Mobil Hybrid Dapat Subsidi, Toyota Veloz Hybrid Bakal Meluncur Tahun 2023

 

  • Toyota Veloz hybrid dikabarkan akan meluncur pada tahun 2023
  • Bakal memanfaatkan subsidi untuk mobil hybrid dari pemerintah
  • Kemungkinan besar mengusung mesin 1.500 cc hybrid

Nampaknya, Toyota bakal semakin serius dalam menggarap produk elektrifikasi di Indonesia. Apalagi salah satu produknya yaitu Kijang Innova Zenix Hybrid mendapatkan respons positif, membuat lama pemesanan varian ini mengular hingga pertengahan 2023. Selanjutnya giliran Toyota Veloz hybrid.

Teknologi hybrid yang menjadi andalan Toyota dalam menghadapi era elektrifikasi juga akan diturunkan pada mobil-mobil segmen A dan B atau berukuran kompak, dengan harga jual lebih terjangkau dibandingkan produk-produk saat ini.

Toyota Veloz Hybrid

Baca juga: Tahun Depan Toyota Siapkan Mobil Elektrifikasi Lebih Banyak, Listrik atau Hybrid?

Toyota Veloz Hybrid Hadir Semester 2 Tahun 2023

Salah satu yang menjadi sorotan adalah Toyota Veloz hybrid. LMPV berpenampilan crossover ini dikabarkan akan memiliki varian bermesin hybrid yang menggabungkan mesin konvesional dengan motor listrik. 

Mengenai waktu peluncurannya, salah satu sumber internal Astra yang tidak mau disebutkan identitasnya mengatakan, “Veloz hybrid launching antara bulan Agustus atau September tahun depan (2023)”.

Melihat waktu peluncurannya, bisa jadi Toyota akan memanfaatkan momen pameran akbar Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 yang akan berlangsung pertengahan Agustus 2023, atau mendekati acara tersebut.

Baca juga: Hore! Pemerintah Segera Beri Insentif Mobil Listrik Rp80 Juta, Hybrid Rp40 juta

Pake Platform DNGA dan Mesin 1.5 Liter

Soal teknis, masih menjadi hal yang misterius. Namun kemungkinan besar tidak akan jauh-jauh dari mesin berkapasitas 1.500 cc seperti yang digunakan pada Veloz saat ini. Bahkan mesin Toyota Veloz hybrid yang akan dikenalkan nanti juga berpotensi hadir pada mobil berplatform DNGA lain seperti Vios dan Yaris Cross.

Saat ini, Toyota memiliki mesin 1.500 cc hybrid generasi terbaru dengan kode M15A-FXE. Mesin ini mengeluarkan tenaga sebesar 90 hp dan torsi 120 Nm dipadukan dengan motor listrik bertenaga 79 hp dan torsi 141 Nm, menghasilkan tenaga kombinasi sebesar 114 hp.

Mesin ini sudah digunakan oleh beberapa mobil segmen B Toyota, seperti Yaris, Aqua, Sienta, hingga Urban Cruiser Hyryder yang satu basis dengan Suzuki Grand Vitara di India. Atau, bisa jadi menggunakan teknologi e-Smart Hybrid yang dikembangkan Daihatsu, di mana Rocky menjadi produk pertama yang memakainya.

Baca juga: Prediksi Mobil Baru 2023: Mobil Listrik BMW i7 dan Hybrid Terbaru Toyota Siap Diluncurkan

Source: Mobil Hybrid Dapat Subsidi, Toyota Veloz Hybrid Bakal Meluncur Tahun 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com