ponsel atau gadget Anda kehabisan daya baterai bisa diisi ulang tanpa harus menyambungkan ke soket yang ada di bagian jok depan. Selain itu pada setiap trim pintunya juga sudah tersedia door pocket dengan bottle holder.

Baca juga: Suzuki Baleno Cross Kepergok Lagi Dites, Persiapan Buat Lawan Honda WR-V

Wheelbase Lebih Pendek dari Toyota Raize

Jarak sumbu rodanya 40 mm lebih pendek dari Toyota Raize

Di atas kertas, dimensi WR-V memang sedikit lebih besar dari rival terkuatnya, Toyota Raize maupun Daihatsu Rocky. Namun yang unik, WR-V punya wheelbase yang lebih pendek dari Raize.

Perbandingan Dimensi
  Honda WR-V Toyota Raize
Panjang 4.060mm 4.030 mm
Lebar 1.780 mm 1.710 mm
Tinggi 1.680 mm 1.635 mm
Jarak rumbu roda 2.485 mm 2.525 mm

Rahasia kabin lapang dari Honda WR-V 2023 dibeberkan oleh Poychat Ua Arayaporn, Large Project Leader Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd. Menurutnya wheelbase alias jarak sumbu roda bukan faktor utama yang menentukan sebuah kabin mobil bisa lapang atau tidak.

Desain jok depan dibuat unik

Bagaimana menata instrument panel, tata letak dasbor, desain jok depan, serta posisi jok depan juga berpengaruh pada kelegaan kabin, terutama dibagian penumpang belakang.

“Bisa dilihat, satu diantaranya desain bagian belakang jok pengemudi dan penumpang depan di WR-V dibuat cekung. Jadi untuk menentukan ruang kabin bukan semata dari jarak sumbu roda,” katanya ketika ditemui di Bali, Senin (19/12/2022).

Compact dengan kabin lapang

Masih menurut dia, Honda WR-V 2023 didesain dengan mengusung tema “Man Maximum, Machine Minimum”. Jadi para desainer memikirkan secara detil bagaimana menciptakan kenyamanan menyeluruh di mobil ini.

Baca juga: Terlihat Mirip, Honda WR-V 2023 Punya Karakter Berbeda dengan All New BR-V

Source: Intip Rahasia Kabin Honda WR-V 2023 Bisa Tetap Lapang Walau Wheelbase Lebih Pendek dari Raize

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com