Cek Per Kampas Kopling Motor Matic, Bisa Hindari Deretan Kerusakan Ini

Kerusakan per CVT bisa merembet ke parts lain.
  • Kerusakan bisa merambat ke komponen lain.
  • Berefek ke performa motor.

Salah satu komponen di peranti CVT (Continuously Variable Transmission) adalah per kampas ganda. Di mana peranti ini berfungsi untuk mengatur kerenggangan pada puli belakang atau sliding sheave. 

Per juga memiliki batas usia pemakaian. Saat mencapai batas pemakaian tersebut, per kampas kopling akan melemah. Ketika dibiarkan lemah, akan berdampak pada performa motor matic.

Bahkan jika komponen tersebut didiamkan bermasalah atau bahkan rusak, bukan hanya laju motor matic yang tidak akan optimal. Selain itu, bisa juga berpengaruh ke peranti lain di bagian CVT. Seperti apa efeknya?

Baca Juga: TVS Ntorq Super Squad, Skuter Matic India Bergaya Jagoan Avengers

Performa Motor Menurun

Apa yang Anda rasakan saat rantai motor kendor? Hal itu juga yang sekilas terasa saat per lemah. Ini karena performa motor berkurang. Seperti tarikan pada motor matic menjadi lebih berat dan membuat tidak nyaman.

Per kampas kopling motor matic.

Ini karena ketika per melemah, tenaga yang diteruskan juga akan terhambat. Sehingga performa motor dan kemampuan akselerasinya menjadi berkurang.

Baca Juga: Hanya 52 Ribu Unit, Ekspor Motor Indonesia Melempem di November

Pengaruhi Usia Pakai Kampas Ganda

Seperti disebut sebelumnya, pengaruh buruk dari lemahnya part tersebut, bisa berimbas ke komponen lain. Contohnya kampas kopling pada komponen CVT yang akan terbuka sebelum waktunya. 

Sekalian cek komponen CVT lainnya.

Ini karena per yang sudah lemah membuat kampas ganda terbuka secara terus menerus, meskipun motor bekerja pada rpm rendah. 

Efeknya saat melakukan starter ada kemungkinan motor matic akan melompat karena kampas ganda langsung menggigit rumahnya. 

Selain itu, hal tersebut juga mempersingkat usia pakai kampas ganda karena akan cepat mengalami keausan. Kampas ganda yang aus akan menyebabkan getaran pada area CVT. Sehingga menyebabkan ketidaknyamanan saat berkendara.

Di sisi lain, kampas ganda yang sudah aus akan membuat tarikan motor lebih lemah dan terasa berat. Jika diabaikan, kondisi ini akan membuat tenaga mesin berkurang.

Merambat ke Mangkok Ganda

Kerusakan akibat melemahnya part tersebut, bukan cuma merusak kampas ganda, tapi juga merambat ke mangkok ganda. Kondisi ini bisa terjadi jika kampas ganda yang sudah aus tidak diganti. 

Motor matic jadi favorit masyarakat.

Ketika mangkok ganda termakan, maka kerja per kampas kopling motormatic akan menjadi lebih berat dan rawan patah. Tidak hanya membuat tarikan motor menjadi selip, per yang lemah juga menyebabkan mangkok ganda harus diganti baru semuanya. 

Padahal seperti komponen mangkok ganda pada motor matic memiliki harga yang lumayan mahal, yakni di atas Rp 200 ribu untuk komponen original. Nah, lebih baik mencegah kerusakan agar tidak meluas dengan mengganti per kampas kopling yang sudah lemah.

Source: Cek Per Kampas Kopling Motor Matic, Bisa Hindari Deretan Kerusakan Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com