Makin Rawan, Begini Cara Mudah Amankan Motor dari Kemalingan

Aksi maling menggunakan cairan setan pada rumah kunci kontak.
  • Kasus pencurian motor masih tinggi.
  • Pakai kunci ganda bisa cegah pencurian.
  • Motor dengan keyless relatif masih aman.

Banyaknya pengguna sepeda motor di Indonesia, turut memicu tingkat kriminalitas berupa pencurian sepeda motor ikut meningkat. Pelaku kriminal kerap memanfaatkan momentum dan kelengahan pemilik motor.

Apalagi pada momen libur akhir tahun ini, motor ditinggal dalam waktu berhari-hari dan ada resiko digondol maling, meski rumah sudah tertutup rapat dan digembok.

Baca juga : Jangan Asal, Begini Cara Pakai Power Outlet Honda Vario 125 2023!

Namun sebagai pemilik juga tetap harus lebih cerdik dari pelaku kriminal itu, karena ada banyak cara untuk mengamankan motor baik ketika diparkir di rumah atau area parkir umum.

Kunci Tambahan dan Lokasi Parkir

Meski motor sekarang ini sudah dibekali perangkat keamanan dari pabrik seperti penutup kunci berpengaman magnet, pencuri selalu mempelajari teknologi pengamanan motor lho.

Maka baiknya beri pengaman tambahan misal kunci cakram, tombol on/off rahasia sampai saklar pemutus arus. Jangan parkirkan motor sembarangan juga apalagi daerah padat yang biasanya warga sekitar malah kurang menghiraukan hal-hal di sekitar mereka.

Gembok pengaman pada cakram.

Usahakan selalu tinggalkan motor dalam kondisi terkunci setang, karena maling akan berpikir dua kali untuk melakukan aksinya. Hal ini bisa diabaikan jika ada penjaga parkir agar memudahkan pengaturan parkir motor.

Baca juga : Kopling Motor Gampang Selip? Bisa Jadi Karena Hal Berikut Ini!

Lepas Part Vital

Untungnya maling di Indonesia masih terapkan model petik, tanpa motor dipaksa gendong masuk mobil box. Artinya setelah membobol kunci kontak, mereka cenderung mengendarai motor korban secara langsung.

Jika hendak ditinggal dalam waktu lama, baiknya melepas komponen vital motor seperti aki, busi atau roda. Tentu maling akan langsung meninggalkan motor jika dalam kondisi tak aman bagi mereka.

Baca juga : Paketan Upgrade Rem Belakang Honda Vario LED, Harga Mulai Rp 1,4 Juta

Pilih Motor Keyless

Motor dengan keyless lebih aman.

Selain kunci pengaman magnet yang sudah kerap dibobol, tak ada salahnya memiliki motor dengan kunci keyless. Sistem ini sangat bermanfaat untuk melindungi motor dari maling karena tak punya lubang kunci dan starter tidak akan bisa menyala jika remote berada lebih dari 1 meter 

Pilihannya ada banyak, dari Yamaha NMax, Yamaha Aerox, Honda PCX, Honda Vario 160, Honda ADV 160, Honda Scoopy bahkan Yamaha FreeGo yang merupakan matic Rp 20 jutaan yang sudah punya fitur ini.

Source: Makin Rawan, Begini Cara Mudah Amankan Motor dari Kemalingan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com