Modifikasi Honda Jazz, Tampil Ekstrim Cangkok Mesin V8

Modifikasi Honda Jazz yang satu ini emang bikin pangling. Bagaimana tidak, pertama kali kami melihatnya saja kami duga basis mobil ini adalah Honda HR-V generasi kedua yang dibuat ceper ekstrim.

“Bukan, ini basisnya Honda Jazz 2008. Tapi memang kita sudah ubah jadi dua pintu, atap chop top, full motorized,” buka Farid Ido dari tim Idea Custom Tech ketika ditemui Autofun.

Baca juga: Modifikasi Mitsubishi L300, Si Jambrong yang Bukan Lagi Losbak Sayur

Modifikasi Honda Jazz dengan Eksterior Bertema Tengkorak

Tampilan Honda Jazz aslinya sudah tak terlihat lagi

Karena penasaran, kami pun terus mengulik apa saja hasil modifikasi bengkel yang bermarkas di Jogjakarta itu. Mulai dari bagian eksterior Farid menjelaskan kalau mobil ini telah terpasang sistem motorized di 8 titik bodi. 

Dua untuk penyangga buka tutup kap mesin, satu bertugas di pintu kanan dan satu lagi di pintu sebelah kiri. Kemudian satu untuk membuka dan tutup bagasi belakang ke arah atas, satu lagi biar bagasi belakang buka ke bawah. Lantas bagian TV juga bisa naik dengan motorize, serta seperangkat alat DJ dapat maju ke luar, juga dengan sistem motorized.

Airbrush bertema tengkorak

Untuk sektor lainnya, atap mobil ini telah dipapas (chop top) sehingag tampil lebih ceper. Lantas pilar A diukur ulang sudut kemiringannya, dan pilar B posisinya lebuih mundur. Alhasil mobil berubah jadi dua pintu. “Kaca-kaca semua juga kita custom,” kata dia.

Hal menarik lainnya adlah kedua spion di mobil ini ternyata sudah menggunakan kamera. Lantas lampu depan dan belakang malah dicomot dari kepunyaan Toyota Fortuner yang tentu sudah di racik ulang secara custom supaya tampilannya beda.

Lampu depan punya Toyota Fortuner

Buat warna eksteriornya, Farid menjelaskan kalau seluruh bodi mobil pakai cat airbrush. Adalah bengkel Tomi Airbrush di bilangan Jakarta Barat yang diberi mandat melukis seluruh ekseterior mobil ini dengan tema skull alias tengkorak.

Baca juga: Modifikasi Honda City Hatchback RS Ini Tampil Keren Buat IMX 2021, Bodinya Dilukis Pakai Cat Semprot

Interior Full Custom Pakai TV, Alat DJ, dan PS4

Tersisa dua jok

Lanjut ke bagian interior, tehnik desain ulang secara mandiri ternyata juga diterapkan pada kabin mobil Honda Jazz ini. Mulai dari custom dasbor, jok, plafon, konsol-konsol, sampai setir. Ohya, mobil ini juga berubah jadi tinggal dua tempat duduk, karena ruang penumpang belakang diisi sistem entertaiment.

Setir juga custom

Antara lain ada 4 speaker yang mengarah ke ruang pengemudi dan penumpang, 2 speaker 6″ di area pintu, 4 speaker 8″ yang menghadap ke arah belakang, serta 2 subwoofer berukuran 12″. Buat motor penggerak komponen ini ada 3 power amplifier, dan satu processor.

Ada TV dan alat DJ

Gak cuma disitu, dari sisi ICE (In Car Entertainment), sudah terpasang juga beberapa monitor kecil di dasbor, serta di bagasi belakang ada TV 32 inci, konsol game PS4, dan DJ Controller.

Baca juga: Bukan Dirusak, Modifikasi Mobil Berarti Menambah Nilai Kendaraan

Pakai Mesin V8 Tanpa Rusak Bodi

Kemudian Farid juga menjelaskan untuk sektor kaki mobil ini terpasang velg Rotiform 18 inci berkonstruksi 3 piece. Adapun velg bagian depan lebarnya 10,5 inci dan 11,5 inci di balekang.

Paki air suspension dan coilover

Velg ini juga ditemani sistem BBK (Big Brake Kit) 6 pot di roda depan dan 4 pot pada roda belakang. Biar tampilan makin kandas, sudah pakai suspensi udara yang dikombinasikan coilover.

Mesin 1UZ V8 di ruang Honda Jazz

“Mobil ini spesial di engine-nya. Kenapa kita bilang spesial, karena dengan ruang mesin Jazz yang kecil kita bisa masukkan mesin V8 1UZ Twin Turbo tanpa merubah ruang mesin, kecuali buat dudukan baru,” jelas Farid.

Diukir secara handmade

Makin istimewa lantaran mesin ini kemudian diukir hampir diseluruh bagian termasuk komponen turbonya. “Untuk ukir kira kerjakan manual, itu sekitar 4 hari, homemade dari para pengrajin,” tutup dia.

Source: Modifikasi Honda Jazz, Tampil Ekstrim Cangkok Mesin V8

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com