Alpha Volantis 2023 Jadi Pesaing Vespa Asal Thailand, Cocok Masuk Indonesia?

Alpha Volantis 2023
Alpha Volantis 2023.
  • Punya dua pilihan mesin.
  • Desainnya sama-sama retro modern.

Segmen skuter matic bergaya retro seperti Vespa masih punya banyak penggemar di pasar global. Hal ini terbukti dari banyaknya pemain di segmen itu. Salah satunya Alpha Volantis Horizon asal Thailand.

Alpha Volantis Horizon sendiri merupakan produk dari Trillion Motors Co. Ltd. Pabrikan manufaktur part dan aksesoris otomotif yang sudah berusia 40 tahun. 

Oleh pabrikan asal Negeri Gajah Putih ini, Alpha Volantis Horizon dihadirkan dalam dua varian. Diantaranya Alpha Volantis Horizon 300 dan 150. Seperti namanya, kedua motor tersebut mengusung mesin 300 cc dan 150 cc. 

Sehingga kedua produk anyar tersebut langsung berhadapan dengan dua jagoan Vespa, yakni tipe Primavera dan GTS. Lalu apa modal Alpha Volantis Horizon bersaing menantang Vespa?

Baca Juga: Kawasaki W175TR Turun Harga, Berapa Cicilannya?

Kombinasi Klasik dan Modern

Ditilik dari desainnya, perbedaan Alpha Volantis Horizon versi 300 dan 150 bisa dilihat dari sektor detailnya. Semisal jok model terpisah dan headlamp dengan batok lebih besar pada versi 300.

Versi 300 cc punya bodi lebih semok

Sedangkan bodi keduanya tetap menghadirkan nuansa membulat oval yang semok dan jadi ciri skuter matic retro. Meski demikian aksen modern juga hadir dengan penggunaan lampu-lampu LED. Lalu panel spidometer full digital LCD dengan pengaturan kecerahan layar.

Bahkan ada dua slot USB untuk pengisian daya gadget yang tertaam di balik dashboard. Detail lainnya lebih ke arah fungsional, seperti bagasi luas dibalik jok yang bisa menampung helm half face.

Di belakang bagasi, terdapat tangki bahan bakar bervolume 9 liter di versi 300 cc. Ukuran yang terbilang besar, bahkan jika disandingkan dengan Honda PCX 160 yang punya tangki 8,1 liter. Sedangkan model 150 cc, tangkinya bervolume 6,8 liter.

Sosoknya menarik untuk pasar Indonesia.

Dari area kaki-kaki, ada pelek 12 inci dengan ukuran ban depan 120/70 dan belakang 130/70. Suspensi depannya teleskopik dan belakang double shockbreaker. 

Remnya sudah cakram di kedua roda dengan ukuran 220 mm di depan dan 200 mm belakang. Sektor pengereman ini disokong Share Brake System atau SBS. Semacam CBS (Combi Brake System) di Honda yang bekerja membentu mendistribusikan gaya pengereman.

Baca Juga: Sayonara, Kawasaki W250 Resmi Suntik Mati Tahun Ini

Andalkan Mesin Silinder Tunggal

Pada Alpha Volantis Horizon baik versi 300 dan 150 punya kesamaan, yakni mengandalkan mesin 4-tak satu silinder dengan 2-katup.

Pakai mesin 150 cc dan 300 cc.

Untuk Alpha Volantis Horizon 300 kapasitas mesinnya 276 cc  berpendingin cairan. Sedangkan Alpha Volantis Horizon 150 punya mesin 150 cc berpendingin udara.

Soal harga, di Thailand Alpha Volantis Horizon 300 dilepas Rp 53 juta. Sedangkan Alpha Volantis Horizon 150 berbanderol Rp 32 juta.

Wah, sudah cocok nih buat jadi pesaing Vespa!

Source: Alpha Volantis 2023 Jadi Pesaing Vespa Asal Thailand, Cocok Masuk Indonesia?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com