Harga Bekas di Bawah Rp100 Juta, Apa Keistimewaan Toyota Kijang Kapsul Diesel?

Toyota Kijang Kapsul diesel

Pada tahun 1997 PT Toyota Astra Motor menghadirkan Kijang Kapsul versi diesel. Kehadiran Kijang penenggak solar ini selain opsi lain dari mesin bensinnya, tak lain untuk melawan kedigdayaan Isuzu Panther yang sudah lama bermain secara tunggal di segmen MPV bermesin diesel.

Namun sayang, permintaan pasar terhadap Toyota Kijang Kapsul diesel tak sebanyak versi bensinnya sehingga membuat populasinya kini kian jarang ditemui di jalan.

Sebagai informasi, di situs Mobil123.com Kijang Kapsul diesel lansiran tahun 2004 ditawarkan Rp90 jutaan. Sedangkan tahun produksi 1999 hingga 2000 berada di angka Rp80 jutaan.

Pasaran harga bekas di bawah Rp100 jutaan, apa sih keistimewaan Toyota Kijang Kapsul diesel? Supaya tidak penasaran simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Rp80 Jutaan, Pilih Toyota Kijang Innova 2005 atau Toyota Kijang Kapsul 2003?

1. Toyota Kijang Kapsul Diesel Terlihat Modern dan Punya Fitur Lengkap

Toyota Kijang Kapsul diesel

Jika dilihat secara penampilan Toyota Kijang Kapsul diesel terlihat lebih modern dibandingkan pesaingnya Isuzu Panther. Selain modern, modelnya juga mampu memberikan tingkat keaerodinamisan berkendara lebih baik sehingga terasa stabil ketika dipacu dalam kecepatan tinggi. 

Disamping itu mobil ini juga memiliki fitur lengkap. Hal tersebut dikarenakan untuk Kijang Kapsul diesel hanya terdapat di varian LGX dan Krista.

Mengenai fiturnya, mobil ini berhasil tersematkan electric mirror, rear wiper, tweeter dengan empat buah speaker, consol tengah, arm rest, pengaturan tinggi rendahnya jok pengemudi, arm rest di baris pertama, power window, power steering, dan AC double blower.

Oh iya, untuk baris ketiganya juga sudah menghadap ke depan dengan jok dan door trim yang dibungkus material fabric.

Khusus tipe Krista, mobil ini tampil lebih gagah dan prestisius pada kosmetiknya karena bagian luarnya sudah dilengkapi over vender, bumper lebih add on, side body moulding dan foot step. Sedangkan di dalam mendapat tambahan aksen wood pandel di beberapa bagian trimnya.

2. Suspensi Toyota Kijang Kapsul Diesel Terasa Empuk

Selain stabil, untuk bantingan yang dihasilkan Toyota Kijang Kapsul diesel terasa empuk ketika melewati jalan berkontur terlebih saat diisi penumpang full hingga 7 orang.

Pada bagian depannya untuk suspensi yang digunakan berjeniskan double wishbone, sedangkan di roda belakangnya menggunakan Rigid axle isoclamp.

Menghasilkan bantingan yang empuk, tentunya penumpang dan pengemudi akan merasa lebih nyaman disaat berpergian.

3. Irit Bahan Bakar

Jantung pacunya mobil ini dibekali mesin berkodekan 2L yang sama persis juga digunakan Toyota Hiace. Menurut data, mesin diesel berkapasitas 2.400 cc yang disematkan sanggup meletupkan tenaga 86 PS pada 4.200 rpm dan torsi puncak mencapai 165 Nm di putaran 2.500 rpm.

Memiliki torsi lebih besar 10 Nm dibanding versi bensinya, untuk konsumsi BBM nya mobil ini terbilang irit. Menurut beberapa sumber yang pernah melakukan pengetesan, mobil ini sanggup menempuh jarak hingga 13-14 km/liter untuk penggunaan dalam kotanya. Sedangkan untuk pemakaian luar kota, angka yang diperolehnya bisa mencapai 16 km/liter.

Baca juga: Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova Bensin 2004 Kok Lebih Boros Dari Versi 2008, Apa Sebabnya?

4. Spare Part Melimpah di Pasaran

Meski populasinya tidak terlalu banyak, untuk spare part varian dieselnya mobil ini sangat melimpah di pasaran. Pada bagian jantung pacunya mempunyai kesamaan dengan Toyota Hiace.

Selain mesin, bagian lain seperti kaki-kaki dan body untuk suku cadangnya juga masih mudah untuk dijumpai di seluruh penjuru nusantara.  Oh iya, mengenai harga spare part Kijang Kapsul diesel juga terjangkau, sehingga jangan khawatir akan menguras isi dompet terlalu dalam.

5. Perawatan Mudah

Mengenai perawatannya Toyota Kijang Kapsul diesel tak serumit apa yang dibayangkan. Kalian cukup mengganti filter solar dan pelumas secara teratur. Selain itu juga melakukan penyetalan pada bospom setiap pemakaian 4 bulan sekali.

Cara lain guna menjaga performa agar tetap maksimal, sebaiknya untuk selalu mengisi bahan bakar apabila volume di tangki kurang dari setengah guna menghindari kejadian masuk angin. Dan yang terpenting jadwalkan penggantian timming belt untuk menghindari putusnya saat pemakaian.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Toyota Kijang Kapsul Diesel, Musuh Bebuyutan Isuzu Panther

Source: Harga Bekas di Bawah Rp100 Juta, Apa Keistimewaan Toyota Kijang Kapsul Diesel?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com