Jangan Salah Beli, Ini Bedanya Honda Jazz GK5 Bekas Tipe S dan RS

Perbedaan Honda Jazz S dan RS

Honda Jazz GK5 diluncurkan di Indonesia pada tahun 2014 guna menggantikan model sebelumnya yang berkodekan GE8. Di Tanah Air generasi terakhir Jazz ini sudah tidak lagi dijual sejak Februari 2021 berbarengan dengan kemunculannya City Hatchback.

Meski kondisi barunya sudah tidak lagi dijual, secara popularitas Honda Jazz bekas masih banyak diburu khususnya mereka para kaula muda. Jika kalian tertarik membelinya, di CARSOME mobil ini ditawarkan mulai dari Rp190 jutaan.

Memiliki kesan baik, secara penampilan Jazz generasi ketiga terlihat proper, sporty dan dinamis. Dari segi gaya berkendaranya, mobil ini terasa nyaman, responsif serta irit bahan bakar. Guna menjawab akan kebutuhan konsumen, Honda Jazz GK5 awalnya hadir dalam varian A, S dan RS.

Karena kurang begitu dimnati pasar, tak selang berapa lama kemunculan pertamanya tipe A sudah tak lagi dijual dengan menyisakan varian S dan RS. Jazz tipe S jadi tipe basic atau model paling bawah. Sedangkan tipe paling atas, RS, varian ini tampak lebih sport dengan dilengkapi fitur yang kian komplit. Agar tidak salah beli, ada baiknya simak perbedaan kedua tipe di bawah ini.

Baca juga: Review Honda Jazz 2021, Model Terakhir Yang Masih Diburu Hingga Kini

Honda Jazz GK5 RS Pakai Body Kit dan Sudah Dapat LED Projector  

Perbedaan Honda Jazz S dan RS
Tampilan depan Honda Jazz GK5 RS

Perbedaan antara tipe S dan RS Honda Jazz GK5 pertama pada tampilan luarnya. Tipe RS nya mobil ini menerapkan gaya desain yang mengedepankan konsep agresif, stylish dan gagah guna mendongkrak aura sporty yang lebih kental.

Seperti yang terlihat varian teratasnya mendapat tambahan difusser, spoiler, body kit pada bumper depan dan belakang, serta side skirt di bagian samping. Untuk sistem pencahayaan berhasil menganut teknologi LED projector dengan mode Auto-leveling, dan DRL LED untuk memberikan tingkat visibilitas yang baik terhadap pengemudi ketika berkendara di malam hari.

Perbedaan Honda Jazz S dan RS
Tampilan depan Honda Jazz GK5 S

Berbeda dengan varian RS, untuk lampunya tipe S masih mengandalkan bohlamp halogen biasa.

Perbedaan lain ada pada lingkar rodanya. Jazz RS menggunakan velg alloy R16 Two-tone model multi-spoke yang dibungkus ban berprofil 185/ 55. Untuk tipe S, lingkar rodanya mengandalkan velg alloy R15 dengan ban 175/65R15 yang dilabur warna silver.

Untuk diketahui, tipe RS spionnya mendapatkan fitur retractable yang memudahkan pemiliknya ketika ingin melipat spion.

Baca juga: Segini Cicilan Honda Jazz Untuk DP Rendah

Tampilan Dalam Tipe S Terlihat Polosan

Perbedaan Honda Jazz S dan RS
Interior Honda Jazz GK5 S

Tak hanya eksterior, untuk tampilan interior tipe S juga terlihat sederhana. Seperti yang bisa dilihat untuk sistem hiburannya hanya mengandalkan head unit 2-din 6,2 inci yang belum tersambung dengan tombol pada lingkar kemudi.

Selain itu pada pengaturan AC nya juga terbilang jadul masih menggunakan model knob putar meski memiliki beberapa arah semburan. Oh iya, untuk menyalakan atau mematikan mesinnya pun masih model putar melalui kontak di bawah kanan setir. Untuk pengaturan setirnya juga hanya bisa dilakukan naik turun atau tilt steering.

Perbedaan Honda Jazz S dan RS
Interior Honda Jazz GK5 RS

Lalu bagaimana dengan varian RS? Secara penampilan untuk interiornya tipe teratasnya terlihat lebih sporty dan prestisius. Hal ini dikarenakan untuk beberapa bagian seperti setir dan shift knobnya dibungkus menggunakan bahan kulit. Tampilan dashboardnya pun terlihat lebih mewah, terlebih sistem hiburannya sudah menggunakan head unit layar sentuh 8 inci yang mendukung format radio, MP3/WMA + USB Port + HDMI Port + AUX Input +Bluetooth + Smartphone Connection yang ditambahkan tweeter.  

Diferensiasi lainnya terlihat antara tipe S dan RS dimana varian teratasnya untuk pengaturan AC sudah menggunakan tampilan digital. Terasa ergonomis, untuk menyalakan atau mematikan mesinnya sudah menggunakan tombol di sebelah pengaturan AC nya, dan sistem hiburannya tersambung dengan switch audio control steering pada lingkar kemudi.

Tak hanya tombol audio, pada setirnya tipe RS juga berhasil dilengkapi tombol cruise control yang berfungsi membantu pengendara mengatur kecepatan konstan jika kondisi jalan memungkinkan.  

Tidak ketinggalan khusus varian RS mobil ini sudah mendapatkan fitur tambahan berupa paddle shift untuk transmisi matic di balik lingkar kemudinya. Oh iya, selain tilt, pengaturan setirnya juga sudah dilengkapi telescopic yang bisa distel maju mundur.

Sebagai informasi, untuk fitur keamanannya tipe teratas Honda Jazz berhasil tersematkan smart key dan keyless entry. Selain mudah dioperasikan fitur ini tentunya juga dapat meminamilisir dari tindak pencurian.

Baca juga: Ini Alasan Honda Jazz RS 2020 Masih Layak Dipilih Dibandingkan Honda City Hatchback RS 2021

Source: Jangan Salah Beli, Ini Bedanya Honda Jazz GK5 Bekas Tipe S dan RS

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com