Si Kecil Canggih Yamaha Augur 155, Desain Nyeleneh Harga Tembus Rp 60 Jutaan

Yamaha Augur 155 2023.
  • Punya desain bodi depan nyeleneh.
  • Mengambil basic dari Yamaha Force 2.0.
  • Dibekali dengan fitur-fitur canggih untuk sebuah matic 155 cc.

Yamaha Taiwan secara resmi meluncurkan matic terbarunya yang diberi nama Yamah Augur 155 VVA. Yang paling mencuri perhatian dari matic ini tentu saja desain bodi serta lampu depannya yang out of the box.

Matic ini dibanderol dengan harga 118.000 TWD atau ketika dikonversi ke Rupiah berada di rentan harga Rp 60 jutaan. Punya harga yang cukup tinggi, ternyata memang Yamaha Augur 155 dilengkapi dengan fitur-fitur terkini.

Jika dilihat, motor ini memiliki desain bodi dan lampu layaknya ujung anak panah dengan 3 garis tegas yang digambarkan oleh DRL tipis. Kemudian di tengahnya terdapat lampu utama yang menggunakan 2 buah LED projector.

Yamaha Augur 155 sendiri menggunakan basic Force 2.0, jika dilihat dari tengah ke belakang kedua motor ini cukup mirip. Memiliki bodi belakang yang tidak terlalu besar dan diteruskan dengan lampu rem tipis.

Baca juga: Deretan Motor Baru Yamaha Sepanjang 2022, Dari Fazzio Hingga FreeGo

Di bawah lampu remnya ada tempat untuk menaruh pelat nomor dan sepakbornya pakai model mud guard yang menempel pada mesin serta swing arm. Jika dilihat-lihat, motor ini ibarat penggabungan dari berbagai tipe motor.

Punya dimensi seperti Yamaha Lexi

Kaki-kaki pakai roda lingkar 13 inci dan double disc seperti NMax namun punya dimensi seperti Lexi, di mana tidak ada tulang di sisi tengah. Yang unik adalah posisi tangki bensinnya yang ada di bawah pijakan kaki pengendara.

Sedangkan mulut tangki bensinnya ada di dashboard kiri seperti Yamaha FreeGo 125, kapasitas tangki bensinnya cukup besar karena mencapai 6,1 liter. Dengan begitu di bawah joknya terdapat ruang bagasi besar.

Teknologi Y-LLA

Teknologi pertama dan menjadi yang cukup canggih di kelasnya adalah adanya Y-LLA, singkatan dari Yamaha Lean Light Assist. Fitur ini biasa ditemui di motor kapasitas besar, terutama di segmen touring dan biasa dikenal dengan cornering light.

Sorot lampu tambahan akan menyala ketika motor miring

Baca juga: Diskon Akhir Tahun Yamaha NMax 2023, Ada Potongan Uang Muka Segini

Fitur ini membaca sudut kemiringan motor, ketika motor terdeteksi miring di tikungan maka akan ada sorot lampu tambahan untuk memperluas pancaran cahaya. Tentunya fitur ini sangat berguna, mengingat LED projector punya pancaran terbatas akibat cut off di sisi atasnya.

Lampu Berteknologi Y-AU

Selanjutnya teknologi yang juga tidak kalah keren adalah Y-AU yang merupakan singkatan dari Yamaha Adjustable Color Temperature Unit. Sudah bukan hal yang aneh kalau mayoritas sepeda motor saat ini dibekali lampu utama LED berwarna putih.

Warna lampu utama bisa diganti

Pancaran warna putih memang memberi kesan yang modern dan LED punya daya yang lebih rendah dari bohlam halogen. Namun performa lampu putih kurang maksimal saat berada di kondisi hujan, jalanan basah, atau kondisi berkabut.

Itu karena warna putih tidak bisa menembus hujan atau kabut dengan baik. Di Yamaha Augur 155 warna lampu utama bisa diganti dari putih menjadi kuning hanya dengan menggeser tombol pada sakelar kanannya.

Baca juga: Nyaman Mana Posisi Berkendara Yamaha XMax Atau Aprilia SR GT? | AutoFun

Dengan begitu tidak khawatir lagi saat berada di kondisi hujan atau kabut, visibilitas pengendara akan tetap optimal. Keren ya?

Spidometer TFT Display

Spidometer canggih dan bisa terkoneksi dengan smartphone

Lagi-lagi Yamaha Taiwan memberikan fitur yang cukup overkill pada Yamaha Augur 155. Spidometernya pakai TFT display full color dengan ukuran 4,3 inci, latar spidometer bisa berganti menjadi putih atau hitam sesuai dengan kondisi sekitar.

Isi informasinya juga lengkap, karena bisa terkoneksi dengan smartphone melalui aplikasi Y-Connect. Karena itu bisa menampilkan notifikasi pesan, panggilan, speed limit, hingga navigasi turn-by-turn.

Smart Key & USB Charging

Kemudian ada fitur keyless atau smart key dengan desain knob baru yang lebih tipis. Di remotnya juga terdapat answer back system untuk memudahkan mencari Augur ketika di parkiran.

Baca juga: Yamaha MX King 150 2023 Punya Warna Baru, Tampil Segar Tapi Kurang Sangar

Smart key dengan knob baru dan power outlet fast charging

Di bawah kunci kontak terdapat power outlet dengan penutup karet, di dalamnya ternyata berisikan colokan model USB Type A. Di penutup karetnya bertuliskan QC 3.0 yang berarti power outlet ini mendukung quick charge atau fast charging, wow!

Mesin 155 Cc VVA

Di sektor mesin Augur dibekali dengan mesin 155 cc, VVA, Blue Core, 4 katup, injeksi, dan berpendingin cairan. Spesifikasinya mirip seperti New NMax juga New Aerox 155 yang beredar di Indonesia.

Mesinnya seperti yang digunakan New NMax juga New Aerox 

Fitur lainnya ada TCS (Traction Control System), ABS (Anti Lock Braking System) pada rem depan yang pakai cakram 267 mm berkaliper 2 piston dan rem belakang dengan cakram 230 mm serta kaliper 1 piston.

Kalau hadir di Indonesia, kira-kira laku gak nih?

 

Source: Si Kecil Canggih Yamaha Augur 155, Desain Nyeleneh Harga Tembus Rp 60 Jutaan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com