Ternyata Royal Enfield Hunter 350 2023 Versi Indonesia dan Global Ada Bedanya, Apa Saja?

Royal Enfield Hunter
Royal Enfield Hunter 350 di Indonesia punya sedikit perbedaan dari versi global
  • Di versi global punya pelek jari-jari.
  • Harga jualnya jauh berbeda dari di India.

Motor bertampang retro modern, Royal Enfield Hunter 350 2023 baru saja meluncur di Indonesia pekan ini. Sebelumnya, motor tersebut sudah lebih dulu hadir di Thailand sebagai lokasi basis produksi.

Di Indonesia, Royal Enfield Hunter 350 2023 dijual dalam dua pilihan. Keduanya adalah tipe Metro Hunter Dapper Series yang dilepas Rp 106,4 juta dan Metro Hunter Rebel Series seharga Rp 108,2 juta.

Ternyata meski statusnya diimpor dari Thailand, namun tetap ada sejumlah perbedaan antara versi yang dijual di Indonesia dan pasar global. Hal tersebut lebih pada bagian dan fitur detail. Sedangkan keseluruhan eksterior tidaklah berpengaruh secara signifikan.

Baca Juga: Galeri Foto: Detail Royal Enfield Hunter 350 2023, Scrambler Gagah Harga Murah

Kaki-kaki dan Pengereman

Untuk varian yang dijual di Indonesia, Royal Enfield hanya menyediakan pelek palang sebagai pilihan di kedua tipenya. Sementara di versi global, Royal Enfield Hunter 350 2023 juga ditawarkan dengan pelek jari-jari. 

Hanya pakai pelek palang.

Julukan pada tipe berpelek jari-jari adalah Retro Hunter Series yang punya sistem rem tromol di roda belakang. Ternyata hal ini bukan tanpa alasan.

Dijelaskan oleh Anuj Dua, Head Business APAC Markets Royal Enfield, absennya varian jari-jari di Indonesia terkait kebutuhan konsumen akan rem ABS. Ini karena di versi jari-jari hanya dibekali rem ABS single channel.

“Kenapa tak bawa versi spoke wheels (jari-jari)? Karena rem double channel ABS hanya ada di versi palang. Sedangkan di versi jari-jari masih single channel. Sehingga diputuskan untuk membawa varian cast wheels (pelek palang) saja,” ucapnya.

Baca Juga: Membandingkan Kenyamanan dan Performa Yamaha XMax VS Aprilia SR GT, Siapa Lebih Unggul?

Absennya Aplikasi Tripper Navigator

Selain itu, di edisi Royal Enfield Hunter 350 2023 yang dilepas di Indonesia juga belum dilengkapi aplikasi Tripper Navigator. Padahal fitur ini tertanam sebagai standar di versi globalnya.

Hanya ada panel spidometer.

Bahkan Tripper Navigator pun hadir di tipe yang dilepas sebelumnya di Indonesia, yakni Royal Enfield Meteor 350. Di mana Meteor 350 memiliki sistem navigasi Tripper, yang pertama di Royal Enfield. 

Fitur ini didukung oleh Google Maps dan Aplikasi Royal Enfield yang menghubungkan smartphone dengan sepeda motor melalui Bluetooth. Mirip sistem navigasi di fitur TVS SmartXonnect.

Harga Jadi Jauh Lebih Mahal

Seperti diketahui, pajak dari motor dengan mesin 250 cc ke atas di Indonesia sangatlah tinggi. Di India harga dari motor ini hanya 166.901 Rupee atau Rp 31 juta di tipe Metro Dapper.

Pajak tinggi membuat harganya tembus Rp 100 juta.

Sedangkan tipe tertingginya, hanya 171.900 Rupee atau setara Rp 32,6 juta saja untuk tipe Metro Rebel. Jauh lebih murah dari banderol di Indonesia dengan rentang harga Rp 106,4-108,2 juta.

Source: Ternyata Royal Enfield Hunter 350 2023 Versi Indonesia dan Global Ada Bedanya, Apa Saja?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com