Alasan Kenapa Royal Enfield Hunter 350 Tak Punya Navigasi Tripper

Royal Enfield Hunter dijual mulai Rp 106 jutaan.
  • Navigasi Tripper akan dijual sebagai aksesoris.
  • Kendala chip semikonduktor jadi sebabnya.
  • Hunter jadi model terbaru untuk pasar global.

Dikenalkan hari Selasa (6/12/2022) untuk pasar Indonesia, Royal Enfield Hunter 350 2023 langsung menerima banyak pesanan. Bahkan saat seremonial peluncuran, langsung ada serah terima kunci untuk beberapa pemesan.

Tak heran jika motor ini menerima banyak animo positif. Pertama karena harganya jadi model Royal Enfield yang paling terjangkau, mulai dari Rp 106,4 juta sampai Rp 108,2 juta on the road Jakarta.

Harga tersebut terhitung menggiurkan, walau sejatinya bisa lebih murah karena di India sana cuma Rp 30 jutaan dan di Thailand sekitar Rp 50 jutaan saja. Ya, pengenaan PPnBM sampai 60% bikin harganya melonjak.

Baca juga : Ternyata Royal Enfield Hunter 350 2023 Versi Indonesia dan Global Ada Bedanya, Apa Saja?

Tapi salah satu faktor yang membuat harganya masih menggiurkan adalah absennya fitur navigasi Tripper, atau navigasi turn by turn yang dikembangkan Royal Enfield bersama Google.

Padahal di negara lain model ini sudah menyematkan teknologi tersebut. Kira-kira apa alasannya? Apakah karena demi mengejar harga murah?

Navigasi turn by turn Royal Enfield Tripper.

“Seperti yang kita ketahui, kelangkaan chip semikonduktor mengambat seluruh industri, termasuk otomotif. Kami pun terganggu kelangkaan chip tersebut,” buka Anuj Dua, Head Business APAC Markets Royal Enfield.

“Itulah kenapa Royal Enfield Hunter 350 untuk Indonesia tidak punya navigasi Tripper. Namun jika masalah chip sudah beres, kami akan menjualnya sebagai aksesoris dan konsumen bisa membelinya,” lanjutnya.

Desain Maskulin Royal Enfield Hunter 350

Dibandingkan Royal Enfield Classic 350 yang bertampang vintage ala motor perang, atau Royal Enfield Meteor yang bergenre cruiser, maka Royal Enfield Hunter 350 ini lebih masuk kesemua orang.

Baca juga : Galeri Foto: Detail Royal Enfield Hunter 350 2023, Scrambler Gagah Harga Murah

Desain maskulin.

Tampilannya bergaya scrambler, atau pabrikan menyebutnya roadster, yang berkesan maskulin. Konsumen tua sampai muda pantas mengendarai motor ini, dengan styling yang manly, maka cocok untuk dibawa nongkrong.

“Kami mendesain motor ini agar dapat digunakan untuk siapa saja, membuatnya kompak, nyaman dan praktis. Ini motor termuda kami, ini motor baru buat kami,” lanjut Anuj.

Beralih ke sektor mesin, Royal Enfield Hunter 350 2023 memiliki platform J1. Mesin tersebut bervolume 350 cc, satu silinder berpendingin udara. Tenaganya 20,2 PS pada 6.100 rpm dan torsi 27 Nm pada 4.000 rpm. 

 

Source: Alasan Kenapa Royal Enfield Hunter 350 Tak Punya Navigasi Tripper

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com