Mulai Terlupakan, Nissan Magnite 2022 Jadi Alternatif Menarik Small SUV Selain Daihatsu Rocky

Pertarungan di segmen compact crossover cukup sengit karena cukup banyak model yang tersedia. Selain Daihatsu Rocky atau Toyota Raize, masih ada model lain yang kiprahnya kurang mendapat perhatian, seperti misalnya Nissan Magnite. Padahal, Nissan Magnite 2022 ini mengadopsi teknologi mesin dari Nissan GT-R. 

Secara harga, Nissan Magnite dijual dengan rentang harga antara Rp265,1 juta sampai dengan Rp293 juta. Tentunya tiap pabrikan punya fitur pamungkas masing-masing yang ditujukan sebagai andalan di produk yang mereka jual.

Baca juga:

Perang Mesin 1.0L Turbo: Daihatsu Rocky 2021 vs Nissan Magnite 2021. Siapa Paling Ideal?

Anggaran Rp250 Jutaan, Suzuki Baleno AT Kenapa Lebih Layak Dipilih Dibandingkan Nissan Magnite Premium CVT?

Nissan Magnite Tipe Upper Kini Ditambah Varian Transmisi CVT, Harganya Berapa?

Mengapa mobil keren seperti ini harganya bisa terjangkau? Sebab, Nissan memanfaatkan platform dari Renault Triber. Ini adalah implementasi aliansi Nissan-Renault secara global.

Dalam hal ini Nissan Magnite akan menggunakan platform milik Renault, yaitu CMF-A+. Daripada penasaran, mari kita ulas lawan berat dari Daihatsu Rocky yang sudah terlebih dulu hadir di Indonesia.

Nissan Magnite, Lawan Seimbang Rocky-Raize di Kelas 1.0 Liter Turbo

Lawan sepadan untuk menghadapi si kembar Rocky-Raize ialah Nissan Magnite. Walaupun mobil ini bikinan India namun Magnite kualitasnya cukup baik dengan teknologi yang menarik.

Siapa yang tak tergoda dengan mesin bensin dengan turbo? Dimensinya yang kompak dan desain SUV mini kekinian sangat pas untuk menjaring konsumen baru baik di kota besar 

Dikutip dari situs resminya, Nissan Magnite 2022 dibandrol mulai dari Rp265,1 juta sampai dengan Rp293 juta. Cukup terjangkau untuk sebuah crossover bermesin turbo. 

Nissan Magnite 2022 ini disebut sebagai upaya Nissan untuk memperluas pasarnya di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Desainnya sporty dan agresif khas anak muda. Bila melihat sekilas memang mirip dengan Nissan Kicks.

Performa Mesin Nissan Magnite Cukup Memuaskan

Mesin 3-silinder HRAO 1.0 liter turbo jadi andalan di Nissan Magnite. Dapur pacunya mampu menghasilkan tenaga puncak 100 PS pada 5.000 rpm dan torsi maksimal 160 Nm untuk varian bertransmisi manual 5-speed. Torsinya sedikit lebih kecil yaitu 152 Nm untuk varian bertransmisi CVT, yang dapat diperoleh sejak 2.800 rpm hingga 3.600 rpm. 

Mesinnya ini juga tergolong irit bahan bakar. Tipe manualnya bisa menempuh 20 km/l, sedangkan versi CVT-nya bisa menempuh 17 km/l. Transmisi CVT di Magnite memiliki banyak kelebihan yang menguntungkan pengguna mobil, mulai dari perpindahan rasio kecepatan sangat halus, tidak ada hentakan perpindahan gigi karena CVT memang tidak memiliki gearbox.

Lebih lanjut, mesin HRAO 1.0 liter turbo oleh Nissan disebut menggunakan teknologi mirror bore cylinder coating yang serupa dengan milik Nissan GT-R. Teknologi ini berfungsi untuk mengurangi gesekan di dalam mesin, mengurangi bobot, meningkatkan manajemen panas dan pembakaran, hingga menghasilkan akselerasi lebih halus sekaligus konsumsi bahan bakar yang efisien.

Fiturnya Cukup Komplit, Nissan Magnite Cocok Untuk Mobil Pemula

Dengan harga di bawah Rp300 juta, Magnite ini cocok untuk mobil kalangan pemula yang baru memiliki mobil. Banyak faktor yang membuat Magnite layak sebagai mobil pertama, mulai dari dimensinya yang ringkas, kedua adalah mesinnya yang tak terlalu besar dan ketiga adalah kehadiran fitur around view monitor plus hill start assist.

Bagi Anda yang mementingkan kehalusan dan kepraktisan mengemudi, bekal transmisi CVT milik Magnite tipe matic bisa menjawabnya. Head unit yang disematkan pada Nissan Magnite 2022 berukuran 8 inci dengan model floating screen yang sudah terintegrasi dengan Android Auto dan Apple CarPlay. Panel instrumen di mobil ini juga cukup canggih karena memakai 7” TFT advanced drive assist display. 

Fitur di Nissan Magnite juga cukup keren karena telah memiliki Camera 360 First-in-segment Around View Monitor, Cruise Control, dengan Hill Start Assist, Vehicle Dynamic Control (VDC), termasuk Traction Control. Tak kalah penting, Nissan membekali Magnite dengan fitur Tire Pressure Monitor untuk memberi tahu pengemudi dari dalam mobil jika tekanan angin berada di bawah tekanan minimum.

Desain dan Dimensi Nissan Magnite, Proporsional Untuk Anak Muda Ibukota

Pada bagian wajahnya, Nissan Magnite 2022 ini memiliki grille heksagonal besar khas Nissan dan logo Nissan yang baru. Pada bagian samping, kesan sporty muncul dari garis lengkungan pada bagian bodinya. Senada dengan bagian depan dan sampingnya, desain bagian belakang Nissan Magnite 2022 ini juga tampak maskulin dan sporty.

Berbicara dimensi, Nissan Magnite 2022 memiliki panjang 3.994 mm, lebar 1.758 mm dan tinggi 1.572 mm serta wheelbase 2.500 mm. Ukurannya cukup ringkas dan didukung dengan penampilan yang stylish membuat mobil ini cukup keren sebagai mobil harian anak muda di kota besar. 

Namun ukuran roda dan ban yang diameter kurang besar membuat Magnite ini jadi terkesan cingkrang. Kalau saja pakai ban tebal mungkin kaki-kaki lebih gagah.

Interior Nissan Magnite 2022, Proporsional Untuk 5-Penumpang 

Nissan Magnite 2022 ini memang sangat cocok dijadikan mobil keluarga kecil. Apabila cuma untuk lima penumpang maka Magnite ini ideal karena memiliki kabin yang cukup leluasa. 

Tidak hanya itu, kapasitas bagasinya pun cukup luas untuk ukuran small SUV. Dengan begini, kita tidak perlu khawatir jika harus bepergian dengan membawa banyak barang. 
 

Source: Mulai Terlupakan, Nissan Magnite 2022 Jadi Alternatif Menarik Small SUV Selain Daihatsu Rocky

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com