Prediksi Mobil Baru 2023: Serbuan SUV Mulai dari Honda CR-V sampai Calon Rival Raize dari Mitsubishi (Part 2)

Kalau di artikel Prediksi Mobil Baru 2023 sebelumnya kita sudah bahas beberapa SUV dari Chery hingga Honda, maka kita lanjutkan untuk brand Jepang lainnya. Karena Mitsubishi, Toyota, bahkan Jeep pun sudah menyiapkan senjata andalan masing-masing.

5. Jeep Grand Cherokee 2023

Jeep Grand Cherokee 2023

Jeep Grand Cherokee 2023 memang sudah melenggang di tanah kelahirannya, Amerika Serikat (AS) sejak pertengahan tahun 2022. Namun baru di November 2022 ia menjajaki pasar India. Grand Cherokee akan melawan rival-rivalnya dari Eropa, antara lain Mercedes-Benz GLE, BMW X5, Range Rover Velar, Audi Q7, hingga Volvo XC90.

Kehadiran Jeep Grand Cherokee terbaru ini ternyata sudah ditunggu oleh Jeep Indonesia. Informasi yang kami dapat, pihak DAS Indonesia Motor (DAS Indonesia) selaku distributor tunggal Jeep di Tanah Air juga akan memboyong SUV itu. Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang diselenggarakan 16-26 Februari bakal jadi lokasi peluncurannya.

Mesin 2.0L Turbo dengan sistem AWD

Urusan sumber tenaga, Jeep membekali Grand Cherokee dengan mesin bensin 2.0 liter empat silinder turbo. Mesin itu sanggup menghasilkan tenaga 275 PS dengan torsi puncak 400 Nm. Dipasangkan dengan transmisi otomatis 8 percepatan konvensional, tenaga sebesar itu tersalur ke sistem penggerak empat roda (4WD).

Baca juga: Jeep Grand Cherokee 2023 Rilis di India, Tahun Depan Hadir di IIMS

6. Mitsubishi XFC Concept

Pakai platform compact SUV terbaru Mitsubishi

Mitsubishi XFC Concept yang melakukan world premiere di Vietnam pada Oktober 2022 juga akan hadir di Indonesia. Mitsubishi memang membidik pasar ASEAN untuk XFC Concept yang kabarnya akan masuk kategori Small SUV.

Menurut President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia Naoya Nakamura, setelah di Vietnam, maka Indonesia akan menjadi negara berikutnya yang akan menampilkan mobil konsep ini di awal tahun 2023.

Dimensinya diprediksi tak beda jauh dari Nissan Magnite

“Sebagai negara dengan permintaan akan kendaraan small SUV yang semakin berkembang, kami yakin mobil konsep ini akan memiliki daya tarik yang baik dan tentunya akan menjadi model produksi massal yang kompetitif di masa depan. Nantikanlah XFC untuk kami pamerkan di pameran otomotif tahun depan,” ujarnya.

Tapi inikan baru sebatas mobil konsep? Ya memang, namun kabar yang berhembus jika pabrikan berlogo tiga berlian itu tak akan berlama-lama untuk menghadirkan versi produksi massalnya. Kalau dia disegmentasikan sebagai SUV kecil atau kompak, maka bisa jadi pesaing baru Toyota Raize, Daihatsu Rocky, sampai Nissan Magnite.

Baca juga: Mitsubishi XFC Concept 2023 Didesain Bisa Terabas Banjir, Cocok Banget Buat di Indonesia!

7. Nissan Terra 4×4

Nissan Terra terbaru

PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) di GIIAS 2022 sudah menampilkan sosok Terra generasi terbaru. Namun kala itu unitnya hanya sebatas showcar. Adapun mobil ini baru akan resmi diluncurkan di 2023. Padahal Nissan Terra terbaru ini sudah beredar di Thailand sejak 2021.

Nissan membekali Terra generasi anyar ini dengan mesin dengan kode YS23DDTT berkapasitas 2.298 cc Twin-turbo Diesel. Tenaga maksimumnya mencapai 189 PS dengan torsi puncak 450 Nm. Kekuatan mesin tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis 7-percepatan dengan sistem penggerka roda 4×4.

Muncul di GIIAS 2022

Untuk perangkat yang berguna saat dipakai di medan berkontur antara lain Hill Start Assist, Hill Descent Control, Traction Control, serta 6 buah airbags. Fitur keselamatan di Nissan Terra ini lebih unggul karena memiliki teknologi keselamatan aktif. Mulai dari Intelligent Forward Collision Warning, Lane Departure Warning, Intelligent Emergency Braking, Blind Spot Warning, Rear Cross Traffic Alert, hingga Intelligent Driver Alertness.

Baca juga: Bakal Meluncur di Indonesia Tahun 2023, Mampukah Nissan Terra 4×4 Geser Dominasi Toyota Fortuner 2.8 GR Sport?

8. Toyota Sienta 2023

Toyota Sienta generasi terbaru

Sedikit keluar dari segmen SUV, prediksi mobil baru 2023 dari kubu Toyota adalah hadirnya All New Sienta. Persiapan Toyota untuk memboyong Sienta generasi terbaru ini sudah terkuak dari pengajuan paten desain kendaraan tersebut ke pihak Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum & HAM Republik Indonesia.

Langkah ini memang cukup mengejutkan, pasalnya Sienta yang saat ini dijual Toyota, seakan jadi “anak tiri”. Ini lantaran penjualannya tak semoncer MPV Toyota lain seperti Avanza, Veloz, atau Kijang Innova.

Desainnya serba membulat

Sebagai generasi baru, Sienta menggunakan platform yang anyar pula. Yakni platform TNGA-B yang sebelumnya sudah dipakai untuk Toyota Yaris versi Eropa. Adapun secara penampilan fisik, Sienta juga mengalami perubahan sangat signifikan dibanding Toyota Sienta yang ada saat ini di Indonesia.

Di Jepang, Toyota Sienta 2023 tersedia dalam opsi mesin bensin dan hybrid. Mesin bensinnya menggunakan Dynamic Force Engine 1.5-liter berkode M15A-FKS yang dikawinkan dengan transmisi CVT. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 120 PS di 6.600 rpm dan torsi 145 Nm di 4.800-5.200 rpm.

@autofun.indonesia SUV Paling Cakep di GIIAS 2022! #mobilbaru #reviewmobil #giias2022 ♬ Estrelar – Marcos Valle

Sementara mesin kedua memadukan mesin bensin 1.5L M15A-FXE dengan sistem hybrid seri paralel. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 115 PS. Dengan teknologi hybrid konsumsi BBM Toyota Sienta 2023 diklaim bisa mencapai 28,8 km per liter.

Baca juga: Toyota Sienta 2023 Bersiap Masuk Indonesia, Ini Tanda-tandanya

Source: Prediksi Mobil Baru 2023: Serbuan SUV Mulai dari Honda CR-V sampai Calon Rival Raize dari Mitsubishi (Part 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com