Sementara dari India, Citroen C3 Nantinya Akan Diproduksi di Indonesia

Citroen C3, C5 dan e-C4 sudah menandai jika PT Indomobil Wahana Trada selaku distributor resmi Citroen siap bersaing di kancah otomotif nasional. Ketiga mobil ini pun statusnya masih Completely Built Up (CBU) atau diimpor utuh termasuk dari India.

Namun tahukah Anda, merek mobil asal Prancis itu ternyata tidak hanya fokus melakukan penjualan, tapi juga melakukan produksinya di Tanah Air.  Hal ini disebutkan Business Development Manager Indomobil Group, Stefan Hutahayan. 

Baca juga: 3 Mobil Citroen Resmi Meluncur di Indonesia, Termurah Rp200 Jutaan

Citroen C3
Citroen C3

“Pasti akan diproduksi di kita (Indomobil Group), di salah satu pabrik kita di area Purwakarta,” ungkap Stefan saat ditemui di Jakarta, Rabu (7/12/2022).

Dari ketiga mobil Citroen yang dipasarkan, Stefan mengatakan jika mobil yang kemungkinan akan diproduksi secara lokal adalah Citroen C3. Untuk tahap awal mobil ini akan dilakukan Completely Knock Down (CKD) atau dirakit secara lokal. 

Citroen C3
Citroen C3

“Saya pikir mungkin akhir atau kuartal III tahun depan baru akan ada titik terang (rencana produksi C3),” ucapnya. 

Sekedar informasi, untuk pasar Indonesia, saat ini C3 dikapalkan secara utuh langsung dari India, dengan mengusung transmisi manual lima percepatan. Rencananya, C3 baru akan tersedia di Indonesia pada Maret 2023 mendatang.

Baca juga: Mobil Listrik Citroen e-C4 Siap Saingi Toyota bZ4X dan Kia EV6, Apa Hebatnya?

Stigma Mobil India

Citroen C3
Citroen C3

Rencana C3 untuk dilakukan lokalisasi secara lokal, ternyata bukan karena semata-semata mobil tersebut buatan India. Kata Stefan, meski buatan negeri Bollywood, hal tersebut bukanlah sebuah masalah.

“Pabrik Citroen dimanapun berada memiliki standarisasi sesuai dengan standar Citroen Prancis. Jadi, tidak perlu dikhawatirkan finishingnya atau touch and feel nya,” jelas Stefan.

Citroen C3
Interior C3

Stefan juga membantah, jika ada yang menyebut stigma mobil India kurang memuaskan, maka hal tersebut adalah tidak benar adanya.

“Saya pikir kalau melihat mobil apa pun itu banyak di India, semua merek ada disana. Dan itu kebetulan tempatnya terpilih, pekerjanya profesional, tempatnya bagus. Saya pikir itu tak perlu dikhawatirkan,” kata dia.

Baca juga: Dealer Citroen Masih Sedikit, Bagaimana Untuk Layanan Servisnya?

Mesin Citroe C3
Mesin Citroen C3

Stefan juga menyatakan, meski C3 yang akan dihadirkan dari India ke Indonesia memiliki performa mumpuni. “Saya jamin terbaik di kelasnya, handling nya juga enak,” tutup Stefan. 

 

 

Source: Sementara dari India, Citroen C3 Nantinya Akan Diproduksi di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com