5 Fakta Menarik Daihatsu Luxio, Minibus Apakah Masih Proper Sebagai Mobil Keluarga?

Daihatsu Luxio diluncurkan pertama kali pada 2009 dan hingga kini belum ada tanda-tanda mobil tersebut akan berganti model. Dengan kabin yang lega, Luxio kerap dijadikan sebuah armada bisnis travel yang siap melintasi antar kota dan provinsi. Banyak yang menganggap bila Daihatsu Luxio minibus punya banyak kelemahan digunakan sebagai mobil pribadi, benarkah?

Daihatsu mempersiapkan GranMax sebagai kendaraan niaga sedangkan Luxio menjadi mobil penumpang. Berdasarkan pengalaman kami Luxio rupanya senasib dengan GranMax, cukup banyak digunakan sebagai kendaraan fleet baik itu untuk travel atau mobil operasional kantor. 

Baca juga:

Kelemahan Daihatsu Luxio, Sering Dianggap GranMax Versi Mahal

Ini 5 Keunggulan Daihatsu Luxio Yang Layak Jadi Mobil Andalan Bisnis Travel

Daihatsu Luxio 12 Tahun Tanpa Ganti Generasi Tetap Laku, Bagaimana Bisa?

Secara desain, mungkin Luxio tak semenarik MPV seperti Daihatsu Xenia atau mungkin Mitsubishi Xpander. Desainnya boxy seperti roti tawar dengan aksen garnish yang sederhana. Namun demikian Luxio jelas tidak sesederhana GranMax, karena fitur dalam mobil ini lebih beragam. 

Bahkan bisa disebut Luxio ini cukup pantas menggantikan posisi Daihatsu Zebra Espass dalam trah minibus Daihatsu. Hanya saja, ada beberapa karakter dalam Luxio yang serupa dengan milik GranMax yang membuatnya jadi tidak sempurna sebagai sebuah mobil keluarga entry level.

Dari sisi penjualan mobil baru Daihatsu, Luxio berada di urutan belakang, bahkan masih kalah laris dari Xenia. Apakah mobil ini cukup layak menjadi mobil keluarga, ketimbang mobil untuk angkutan penumpang antar kota? Berikut ini fakta soal Daihatsu Luxio. 

1. Sebagai Minibus, Fitur di Daihatsu Luxio Tidak Istimewa

Bicara soal mobil keluarga masa kini, umumnya sudah memiliki beragam fitur yang beragam untuk memanjakan penumpang. Agak disayangkan karena Daihatsu Luxio sebagai minibus fiturnya ketinggalan zaman, tidak istimewa. 

Daihatsu Luxio memiliki kursi 3 baris yang kapasitasnya bisa mengangkut 8 penumpang dewasa.  Karena menjadi mobil penumpang, maka varian termurahnya sudah dilengkapi AC double blower dan armrest di baris kedua dan ketiga guna meningkatkan kenyamanan.

Fitur menarik di Luxio tipe X atau tipe tertinggi hanyalah head unit  layar sentuh yang dilengkapi pemutar CD, MP3, dan DVD dan juga input USB dan AUX. Sementara penyejuk udara dilengkapi dengan AC double blower. Untuk tipe D bahkan fitur kenyamanan di kabin sangat minim, karena tidak ada AC double blower dan cuma pakai head unit single DIN. 

Sementara itu, low MPV yang kini dipasarkan umumnya telah memakai head unit double DIN untuk tipe bawah, dan untuk tipe yang teratas telah memakai layar touchscreen terintegrasi konektivitas ponsel. 

2. Kenyamanan Suspensi Ala Kadarnya

Hal lain yang membuat banyak konsumen berpaling menjauh dari Luxio yaitu karena soal kenyamanan yang kalah dari low MPV. Pada bagian roda depan sudah menggunakan suspensi  Mac Pherson Struts dengan per keong dan stabilizer. Sementara pada bagian belakang menggunakan suspensi 5-link, rigid-axio dengan per keong.

Perangkat tersebut tak banyak membantu Daihatsu Luxio bisa cukup nyaman meski melalui jalan yang berlubang atau bebatuan. Karakter suspensi Luxio menurut pengalaman kami cukup keras, dan hampir mirip seperti GranMax. 

3. Mesin 1.500 Cc Tenaganya Biasa Saja

Khusus untuk Daihatsu Luxio hanya tersedia dalam varian 1.500 cc.  Dapur pacu berkode 3SZ-VE dengan kubikasi 1.495 cc hanya mampu merilis tenaga 97 ps pada 6.000 Rpm dan torsi maksimal di angka 134 Nm di putaran 4.400 Rpm. Opsi transmisi manual 5-percepatan dan transmisi otomatis 4-percepatan jadi standar.

Bila melihat output tersebut, jelas kalah tenaga dibandingkan mobil keluarga dari jenis low MPV yang mesinnya sama-sama 1.5 liter. Bila kita bandingkan, tenaga Luxio masih kalah dibandingkan Mitsubishi Xpander yang tenaganya paling kecil di antara low MPV. Sebagai informasi, tenaga Mitsubishi Xpander sebesar 104 ps, sedangkan tenaga milik Luxio hanya setara dengan milik Xenia 1.3. 

4. Harga Baru yang Masih Bersahabat

Bagi kamu yang terkendala dengan budget pas-pasan, tapi butuh mobil keluarga dalam kondisi baru, maka Daihatsu Luxio masih bisa jadi opsi menarik. Berikut ini harga Daihatsu Luxio 2022:

1.5 X A/T MC E4    Rp 259.000.000
1.5 X M/T MC E4    Rp 246.900.000
1.5 D M/T MC E4    Rp 227.700.000

Bisa kita lihat bila harga tipe termahal Luxio masih di bawah Rp260 juta, dan cuma selisih Rp100 ribu dengan All New Xenia 1.3 R CVT SC ADS. Hanya saja, Xenia kini sudah memakai penggerak roda depan sehingga agak riskan bagi kamu yang kerap bepergian ke wilayah pegunungan yang tanjakannya cukup ekstrim.

5. Jaringan Aftersales Mudah Dicari Terjangkau Untuk Pemula

Selain harga mobil yang terjangkau, harga spare parts Daihatsu juga kompetitif. Kamu pun tidak bakal kesulitan mencari bengkel resmi, karena jaringan bengkel Daihatsu sudah tersebar luas hingga ke kota kecil. Hal ini akan memudahkan ketika perawatan rutin maupun penggantian spare parts yang aus karena pemakaian.

 

Source: 5 Fakta Menarik Daihatsu Luxio, Minibus Apakah Masih Proper Sebagai Mobil Keluarga?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com