Harganya Memang Mahal, Tapi Ada Banyak Manfaat Coating Mobil

Manfaat coating mobil akan terasa disaat masuk musim hujan. Akibat lapisan cat terluar sudah diberi proteksi, maka tampilan mobil jadi tidak mudah kusam. Kalau pun kotor, maka bodi mobil juga lebih mudah dibersihkan.

Karena perlu diketahui, cat mobil yang terus-menerus terkena air hujan akan berpengaruh pada keawetan cat dan bodi kendaraan itu sendiri. Munculnya waterspot, jamur bodi, hingga ancaman karat, dapat mudah timbul manakala kotoran dibiarkan menempel terus menerus.

Baca juga: Ini Fungsi Clear Coating Pada Cat Mobil

Harga Coating Mobil

Sebelum lebih jauh membahas manfaat coating mobil, Anda harus paham dulu apa sih maksud istilah ini. Coating merupakan proses menutup lapisan pori-pori pada cat bodi kendaraan.

Layanan coating kendaraan memang tarifnya cukup mahal

Ya meskipun mobil adalah benda mati, namun pada lapisan terluat dari cat di bagian eksterior ada lubang-lubang kecil seperti pori-pori. Apalagi kalau Anda beli mobil bekas yang usianya sudah cukup lawas. Kondisi cat kendaraan itu bisa saja mulai memudar karena pori-pori catnya sudah dipenuhi debu.

Nah proses penutupan pori-pori cat ini menggunakan cairan khusus berupa ceramic coating. Kandungan lapisan ini ada silikon dioksida, polysilazane dan bahan pelarut lainnya.

Meskipun saat pengaplikasian ceramic coating berbentuk cairan, namun ketika sudah terkena udara dalam waktu tertentu ia berubah keras dan mengkristal. Lapisan yang mengeras inilah yang akan jadi pelindung paling luar dari cat mobil.

Pori-pori cat ditutup pakai cairan ceramic coating

“Menghadapi musim hujan, pengendara harus ekstra hati-hati dan lebih memperhatikan kondisi dan tampilan kendaraannya. Salah satunya adalah dengan melakukan coating cat mobil agar tampilan eksterior kendaraan tetap terjaga, awet, dan tidak pudar,” jelas Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dalam keterangan resminya.

Ia juga menyarankan, untuk proses coating, Anda bisa lakukan di tempat penyedia layanan coating mobil. Adpaun untuk harganya sangat bervariasi. Biasanya harga coating mobil ditentukan dari jenis/ukuran kendaraan, dan jumlah lapisan coating yang akan diaplikasikan.

Scuto juga memiliki layanan coating yang berkualitas di Indonesia

Misalnya untuk mobil kecil jenis citycar seperti Toyota Ayla, Honda Brio atau Wuling Air ev, harga coating mobil mulai dari Rp1 juta hingga Rp5 juta. Sementara untuk mobil ukuran sedang seperti Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, atau Suzuki XL7, harga yang dipatok antara Rp3 jutaan sampai Rp10 juta.

Adapun untuk mobil ukuran besar seperti Toyota Alphard atau Hyundai Staria, dan supercar seperti Ferrari atau Porsche, harga coating mobil bisa di atas Rp15 juta. Harga ini tentu bisa saja berbeda di masing-masing tempat layanan coating.

Baca juga: Jangan Kaget, Segini Biaya Nano Ceramic Coating Honda Brio dan Model LCGC Lainnya

Manfaat Coating Mobil

Lapisan cat mobil jadi terlindungi

Kalau melihat tarif coating memang cukup mahal. Namun ada beberapa manfaat coating mobil yang bisa Anda dapatkan. 

1. Mencegah Waterspot

Penambahan lapisan coating pada cat dapat menghindari datangnya waterspot atau jamur yang disebabkan oleh air hujan yang meresap ke dalam pori cat mobil. Apabila coating telah dilakukan, air hujan yang menempel pada bodi mobil akan langsung turun dan tidak menetap di permukaan cat terlalu lama. Sehingga pada permukaannya tidak akan muncul noda yang sulit dihilangkan. 

2. Cat Mobil Mudah Dibersihkan

Kotoran tidak mudah menempel di cat mobil

Cat mobil yang sudah diberi lapisan ceramic coating biasanya memiliki efek daun talas. Artinya air hujan mudah jatuh ke permukaan tanah tanpa mengendap berlama-lama di permukaan cat. Kondisi ini membuat kotoran yang ada di permukaan cat bisa lebih mudah dibersihkan. Cukup siram dengan ari bersih, maka kotoran-kotoran seperti debu atau cipratan lumpur di jalan dapat mudah rontok.

@autofun.indonesia Save Videonya Biar Gak Lupa pas Mogok!🌟😁#mobil #tipsotomotif #learnontiktok ♬ original sound – AutoFun Indonesia

3. Melindungi dari Goresan Halus

Selain berpotensi menyebabkan timbulnya jamur, saat hujan deras juga ada ancaman lain yang bisa merusak lapisan permukaan cat mobil. Misalnya seperti cipratan air hujan dari kendaraan lain yang seringkali bercampur dengan debu maupun kotoran berpartikel kecil. Atau ranting pohon terjatuh dan mengenai bodi mobil yang sedang berjalan maupun terparkir. Kondisi itu dapat memberikan bekas goresan halus pada bodi mobil jika belum di-coating.

Baca juga: Setelah di Coating, Begini Perawatan yang Benar Biar Mobil Tetap Kinclong

4. Cat Terlihat Kinclong Terus 

Melakukan coating cat mobil juga menjadi salah satu metode perawatan yang bermanfaat untuk menjaga cat mobil tetap awet. Penambahan lapisan khusus membuat cat mobil tidak cepat memudar. Hal ini dapat menjadi solusi agar warna cat asli dapat dipertahankan kilau aslinya.

Source: Harganya Memang Mahal, Tapi Ada Banyak Manfaat Coating Mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com