Kia Seltos dan Kia Carens 2023 Bakal Pakai Mesin Baru Lebih Bertenaga

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Kia Seltos adalah keberadaan mesin 1.400 cc turbo. Meski berkapasitas kecil, namun berkat bantuan turbo, output yang dihasilkan lebih besar dibandingkan mesin 1.500 cc NA, yaitu tenaga 140 PS dan torsi 242 Nm.

Selain Seltos, mesin ini juga terpasang pada saudaranya, yakni Kia Carens dan Hyundai Creta produksi India. Namun sepertinya umur mesin ini tidak akan terlalu lama. Sebagai informasi, mesin ini pertama kali digunakan oleh Seltos pada tahun 2019 silam.

Kia Seltos dan Hyundai Creta di India berbagi mesin
Foto: Rushlane

Baca juga: Lebih Murah Rp11 Juta, Kia Carens Apakah Lebih Baik dari Toyota Kijang Innova Zenix?

Mesin 1.4L Turbo akan Pensiun

Dilansir dari Rushlane, Senin (19/12), kabarnya mesin bensin 1.400 cc turbo yang selama ini digunakan pada Seltos, Creta, dan Carens akan pensiun dan digantikan dengan mesin baru berkapasitas sedikit lebih besar yaitu 1.500 cc turbo pada tahun 2023 mendatang.

Musababnya, mesin 1.400 cc turbo diketahui tidak memenuhi standar emisi yang akan berlaku di India mulai April 2023 yaitu Bharat Stage 6 (BS6) Phase II. Kondisi ini tidak berlaku bagi opsi mesin lainnya seperti bensin 1.500 cc NA dan diesel 1.500 cc.

Kia Carens

Sebenarnya, mesin bensin 1.500 cc turbo bukanlah hal baru bagi grup Hyundai-Kia, karena mesin ini sudah terpasang pada beberapa produk yang dipasarkan di Eropa dan China, seperti i30, Ceed, Custo, Sonata, Sportage, dan Tucson. 

Baca juga: Kia Seltos Facelift 2023 Semakin Dekat ke Indonesia, Honda HR-V Siap-siap Kedatangan Rival Kuat

Mesin 1.5L Turbo Bikin Kia Seltos Makin Bertenaga

Dengan kapasitas mesin lebih besar, tentunya berimplikasi pada output yang lebih bertenaga. Mesin 1.500 cc turbo mampu menghasilkan tenaga sebesar 160 PS dan torsi 260 Nm, naik 20 PS dan 18 Nm dibandingkan mesin 1.400 cc turbo.

Sama seperti sebelumnya, mesin ini juga dipadukan dengan transmisi manual dan otomatis berjenis kopling ganda (dual clutch transmission). Diketahui juga mesin turbo ini menjalani pengetesan di jalanan India sebelum dipasarkan resmi pada tahun depan.

Kemungkinan besar, mesin ini akan hadir pada versi facelift dari Seltos dan Creta yang akan meluncur di India pada tahun depan. Keberadaan mesin baru akan mempengaruhi pasar negara lain, termasuk Indonesia, yang menjual Seltos bermesin turbo produksi India.

Baca juga: Tak Banyak yang Tahu, Ini Perbedaan Kia Carens 2022 1.5L dan 1.4L Turbo yang Selisihnya Sampai Rp60 Jutaan

Source: Kia Seltos dan Kia Carens 2023 Bakal Pakai Mesin Baru Lebih Bertenaga

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com