Membandingkan Kenyamanan dan Performa Yamaha XMax VS Aprilia SR GT, Siapa Lebih Unggul?

Yamaha XMax vs Aprilia SR GT
Yamaha XMax vs Aprilia SR GT
  • Keduanya punya karakter berbeda.
  • Harga jualnya hanya terpaut sedikit.

Di segmen skuter matic berbanderol Rp 60 jutaan, ada dua motor yang bisa dipertimbangkan. Diantaranya ada Yamaha XMax 250 dan Aprilia SR GT.

Soal harga, versi terbaru Yamaha XMax 250 dilepas Rp 66 juta dan model lamanya Rp 62 jutaan. Lalu Aprilia SR GT dengan harga Rp 61,5 juta. Seluruh harga berstatus on the road Jakarta. 

Dari segi volume mesin, selisih keduanya juga tak terlalu jauh. Di mana Yamaha XMax 250 berbekal mesin 249,8 cc dan Aprilia SR GT punya mesin 174 cc. Keduanya punya detail spek 1-silinder, 4 katup SOHC, berpendingin cair.

Baca Juga: Honda Ramaikan Electric Fun Day di Bandung Dengan PCX Electric

Perbandingan Kenyamanan Berkendara

Autofun sudah menguji dua motor tersebut dari segi kenyamanan berkendara dan performa. Namun saat pengujian, yang dipakai adalah Yamaha XMax 250 versi 2017. Sedangkan Aprilia SR GT merupakan produk yang baru dirilis tahun ini.

Performa keduanya cukup berbeda

Pada sektor kenyamanan, Yamaha XMax cukup mengakomodir kebutuhan pengendara dan pembonceng lewat joknya yang lebar dan menopang posisi duduk cukup baik. Jok lebarnya punya konsekuensi kaki yang agak melebar saat berhenti.

Bagi pengendara, tersedia dua posisi kaki, bisa tegak dan rileks. Sayangnya, untuk posisi kaki rileks tak bisa benar-benar selojoran santai seperti Yamaha NMax. Sebab ada celah di bagian bawah yang membuat posisi kaki terasa nanggung.

Sedangkan Aprilia SR GT punya jok ramping dengan lumbar support. Sedangkan posisi pembonceng punya area yang jauh lebih ramping dari Yamaha XMax. Namun masih cukup bagi postur orang Indonesia.

Posisi kaki Yamaha XMax nanggung

Tapi ada juga dua posisi kaki di Aprilia SR GT. Diantaranya posisi tegak dan rileks. Tapi sudut yang dihasilkan keduanya berbeda, karena Aprilia SR GT punya sudut setang dan ketinggian jok yang berbeda.

Baca Juga: Ramai Pelat Nomor Palsu, Polisi Kembali Berlakukan Tilang Manual

Performa Berkendara Berbeda

Produk Maxi Yamaha punya kelebihan untuk dibawa pada perjalanan jauh. Apalagi ada windshield tinggi yang bisa diatur posisinya dan bagasi luas yang menunjang kebutuhan touring.

Dimensi beda signifikan.

Selain itu, motor tersebut ditunjang dengan bodi yang gambot dan mesin yang bertenaga lebih besar. Di mana Yamaha XMax bertenaga 22,8 PS di 7.000 rpm dengan torsi 24,3 Nm di 5.500 rpm.

Sedangkan Aprilia SR GT dibekali karakter yang lincah dengan dimensinya yang ramping. Serta kemudahan selap selip di kemacetan kota lewat posisi berkendara dan setangnya.

Aprilia SR GT cocok buat harian

Namun untuk keluar kota, motor dengan mesin bertenaga 18 PS di 8.500 rpm dan 16,5 Nm per 7.000 rpm ini masih harus mengakui keunggulan gacoan Yamaha itu. Selain kalah tenaga, akomodasi barang dan fitur juga lebih minim. Jadi lebih cocok dijadikan motor harian di perkotaan.

Untuk detailnya, bisa cek video berikut ini:

Source: Membandingkan Kenyamanan dan Performa Yamaha XMax VS Aprilia SR GT, Siapa Lebih Unggul?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WelfulloutDoors.com