Toyota Siap Sikat Segmen Niaga Ringan Elektrifikasi, Ada Hilux BEV dan IMV 0 Concept

  • Kedua model dirancang untuk segmen berbeda.
  • Toyota IMV 0 akan diproduksi di Thailand.

Toyota baru saja mengumumkan deretan produk masa depan mereka. Ada dua model yang dikenalkan, yakni Toyota Hilux Revo BEV dan IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicles) 0 Concept.

Pengumuman dilakukan disela seremonial perayaan 60 Tahun Toyota di Thailand pada Rabu (14/12/2022). Pengenalan model tersebut merupakan ambisi Toyota untuk mencapai “Netralitas Karbon”.  

Bukan cuma mobil listrik saja, Toyota juga menyatakan akan hadir sebagai pembuat rangkaian lengkap kendaraan elektrifikasi. Diantaranya lewat penggerak bersistem Hybrid Electric Vehicles (HEV), Plug in Hybrid Electric Vehicles (PHEV), Battery Electric Vehicles (BEV) dan Fuel Cell Electric Vehicles (FCEV).

Baca Juga: Suzuki Indonesia Siap Tambah Mobil Hybrid Tahun Depan, XL7 Baru?

Toyota IMV 0 Concept

Banyaknya sistem penggerak yang ditawarkan ini karena Toyota menyadari keragaman di setiap negara. Termasuk dari kebutuhan penggunaan konsumen, daya beli, kesiapan infrastruktur dan kemampuan industri.

Detail Toyota Hilux BEV dan IMV 0 Concept

Toyota mengakui jika lebih dari separuh pasar Thailand didominasi oleh pick-up. Sehingga prototipe truk pickup elektrik baterai, yakni Hilux Revo BEV Concept dipamerkan.

Toyota Hilux Revo BEV

Baca Juga: 3 MPV Gagal Laku di Indonesia, Seberapa Murah Harga Bekasnya?

Basisnya Toyota Hilux single cabin yang komponen mesinnya diganti dengan sistem gerak motor listrik. Dilihat sepintas, perbedaan hanya terdapat di bagian front fascia. Yakni panel bumper dan headlamp terasa lebih futuristik. Sedangkan sisi samping hingga belakangnya, tetap mirip Hilux versi bahan bakarnya.

Selanjutnya, Toyota turut menampilkan mobil konsep niaga masa depan IMV 0. Produk ini dirancang untuk beradaptasi dengan pola penggunaan dan gaya hidup pelanggan Thailand. Mulai dari penggunaan angkutan barang hingga ambulans dan sebagainya.

Bisa jadi bermacam model

“Saya memutuskan untuk membuat truk pick-up IMV terbaru untuk Thailand, yaitu IMV 0 Concept dan Hilux Revo BEV Concept. Keduanya dirancang untuk kebutuhan dan pelanggan yang berbeda,” papar Akio Toyoda President & CEO of Toyota Motor Corporation.

Baca Juga: Patroli Polisi Resmi Gunakan Kamera ETLE Mobile, Ini Pelanggaran yang Diincar

Thailand Jadi Basis Mobil Niaga Ringan Ramah Lingkungan

Lebih lanjut, Toyota ingin peran Thailand sebagai ‘Detroit dari Timur’ berlanjut dengan menawarkan solusi mobilitas harian untuk orang dan juga industri kecil dan menengah. 

Akan diproduksi di Thailand

“Kami ingin berkontribusi lebih banyak untuk negara ini dari sekedar mobil. Kami ingin membantu menumbuhkan peluang ekonomi. Ini adalah tujuan kami ketika memilih Thailand untuk memproduksi model global baru, yang disebut IMV,” ucap Akio Toyoda.

Source: Toyota Siap Sikat Segmen Niaga Ringan Elektrifikasi, Ada Hilux BEV dan IMV 0 Concept

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com