Perbandingan Performa Pertalite VS Revvo 90, Beneran Beda Jauh?

Yamaha Fazzio digeber di atas mesin dyno.
  • Pengukuran performa pakai mesin dyno.
  • Motor digeber selama lima kali untuk dapat hasil terbaik.

Saat ini bahan bakar oktan 90 jadi bahan bakar yang paling banyak dipakai masyarakat, termasuk bikers. Alasan utamanya adalah harganya yang relatif lebih terjangkau dari bahan bakar lainnya.

Tentunya isu kenaikan harga berdampak signifikan dan langsung mengundang kehebohan. Contohnya ketika harga Pertalite yang naik dari Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10.000 per liter.

Ditambah lagi banyak yang mengeluhkan konsumsi bensin motornya lebih boros, dan menyebut kualitas Pertalite menurun. Alhasil banyak yang beralih menggunakan bahan bakar swasta, salah satunya adalah Vivo Revvo 89.

Baca juga : Jadi yang Termurah, Harga Royal Enfield Hunter 350 2023 Cuma Rp 106,4 Juta

Meski harganya lebih mahal stok Revvo 89 kerap habis dan kini hilang, digantikan Vivo Revvo 90. Alasannya karena pemerintah melarang bahan bakar dengan oktan kurang dari 90 mulai tahun depan.

Dengan angka oktan yang sama dan menjadi jenis bahan bakar yang banyak dipakai, apakah benar kualitas dan kinerja Pertalite jauh lebih buruk dari Revvo 90?

Tenaga diukur dari roda belakang.

Diuji Pakai Mesin Dyno

Pengetesan menggunakan dua unit Yamaha Fazzio yang masing sama-sama gress, dan pinjaman dari Yamaha Indonesia. Kondisi motor tentunya full standar, sehingga pas untuk menguji bahan bakar.

Mesin dyno yang dipakai adalah Dynomite milik Ultraspeed di Gading Serpong, Tangerang. Pengujian dilakukan sampai lima kali running, hingga motor benar-benar lemas.

Grafik perbandingan Pertalite (garis tipis) dan Revvo 90 (garis tebal).

Tentunya data tenaga dan torsi terbaik yang diambil, dari masing-masing unit yang menggunakan Pertalite dan Revvo 90. Dan hasilnya?

Baca juga : Membandingkan Kenyamanan dan Performa Yamaha XMax VS Aprilia SR GT, Siapa Lebih Unggul?

Ternyata Pertalite unggul dari Revvo 90 nih, baik dari tenaga dan juga torsi. Meski sebenarnya perbedaannya tak begitu besar angkanya, masih nol koma sekian.

Yamaha Fazzio yang pakai Pertalite mampu mencatatkan tenaga 6,049 PS @4.515 rpm dengan torsi sebesar 9,4 Nm @4.515 rpm. Lalu unit yang pakai Revvo 90, mencatatkan tenaga 5,83 PS @4.807 rpm serta torsi 8,6 Nm @4.644 rpm.

Mesin dyno pakai Dynomite.

Ada selisih tenaga 0,219 PS serta torsi beda 0,8 Nm. Lumayan ya? Dari grafik dyno pun BBM Pertamina tersebut memang lebih unggul, dengan garis yang selalu ada di atas Revvo 90.

Sebagai informasi saja, harga Pertalite saat ini masih dilepas Rp 10.000 per liter. Sedangkan Revvo 90 saat ini Rp 12.000 per liter. Tinggal pilih deh mau pakai yang mana.

Source: Perbandingan Performa Pertalite VS Revvo 90, Beneran Beda Jauh?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com