Hyundai Creta Dapat Lima Bintang ASEAN NCAP, Lebih Baik dari Stargazer

  • Hasil Hyundai Creta ASEAN NCAP juga diumumkan bersamaan dengan Stargazer.
  • Creta berhasil mendapatkan lima bintang dari ASEAN NCAP.
  • Hasil uji tabrak ini lebih baik dibanding Stargazer yang hanya mendapat empat bintang.

Selain Stargazer, hasil uji Hyundai Creta ASEAN NCAP juga dirilis. Seperti Stargazer, unit yang diuji ini juga diproduksi di Indonesia untuk negara-negara Asia Tenggara, seperti Thailand, Vietnam, Malaysia, Filipina, dan Brunei.

Creta pun menjadi mobil Hyundai keenam yang menjalani uji tabrak ASEAN NCAP. Beberapa mobil Hyundai yang dimaksud mulai dari Eon, i10, Elantra, hingga Ioniq.

Baca juga: Sudah Ada Dual Airbags, Suzuki S-Presso Hanya Dapat 3 Bintang Saat Uji Tabrakan

Dapat lima bintang dari ASEAN NCAP

Berbeda dengan Stargazer yang hanya mampu mendapat empat bintang, hasil Hyundai Creta ASEAN NCAP berhasil meraih lima bintang dengan nilai keseluruhan 75,78 poin.

Jika dirinci, nilai ini didapat dari kategori Adult Occupant Protection dengan angka 24,78 poin, lalu Child Occupant Protection sebesar 39,97 poin, Safety Assist sebesar 14,79 poin, dan Motorcyclist Safety sebesar 9,14 poin.

Baca juga: Diuji Tabrak ASEAN NCAP, Hyundai Stargazer Hasilnya Masih Kalah dari Veloz dan BR-V

Penilaian Hyundai Creta ASEAN NCAP

Uji benturan samping

Serupa dengan model LMPV-nya, unit Creta yang diuji adalah tipe Active yang menempati posisi tipe terendah, serta tampak juga tipe flagship yang digunakan dalam pengetesan fitur driving assist.

Meski begitu, Creta tipe Active memang memiliki fitur keselamatan yang sedikit lebih lengkap dibandingkan Stargazer tipe Active. Selain dual airbag, ABS+EBD, dan ISOFIX, Creta tipe Active juga sudah memiliki VSC dan HSA.

Baca juga: Yahud Saat Uji Tabrak, Toyota Veloz 2022 Buatan Indonesia Raih 5 Bintang Asean NCAP

Uji Hyundai Smartsense di Creta

Performa uji tabrak ditunjukkan dengan sebagian besar bagian tubuh pengemudi dan penumpang yang mendapat perlindungan lebih baik saat benturan depan dibandingkan Stargazer. Kecuali perlindungan pada betis kedua kakinya yang masuk kategori “cukup”.

Fitur Hyundai Smartsense juga ikut diuji oleh pihak ASEAN NCAP khususnya fitur autonomous emergency braking saat menghadapi objek depan (khususnya mobil) dan blind spot detection dengan mendeteksi pesepeda motor di samping mobil.

Source: Hyundai Creta Dapat Lima Bintang ASEAN NCAP, Lebih Baik dari Stargazer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com