Suzuki Shogun 110R Ngetop Lagi Gara-Gara Kasus Bom Bandung

Suzuki Shogun pengebom
Suzuki Shogun 110R diduga milik teroris.
  • Suzuki Shogun 110R disebut milik tersangka pengeboman.
  • Ada pesan menentang KUHP sebagai hukum di Indonesia.

Tahun lalu, motor bebek legendaris Suzuki Shogun 110R sempat booming berkat sosok penyanyi Ariel Noah yang merestorasi tunggangan pertamanya. Sempat meredup, kini Suzuki Shogun 110R kembali terkenal. 

Sayangnya sosok Suzuki Shogun 110R sekarang terkenal bukan karena hal positif, tapi sebaliknya. Ini karena motor tersebut diduga milik dari teroris yang mengebom kantor Polsek Astana Anyar, Bandung, Rabu (7/12/2022).

Baca Juga: Sekilas Kiprah Suzuki Shogun 110, Bebek Legendaris Yang Komponennya Kerap Dicuri

Detail Kondisi Motor Pelaku Pengeboman

Pada foto viral di atas, terlihat pelat nomor depan Suzuki Shogun 110R warna biru itu ditutupi oleh lembar kritik pada undang-undang KUHP. Kalimat yang tercantum sebagai berikut:

“KUHP-Hukum Syirik/Kafir Perangi Para Penegak Hukum Setan QS:9:29”

Suzuki Shogun 110R sempat terkenal

Namun pihak kepolisian mengumumkan jika pelat nomor dari motor tersebut berkepala AD, atau berasal dari daerah Solo, Jawa Tengah. 

Saat ditinggal kondisi motornya tidaklah istimewa. Di mana bagian leg shield sudah tak terpasang dan sepasang spion pun absen. Bagian ujung sepakbor depan diberi cat semprot asal-asalan, lalu helm pelaku pun masih tercantel di setang. 

Sementara bagian belakang relatif utuh. Terlihat dari bagian bodinya yang terpasang tanpa patah. Serta masih mempertahankan warna dan stiker grafis standar. Pun demikian dengan lapisan kulit jok yang belum terkelupas.

Kondisi motor pelaku

Saat diidentifikasi lebih lanjut, motor tersebut merupakan Suzuki Shogun 110R keluaran awal. Tepatnya buatan sekitar tahun 2001. Hal ini terlihat dari skema warna dan stiker bodinya.

Warna bodi yang didominasi biru monoton di seluruh panelnya. Sebagai kombinasi, terdapat stiker grafis kombinasi kuning, hijau dan abu-abu. Serta kawalan pelek jari-jari dengan rem cakram di depan dan tromol di belakang.

Baca Juga: Ada Penampakan Komponen Kawasaki Kaze di Ninja ZX-10RR WSBK Winter Test

Bikin Apes Pemilik Sebelumnya

Ternyata motor tersebut dibeli dalam kondisi bekas oleh pelaku pemboman. Apesnya, kasus ini melebar ke Boby Ari Setiawan, seniman tari yang dituduh terlibat dalam bom bunuh diri tersebut.

Pasalnya, setelah menjual motor buatan 2001 tersebut di sekitar tahun 2005, Boby alpa untuk melakukan pemblokiran STNK atas namanya. Sehingga dirinya sempat diperiksa terkait kasus ini.

Sekilas Suzuki Shogun 110R

Suzuki Shogun 110R sempat sukses di pasaran pada awal dekade 2000-an. Bahkan di masa kejayaannya, penjualan motor yang berjargon ‘Shogun Dilawan!’ itu sempat menyentuh 900.000 unit per tahun.

Saat itu, Suzuki Shogun 110R digemari karena terbilang kencang dan cukup irit. Bahkan prestasinya di dunia balap cukup diakui, termasuk sebagai juara di kancah Asia Road Racing Championship kelas Underbone 115 cc (UB115) bersama tim AHRS.

Source: Suzuki Shogun 110R Ngetop Lagi Gara-Gara Kasus Bom Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com