Ragam Motor Listrik Proper yang Dijual Tahun 2022, Ada yang Tembus Rp 300 Juta!

motor listrik proper
Polytron Fox-R jadi salah satu tipe baru 2022
  • Banyak merek motor listrik baru.
  • Harga dan modelnya beragam.

Tahun 2022 ini menjadi kawah candradimuka bagi berbagai pabrikan motor listrik baru untuk menggelontorkan produknya. Beragam merek dan model hadir tahun ini.

Menariknya, nyaris semua produk baru ini dihadirkan lewat pameran otomotif yang kembali menggeliat tahun ini. Meski ada pula sebagian kecil yang dikenalkan dengan peluncuran tersendiri.

Model motor listrik pun makin beragam. Mulai dari yang hanya bisa dipakai keliling komplek, hingga tipe skuter matic harian. Bahkan tipe matic gambot dan motor sport bergaya moge.

Dari data yang didapat Autofun, ada beragam motor listrik baru yang bisa dilirik sepanjang 2022. Namun kami menyeleksi daftar ini untuk model-model tertentu saja.

Yakni hanya berlaku untuk motor listrik yang proper dan bisa menggantikan peran motor bensin, serta dijual umum. Bukan dengan skema sewa atau sebatas perkenalan. Apa saja motornya?

Baca Juga: Cek Per CVT Secara Berkala, Bisa Hindari Deretan Kerusakan Ini

Alva

Di ajang GIIAS 2022 bulan Agustus lalu, motor listrik Alva One hadir. Motor tersebut merupakan produk dari PT Electra Mobilitas Indonesia sebagai anak usaha Indika Energy. 

Alva One

Peluncurannya cukup menyedot perhatian karena menempati area mobil-mobil mewah di pameran tersebut. Meski begitu, harganya cukup terjangkau yakni Rp 34,9 juta on the road Jakarta.

Lebih lanjut Alva One punya motor listrik 4 kW dengan sokongan baterai lithium 60V 45Ah. Klaim jarak tempuhnya mencapai 70 km dengan top speed 90 km/jam. Sedangkan pengecasannya hanya butuh waktu 4 jam saja.

Baca Juga: Berencana Touring Akhir Tahun? Cek Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan

BMW Motorrad

Dari deretan produsen motor listrik baru di Indonesia, BMW Motorrad lebih dulu dikenal sebagai distributor moge bermesin bensin. Dan kini mereka turut melepas motor listrik berjuluk BMW CE 04.

Skuter listrik mewah dari BMW Motorrad

Dari segi tampilannya, motor bergenre skuter matic gambot ini cocok bersaing dengan Big Scoot lain yang bermesin bensin, seperti Yamaha TMax. Hal ini karena desain dan tenaganya. Harganya pun nggak murah, yakni Rp 380 juta off the road.

Pada sistem penggeraknya, BMW CE 04 mengusung motor listrik bertipe permanent-magnet liquid-cooled synchronous yang tertanam di bagian tengah motor. Tenaganya diklaim mencapai 42,5 PS pada 4.900 rpm dan torsi 62 Nm pada 1.500 rpm. 

Daya jelajahnya mencapai 130 km. Serta pengisian baterai dari 0-100% butuh waktu 4 jam 20 menit menggunakan pengecasan standar.

Polytron

Polytron dikenal sebagai produsen peralatan elektronik rumah tangga. Tapi kini turun gunung masuk ke pasar motor listrik nasional. Peluncuran model barunya berlangsung di IMOS 2022 bulan November lalu. 

Harganya murah nih!

Saat itu, ada model Polytron Fox-R yang dirilis dengan banderol Rp 18 juta off the road ditambah skema sewa baterai. Modelnya lebih mengarah ke tipe skuter premium sekelas Yamaha NMax.

Polytron Fox-R yang hadir dengan baterai berkapasitas 3,74 kWh dengan masa pengisian baterai dari 0-100 persen hanya 4 jam 30 menit. Ditunjang dengan motor listrik 3 kW, Polytron Fox-R diklaim mampu berlari maksimum 90 km/jam dan melaju sejauh 130 km. 

Rakata

Pameran kendaraan listrik, Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 menjadi momen bagi merek motor listrik Rakata dalam menghadirkan produk anyarnya. 

Rakata NX8

Ada dua tipe yang dihadirkan pada pameran di bulan Juli itu. Diantaranya skuter matic Rakata NX3 dan motor sport jenis naked berjuluk Rakata NX8. 

Pada Rakata NX3, tertanam motor litrik 2.000 watt dengan baterai removable berdaya 72 volt 26 Ah. Klaim jarak tempuhnya hingga 80 km dengan top speed 80 km/jam. Harga jualnya Rp 41,1 juta on the road.

Sedangkan Rakata NX8 juga dibekali baterai pack lithium ion 72 volt 50 Ah serta motor penggerak 2.000 Watt Brushless Rear Motor. Kecepatan tertingginya disebut mencapai 80 km/jam dengan jarak tempuh 100 km. Banderolnya Rp 54,75 juta on the road Jakarta.

Segway

Melalui Segway Motors Indonesia (SMI), brand ini memulai kiprah perdananya dengan memperkenalkan skuter listrik di ajang GIIAS 2022. Saat meluncur, Segway hadir dengan empat produk yaitu N9OC, N100, E110L dan E200P. 

Segway kini masuki segmen motlis

Masing-masing tipe memiliki daya jelajah dan kemampuan berkendara dengan performa yang berbeda. Hal ini juga berpengaruh ke harga.

Mulai dari N90C yang diluncurkan dengan harga Rp 27 juta. Lalu N100 dengan harga Rp 34 juta dan E110L dengan harga Rp 40 juta. Hingga varian paling mahal, E200P yang dijual di harga Rp 85 juta. Semuanya berstatus OTR Jakarta.

United

Merek United selama ini dikenal sebagai produsen sepeda tanpa motor di Indonesia. Dan kini segmen motor listrik ikut dilirik lewat divisi United E-Motor.

Deretan motlis United

Ada dua varian yang dilepas di pasaran saat ini, mulai dari United TX1800 yang punya tampilan futuristik dengan jarak tempuh 65 km yang bisa diisi daya 0-80 persen dengan 1,5 jam saja. Motor ini berbanderol Rp 33,9 juta OTR Jakarta.

Di tipe yang lebih tinggi, terdapat model United TX3000 dengan daya jelajah hingga 120 km. Didukung motor listrik berdaya 3.000 watt, TX3000 punya top speed hingga 90 km/jam. Soal harga, United TX3000 dilepas Rp 49,9 juta on the road Jakarta.

Anda pilih yang mana?

Source: Ragam Motor Listrik Proper yang Dijual Tahun 2022, Ada yang Tembus Rp 300 Juta!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com