TVS iQube Bakal Ramaikan Persaingan Motor Listrik Indonesia

Motor Listrik TVS
Motor Listrik TVS iQube.
  • Motor listrik TVS hadir tahun depan.
  • Sudah punya TVS iQube di India.

Insentif motor listrik nampaknya meningkatkan gairah para produsen sepeda motor bensin untuk menggarap segmen tersebut. Tak terkecuali TVS Motor Company Indonesia.

Maklum saja, saat ini pemerintah melalui Kemenperin menyatakan tengah menggodok rancangan subsidi bagi konsumen motor listrik di Tanah Air. Tak tanggung, insentif yang diberikan mencapai Rp 8 juta untuk motor listrik produksi lokal.

Karena itu, pihak pabrikan asal India ini menyatakan tengah menyiapkan motor listriknya untuk hadir di tahun depan. Di mana produk tersebut akan jadi bagian tiga segmen TVS di Indonesia.

Seperti yang dikatakan J. Thangarajan, Presiden Direktur, PT TVS Motor Company Indonesia beberapa waktu lalu. ”TVS memiliki tiga segmentasi produk yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen Indonesia,” ucapnya.

Segmen pertama adalah model klasik dengan produk berupa TVS Callisto dan XL 100. Kedua segmen racing dengan tipe Ntorq dan kategori motor sport. 

“Dan yang ketiga adalah Electric Vehicle, di mana akan segera diluncurkan pada tahun depan,” paparnya.

Sudah Punya Motor Listrik di India

TVS sendiri sudah memiliki produk berpenggerak listrik di India. Julukannya TVS iQube yang sosoknya berupa skuter matic bertampang retro modern. Mirip saudara bermesin bensinnya, TVS Callisto.

Desain mirip TVS Callisto

Kesan retro hadir dengan penggunaan desain bodi membulat, termasuk dengan adanya bodi samping gembung yang menyerupai tepong di Vespa. Sedangkan kesan modern tampak dari penggunaan lampu LED dan panel TFT sebagai layar spidometernya.

Baca Juga: TVS Ntorq Super Squad, Skuter Matic India Bergaya Jagoan Avengers

Mumpuni Buat Harian

Karena TVS iQube sudah lebih dulu dijual di India membuat spesifikasi produknya dipersiapkan untuk penggunaan harian. Terdapat tiga varian dari TVS iQube. 

Desain khas skuter India.

Dimulai dari tipe standar yang punya jarak tempuh 100 km sekali pengecasan. Waktu pengecasannya 4 jam 30 menit dengan kecepatan tertingginya 78 km/jam. Di atasnya ada TVS iQube S yang punya perbedaan di bagian fitur spidometernya.

Sedangkan tipe tertinggi didapuk oleh TVS iQube ST yang daya jelajahnya diklaim mencapai 145 km dan top speed 82 km/jam. Sokongan quick charger juga diberikan dengan waktu mengecas 4 jam 6 menit saja.

Baca Juga: Hanya 52 Ribu Unit, Ekspor Motor Indonesia Melempem di November

Fiturnya Canggih

Jika Anda ingat, skuter matic TVS Ntorq Race XP yang beredar di Indonesia sudah dibekali fitur SmartXonnect. Fitur koneksi nirkabel ke smartphone ini hadir di seluruh model TVS iQube.

Untuk tipe standar, terdapat 21 fungsi, termasuk Geofencing dan bantuan navigasi. Spidometernya sendiri sudah bertipe digital. Baik versi standar dan TVS iQube S punya bagasi bervolume 17 liter dengan USB charger.

Bisa terhubung smartphone.

Pada TVS iQube S fungsinya bertambah hingga 35 dengan sokongan Music Player dan Smart Helmet Connectivity. Instrumen di layar spidometer TFT berwarnanya juga disokong dengan joystick navigation untuk mempermudah penggunaannya.

Sedangkan TVS iQube ST punya lebih banyak lagi fitur dengan total mencapai 45 fungsi. Termasuk remote immobilization dan keyless unlocking dan layar touchscreen. Hingga motor pertama dengan fitur Alexa integration, serta notifikasi media sosial. 

Volume bagasinya sangat luas, yakni mencapai 32 liter yang mampu menampung dua buah helm sekaligus. Bagasi ini dilengkapi dengan USB charger di dalamnnya.

Harga Jual Terjangkau

Soal harga, TVS iQube standar dihargai 163.230 Rupee (Rp 30,7 juta) yang setelah disubsidi menjadi 112.230 Rupee (Rp 21,1 juta). 

Sedangkan tipe S dilepas 171.183 Rupee (Rp 32,2 juta) dan dipotong menjadi 120.183 Rupee (Rp 22,6 juta). Di varian tertinggi, TVS iQube ST saat ini masih belum dirilis harganya.

Hmm, cocok nih buat di Indonesia.

Source: TVS iQube Bakal Ramaikan Persaingan Motor Listrik Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com