Dibuat Terbatas, Ducati Bikin Panigale V4 Replika Juara Dunia MotoGP dan WSBK

Panigale World Champion Replica
Dilabur liver dua motor juara dunia.
  • Produksinya hanya 260 unit saja.
  • Sudah langsung dimodifikasi.

2022 bisa disebut sebagai tahunnya Ducati di arena balap motor dunia. Bagaimana tidak, pabrikan asal Italia itu sukses merebut gelar juara di ajang MotoGP dan WSBK (World Superbike) sekaligus.

Di ajang MotoGP, gelar juara dipersembahkan oleh Francesco Bagnaia dari tim Ducati Lenovo. Gelar ini diraih dengan motor khusus balap berjuluk Desmosedici GP 22. 

Sedangkan juara kelas WSBK disumbangkan oleh pembalap gaek, Alvaro Bautista dari tim Aruba.it Ducati. Pembalap Spanyol ini turun bersama dengan tunggangan superbike, Ducati Panigale V4 R.

Komplet dengan nomor start masing-masing pembalap

Hal ini pun dirayakan oleh Ducati dengan menghadirkan versi replika dari kedua motor juara tersebut berjuluk Panigale World Champion Replica. Basisnya superbike yang dijual bebas, yakni Ducati Panigale V4 S. 

Kedua motor tersebut dikenalkan pada Kamis (15/12/2022) lewat ajang Campioni in Piazza2 di Italia. Hanya ada 260 unit untuk masing-masing grafis, yang ditawarkan untuk pasar global. Angka tersebut untuk menghormati tahun kelahiran Ducati, yakni 1926.

Baca Juga: TVS Ntorq Super Squad, Skuter Matic India Bergaya Jagoan Avengers

Dilabur Livery Spesial

Seperti namanya, Ducati Panigale World Champion Replica tersebut dilabur dengan livery dari motor-motor juara dunia. Seluruh unit tersebut juga mendapat tanda tangan dari masing-masing pembalap yang langsung dilapis pernis untuk melindunginya.

Livery Ducati lengkap dengan nomor start Pecco.

Seperti bisa dilihat, pada versi Bagnaia, livery khas tim Ducati Lenovo. Diantaranya dengan grafis kombinasi hitam dan merah. Serta kelir dasar merah tua yang komplet dengan sponsor yang melekat di motor aslinya.

Sementara pada replika motor Bautista, livery tim Aruba.it Ducati, livery yang ditampilkan terlihat lebih meriah berkat adanya aksen putih pada beberapa panel. Sponsor yang melekat juga tetap sama.

Bukan cuma grafisnya saja, replika ini juga hadir komplet berikut nomor start masing-masing pembalap. Di mana versi replika MotoGP punya nomor 63 dan untuk WBSK bernomor 19.

Baca Juga: Hanya 52 Ribu Unit, Ekspor Motor Indonesia Melempem di November

Sudah Langsung Dimodifikasi

Meski berbasis motor harian Panigale V4 S, tapi Ducati Panigale World Champion Replica langsung hadir dengan sederet modifikasi. 

Misalnya penggunaan silencer knalpot Akrapovic street legal yang bentuk dan posisinya tetap underbelly, tapi lebih ringan 2 kg dari standarnya. 

Sedangkan pengereman disokong merek Brembo dengan kaliper Stylema R dan master silinder MCS yang dilengkapi remot pengatur. Lalu ada footstep berbahan billet almunium dari Rizoma.

Beberapa panel bodi juga dibekali dengan bahan karbon fiber. Sehingga selain membuat bobotnya lebih ringan, juga mendongkrak kesan racing dari motor tersebut.

Sayangnya, tak ada besaran harga yang diumumkan dalam peluncuran motor tersebut. Tapi sebagai perbandingan, Ducati Panigale V4 S standar dijual Rp 521 jutaan di Inggris. Jadi, tentu bakal lebih mahal!

Source: Dibuat Terbatas, Ducati Bikin Panigale V4 Replika Juara Dunia MotoGP dan WSBK

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com