Desain Paten Honda CB300F Muncul di Indonesia, Bakal Jadi Pesaing Yamaha MT-25?

paten desain Honda CB300F
Sosok Honda CB300F masuk daftar paten di Indonesia.

Ada kabar menarik mengenai produk anyar dari PT Astra Honda Motor (AHM) yang terpantau di berita desain industri Kementerian Hukum dan HAM RI belum lama ini. Pasalnya, ada desain paten dari naked bike yang ditengarai Honda CB300F yang diajukan oleh pabrikan asal Jepang itu di Indonesia.

Paten desain tersebut diajukan oleh Honda Motor Co. Ltd yang beralamat di Jepang. Tercantum tiga desainer dari motor ini, yakni Akihiro Komatsu dan Takumi Tsutsumi dari Jepang, serta Rafael C. De Araujo dari Brazil.

Spekulasi pun bermunculan di kalangan penggemar sepeda motor Tanah Air mengenai kehadirannya. Sebab motor tersebut bukanlah produk yang benar-benar baru karena sudah dijual di beberapa negara. Termasuk di India dan Brazil.

Baca Juga: Harga Motor Sport Bekas Ini Setara DP Toyota Veloz Baru, Berminat?

Desain Honda CB300F Agresif

Ditilik dari desain eksteriornya, sosok Honda CB300F memang terlihat agresif. Hal ini diwakili dari desain batok lampu utama yang serba tajam. Sekilas memang mirip Honda CB150R Streetfire, tapi dimensinya sekilas lebih besar. 

Desainnya sangar

Kesan agresif ini didukung bodi yang penuh lekuk berotot dengan sudut runcing. Seperti terlihat pada panel tank shroud dan bodi belakangnya dengan kesan gahar.

Selain itu, kaki-kaki juga mendukung kesan kekarnya. Seperti terlihat dengan adanya suspensi depan up side down dan monosok di belakang. Ada juga rem cakram di kedua roda.

Baca Juga: Membandingkan Kenyamanan dan Performa Yamaha XMax VS Aprilia SR GT, Siapa Lebih Unggul?

Mesin Kurang Cocok Buat di Indonesia

Sayangnya, tampilan sangar dari Honda CB300F tidak serta merta bakal bisa diterima pasar di sini. Hal ini disebabkan secara spek dan volume yang tanggung.

Tampangnya gahar.

Seperti mesin bervolume 293,52 cc, dengan ukuran bore x stroke 77,0 mm x 63,0 mm. Secara kapasitas, mesin ini tak menguntungkan karena harganya bakal jauh lebih mahal dari motor 250 cc terkait pajak di sini.

Selain itu, sistem pendinginannya masih berupa oil cooler yang notabene mirip Suzuki Gixxer SF 250. Bukan radiator seperti selera konsumen motor sport di Indonesia. 

Padahal tenaganya cukup baik, karena mampu menghela daya 24 PS pada 7.500 rpm dan torsi 25,5 Nm pada 5.500 rpm. Mesin tersebut dilengkapi transmisi manual 6 percepatan.

Spekulasi Kehadiran di Indonesia

Sejak hengkangnya Honda Tiger pada tahun 2013 silam pabrikan berlogo sayap itu belum punya jagoan di kelas naked 200 cc ke atas. Saat ini, segmen naked bike Honda hanya diwakili CB150R Streetfire dan CB150 Verza. Sehingga kehadiran penerus Honda Tiger cukup dinanti.

Pakai mesin pendingin udara.

Meski demikian, segmen motor sport naked di Indonesia, terutama kelas 250 cc tidaklah ramai. Dari pabrikan Jepang saja hanya tersisa Yamaha MT-25. Sedangkan Suzuki Inazuma dan Kawasaki Z250 sudah pamit lebih dulu.

Kompetitor selain Yamaha MT-25 hanya diisi dari produk-produk non Jepang. Semisal CFMoto CL-X, KTM Duke 250 dan Benelli TnT 249. So, tetap bakal masuk nggak ya?

Source: Desain Paten Honda CB300F Muncul di Indonesia, Bakal Jadi Pesaing Yamaha MT-25?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com