7 Waktu Paling Tepat untuk Beli Mobil Baru Namun Harganya Bisa Murah

Beli mobil baru memang bukan perkara mudah. Butuh persiapan dan strategi matang, termasuk memilih waktu yang tepat. Karena menurut sejumlah pengamat ada beberapa waktu yang pas untuk membeli mobil.

Maklum, membeli mobil tidak seperti rumah, tanah atau emas, yang saat dijual kembali harganya bisa naik. Sebaliknya, jika membeli mobil akan ada depresiasi walaupun baru dipakai selama satu bulan bahkan satu hari. Itu karena kilometer pada odometer sudah bertambah dan data diri pada surat-surat sudah pasti tercatat nama pemilik pertamanya. 

Baca juga: 4 Hal Penting yang Perlu Diketahui Saat Membeli Mobil Bekas, Jangan Cuma Lihat Tampilannya

Beli mobil baru di dealer resmi

Nah, Anda mau tahu kapan saja waktu yang tepat beli mobil baru agar dapat harga murah, berikut ulasanya. 

1. Akhir dan Awal Tahun

Ilustrasi promo akhir tahun dari dealer Honda
Banyak promo dealer di akhir tahun

Akhir tahun disebut jadi waktu yang tepat pembelian mobil. Pasalnya, pada akhir tahun sales, dealer, dan agen atau distributor pemegang merek, ingin mencapai target penjualan. 

Nah, untuk mencapai target tersebut, mereka akan banting harga dengan cara memberikan diskon yang cukup tinggi. Adapun potongan harga dilakukan bukan karena kualitas mobil sudah menurun, melainkan menghabiskan stok. 

Adapun waktu pembelian di akhir tahun sebaiknya dilakukan pada Oktober, November dan Desember. 

Baca juga: Bukan Untuk Karyawan Gaji UMR, Ini 5 Pilihan Mobil Bekas Cicilan di Atas Rp10 juta

Sementara itu, jika memasuki tahun baru, tak sedikit konsumen menginginkan mobil dengan tahun produksi paling anyar. Hal ini bisa diketahui dari nomor rangka atau Vehicle Identification Number (VIN). 

Belum lagi, harga mobil di awal tahun biasanya mengalami kenaikan, karena inflasi, biaya produksi, dan juga nilai tukar rupiah yang biasanya ikut mengalami lonjakan. Namun begitu, keuntungan membeli mobil dengan nomor VIN tahun sebelumnya, meski mobil baru, tetapi masih menggunakan harga lama.

Disisi lain, sales, dealer dan agen atau distributor, tak ingin meninggalkan stok lama dalam jumlah banyak. Karena makin lama dijual, depresiasinya akan lebih jauh lagi. Jadi mereka lebih memilih menjual dengan sedikit untung, daripada mengalami kerugian.

2. Jelang Hari Raya

Ilustrasi konusmen sedang bertanya dengan sales
Konsultasikan besarnya diskon ke pihak sales 

Di Indonesia, penjualan mobil kerap mengalami kenaikan jelang musim liburan di hari raya. Ya, ini karena banyak masyarakat yang ingin melakukan ritual mudik ke kampung halaman dengan menggunakan mobil. 

Maka dari itu, untuk memanfaatkan penjualan mobil, biasanya sales dan dealer langsung memberikan program-program menggiurkan, seperti potongan harga agar masyarakat tergiur membeli mobil baru. 

Tapi perlu diingat, pastikan saat membeli jelang hari raya, stok mobil yang diinginkan sudah ada atau ready. Selain itu, pastikan juga surat-surat dan plat nomor yang sah sudah ada ditangan sebelum melakukan perjalanan. 

Baca juga: Tak Perlu Bingung Saat Ingin Membeli Mobil Idaman, Ini Tips Meminang Mobil Sesuai Kebutuhan!

3. Pameran Otomotif

Ilustrasi pameran GIIAS 2022
Pameran GIIAS

Waktu membeli kendaraan yang tepat juga bisa memanfaatkan saat event atau pameran otomotif. Bagaimana tidak, ketika pameran otomotif, banyak sales dituntut mencapai target penjualan. 

Maka dari itu, banjir promo mulai dari diskon, bonus, dan iming-iming hadiah menarik sering mereka lakukan kala pameran. Tentunya ini dilakukan agar mampu menarik perhatian konsumen. 

Seperti diketahui, pameran otomotif di Indonesia memang kerap digelar setiap tahun dengan standar internasional, seperti GIIAS, IIMS, Jakarta Auto Week, hingga pameran yang cukup rutin dilakukan di berbagai mall-mall.

Oia, perlu diketahui jika datang ingin membeli mobil di pameran, sebaiknya lakukan di hari Senin atau awal pameran dibuka, kecuali hari Sabtu dan Minggu. Pasalnya, di hari Senin biasanya kondisi tempat pameran tidak terlalu padat, dan Anda bisa melakukan negosiasi lebih lama sembari survei berbagai merek dan juga melakukan test drive. 

4. Perayaan Tertentu dan Tanggal Cantik

Ilustrasi promo tanggal cantik dealer Mitsubishi
Promo tanggal cantik dealer Mitsubishi 

Sejumlah brand kerap memberikan promo menggiurkan guna menyambut hari kemerdekaan. Namun, dewasa ini banyak brand tak hanya elektronik, tapi juga otomotif memberikan promo menarik di tanggal-tanggal cantik.

Ya, strategi pemasaran yang kini sedang jadi tren dalam bisnis jual beli yaitu memanfaatkan tanggal cantik atau kembar, seperti 10.10 (10 Oktober), 11.11 (11 November), dan 12.12 (12 Desember).

Pada awalnya, penjualan tanggal kembar ini dilakukan di tiga bulan terakhir, namun kini strategi juga dilakukan di awal tahun. Nggak percaya? Coba tunggu saja, biasanya ada beberapa brand yang memanfaatkan tanggal-tanggal kembar untuk merayu konsumen.

5. Jelang Kehadiran Mobil Baru

Ada model baru biasnaya model lama didiskon

Anda yang ingin punya mobil dengan harga murah, bisa memanfaatkan dengan cara menunggu kehadiran suatu brand meluncurkan mobil terbaru. 

Pasalnya, sebuah desain mobil itu ada siklusnya, dimana setiap 2-3 tahun akan hadir model baru dengan ubahan minor atau kerap disebut facelift. Sedangkan untuk perubahan besar secara menyeluruh, biasanya disebut All New, dengan rentan waktu bisa 5-8 tahun.

Ya, cara ini berlaku bagi mereka yang mementingkan harga daripada bentuknya. Pasalnya, saat kehadiran mobil terbaru meluncur, biasanya pabrikan otomotif ingin menghabiskan stok lama. Nah, cara untuk menghabiskan stok lama yaitu menjualnya dengan harga miring. 

Lalu bagaimana cara mengetahui akan ada mobil model baru? Biasanya isu mobil baru kerap muncul di media-media online terpercaya, seperti halnya AutoFun Indonesia, yang kerap menghadirkan sejumlah update berita dan isu otomotif baik nasional maupun internasional.  

6. Saat Mobil Akan Distop Produksi

Toyota Etios Valco kini sudah tak lagi diproduksi
Toyota Etios Valco kini sudah tak lagi diproduksi 

Waktu yang tepat untuk membeli mobil baru dengan harga murah, bisa juga saat mobil tersebut akan distop produksi. Ya, moment mobil akan di stop produksi biasanya memang tidak terlalu sering dilakukan pabrikan. Namun begitu, hal tersebut tetap saja kerap terjadi. 

Maka dari itu, biasanya untuk menghabiskan stok di gudang, mobil yang akan distop produksi akan dijual dengan promo menarik.

Lantas bagaimana dengan after salesnya? Biasanya, untuk brand-brand besar dan masih ada di Indonesia, mereka tetap memberikan jaminan service dan spare part. Bahkan ada yang menjaminnya hingga 10 tahun ke depan komponen masih tersedia.

Buktinya, ada juga model-model mobil jadul yang sudah ada puluhan tahun diluncurkan dan tak lagi ada model barunya, namun suku cadangnya masih terpenuhi dan bisa dikendarai.

7. Kebijakan Baru dari Pemerintah

Mobil Listrik Hyundai
Pembelian mobil listrik akan mendapatkan insentif dari pemerintah

Waktu yang tepat untuk membeli kendaraan tapi dengan harga murah bisa juga dilakukan saat ada kebijakan baru dari pemerintah. Setidaknya, memanfaatkan adanya kebijakan baru pernah dirasakan. Misalnya insentif pajak diberikan bagi pabrikan yang melakukan produksi dan perakitan secara lokal. Alhasil harga mobil buatan lokal lebih terjangkau daripada yang diimpor.

Selain itu, kehadiran segmen Low Cost Green Car (LCGC) juga bikin mobil jadi lebih terjangkau. Nah, belum lagi, adanya rencana pemerintah yang memberikan subsidi pada mobil listrik. 

Ya, pemerintah dikabarkan akan memberikan insentif sekitar Rp80 juta untuk mobil listrik dan Rp40 juta untuk mobil hybrid. Namun untuk kepastian soal insentif ini belum diumumkan. Rencananya kebijakan ini akan diinformasikan langsung oleh Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat.

Selain tujuh waktu yang disarankan saat membeli mobil, yang tak kalah penting adalah pastikan uangnya sudah tersedia untuk membayarnya ya. Selamat membeli mobil!

Source: 7 Waktu Paling Tepat untuk Beli Mobil Baru Namun Harganya Bisa Murah

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com