Diuji Tabrak ASEAN NCAP, Hyundai Stargazer Hasilnya Masih Kalah dari Veloz dan BR-V

  • Hasil uji Hyundai Stargazer ASEAN NCAP diumumkan Rabu (07/12/2022).
  • Stargazer mendapatkan empat bintang dari ASEAN NCAP.
  • Pencapaiannya masih di bawah Toyota Veloz dan Honda BR-V

Hasil Hyundai Stargazer ASEAN NCAP baru saja diumumkan. LMPV kebanggaan Hyundai itu pun dinyatakan telah lolos uji tabrak atau crash test. 

Secara umum, Stargazer berhasil meraih empat bintang dalam pengetesan oleh pihak ASEAN NCAP dengan skor keseluruhan sebesar 66,48 poin. Disebutkan pula oleh pihak ASEAN NCAP, jika unit yang diuji sama dengan yang dipasarkan di Indonesia, Brunei, Filipina, Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Laos.

Baca juga: Bukan Stargazer, Tapi Mobil Hyundai Ini yang Penjualannya Paling Banyak di Indonesia

Unit yang diuji Hyundai Stargazer tipe Active hingga Prime

Angka ini didapat dari kategori Adult Occupant Protection sebesar 24,97 poin, lalu Child Occupant Protection sebesar 36,92 poin, Safety Assist sebesar 12,64 poin, dan Motorcyclist Safety sebesar 7,00 poin.

Memang capaian yang didapat Stargazer masih di bawah beberapa kompetitornya. Antara lain Toyota Veloz dan Honda BR-V yang meraih masing-masing dengan nilai 79,99 poin dan 77,02 poin.

Baca juga: Perang LMPV: Hyundai Stargazer Popularitasnya Merosot, Toyota Avanza Masih Perkasa

Hasil Hyundai Stargazer ASEAN NCAP untuk Semua Tipe

Uji tabrak depan dan samping

Pada video yang diunggah di kanal YouTube resmi ASEAN NCAP, tampak beberapa unit Stargazer yang digunakan dalam pengetesan, mulai dari tipe Active hingga tipe Prime untuk mengetes fitur driving assist.

Tipe Active sendiri memiliki beberapa fitur keselamatan dasar seperti dual airbags, ABS+EBD, dan ISOFIX, namun belum dilengkapi VSC dan HSA. Sedangkan tipe Prime jadi satu-satunya yang punya fitur Hyundai Smartsense.

Baca juga: Modal ADAS dengan Harga Lebih Murah, Hyundai Stargazer Prime Bikin Rivalnya Semakin Teringgal

Diuji juga fitur Hyundai Smartsense

Pada pengetesan benturan depan atau front impact, betis kaki kanan menjadi bagian tubuh yang terkena reaksi cukup parah. Sedangkan pada uji benturan samping, bagian dada dan perut juga mendapatkan perlindungan marginal.

ASEAN NCAP juga mengetes fitur driving assist pada Stargazer yaitu Autonomous Emergency Braking Assesment dan Blind Spot Detection Assesment. Hasilnya, kedua fitur tersebut bekerja fungsional sesuai dengan ketentuan dari ASEAN NCAP.

Stargazer diproduksi di pabrik Hyundai Indonesia

 

 

 

 

 

 

Source: Diuji Tabrak ASEAN NCAP, Hyundai Stargazer Hasilnya Masih Kalah dari Veloz dan BR-V

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com