Cuma Modal Tenaga Besar, Fortuner 2.8 Kalah Menarik dari Toyota Innova Zenix Hybrid

Harga Toyota Innova Zenix Hybrid untuk tipe teratas ada di angka Rp611 juta. Cukup tinggi memang kalau melihat posisi mobil ini yang ada di segmen mobil ini yang ada di kelas medium MPV.

Innova Zenix Hybrid

Pasalnya, dengan harga Rp600 juta, bisa dapat mobil kelas di atasnya. Gak usah banding-bandingke dengan merek tetangga, sesama Toyota saja direntang banderol ini ada Fortuner 2.8. Pilihannya bisa Fortuner 2.8 VRZ 4×2 AT. Atau kalau mau tampilan lebih gahar ada Fortuner 2.8 GR Sport 4×2 AT.

Perbandingan Harga
Toyota Innova Zenix Hybrid Toyota Fortuner 2.8
Tipe Harga Tipe Harga
2.0 G HV CVT Rp458.000.000 2.8 VRZ 4×2 AT Rp606.200.000
2.0 V HV CVT Rp522.150.000 2.8 GR Sport 4×2 AT Rp624.950.000
2.0 V HV CVT Modellista Rp532.000.000 2.8 GR Sport 4×4 AT (Spot Order) Rp715.350.000
2.0 Q HV CVT TSS Rp601.150.000    
2.0 Q HV CVT TSS Modellista Rp611.000.000    

Nah walau harganya mirip, kedua mobil ini memang punya karakter jauh berbeda. Tapi kami akan kasih perbandingannya buat Anda.

Baca juga: Bukan Cuma Innova Zenix, Toyota Sediakan Paket Modellista Buat Vios, Fortuner, dan Hilux

Dimensi Toyota Innova Zenix Hybrid Mirip Fortuner

Toyota Kijang Innova Zenix memang kelasnya MPV. Tapi coba lihat perawakan tubuhnya. Ia sekarang cocok disebut SUV, atau mungkin crossover sebagai pengecualian SUV namun bertubuh panjang dan tidak terlalu jangkung.

Panjang dan lebar tubuhnya mirip Fortuner

Tapi kalau diukur secara detil, ternyata Innova Zenix cuma terpaut sedikit dimensinya daripada Toyota Fortuner. Kebayang kan Fortuner sebesar apa, nah Innova Zenix cuma beberapa milimeter (mm) lebih kecil.

Perbandingan Dimensi
  Toyota Innova Zenix Toyota Fortuner
Panjang 4.755 mm 4.795 mm
Lebar 1.850 mm 1.855 mm
Tinggi 1.795 mm 1.835 mm
Jarak sumbu roda 2.850 mm 2.745 mm
Jarak ke tanah 185 mm 225 mm

Dari data tersebut terlihat jelas, yang paling membedakan antara Innova Zenix dan Fortuner secara ukuran tubuh hanyalah ground clearance. Mengingat Zenix kodratnya MPV, maka Fortuner dibuat oleh Toyota jauh lebih jangkung.

@autofun.indonesia Apa Sih Kelebihan dan Kekurangan Pajero Sport dan Fortuner Varian Paling Mahal? #tipsmobil #reviewmobil ♬ O.P.P – Naughty By Nature

Baca juga: Intip Persaingan Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner, Siapa Paling Laris Jelang Akhir Tahun?

Toyota Fortuner Andalka Mesin Bertenaga

Ini yang menarik untuk dibandingkan. Zenix Hybrid pakai mesin berkode M20A-FXS 4 silinder 16 Valve DOHC Chain Drive Dual VVT-i. Mesin bensin berkapasitas 2.0-liter ini kemudian dikombinasikan motor listrik dan baterai Ni-MH.

Innova Zenix Hybrid berbekal mesin bensin + motor listrik dan baterai

Mesin bensinnya bertenaga 152 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 187 Nm pada 4.400-5.200 rpm. Sementara motor listriknya berdaya 113 PS dengan torsi maksimal 205 Nm. Artinya, pada mode Power ketika kedua sistem bekerja bersama, maka sanggup menghasilkan daya puncak 186 PS dengan torsi 392 Nm.

Mesin paling bertenaga di kelasnya

Soal tenaga, Fortuner 2.8 mungkin jadi SUV bermesin terbesar di kelasnya untuk pasar Indonesia. Mesin diesel dengan kode 1GD-FTV 4 silinder DOHC ini sudah dibekali teknologi Variable Nozzle Turbo (VNT) Intercooler.

Fortuner 2.8 pas buat yang kepingin mobil tenaga berlimpah

Hasilnya, mesin 2.8-liter ini bisa memproduksi daya maksimum 203 PS di 3.000-4.000 rp dengan torsinya 500 Nm di 1.600-2.800 rpm. Jelas di atas kertas mesin ini juga jauh lebih powerfull dari Innova Zenix Hybrid.

Mesin hybrid bikin Innova Zenix lebih irit BBM

Tapi ingat, karena menggunakan sistem full hybrid dan dilengkapi baterai, Innova bisa melaju tanpa menggunakan BBM sama sekali untuk jarak tertentu. Ini pastinya bikin Innova jadi lebih irit.

Baca juga: Review Toyota Fortuner 2.8 4×4 GR Sport: Fitur Keselamatan Tanpa ADAS, Segini Konsumsi BBM-nya

Toyota Innova Zenix Hybrid Lebih Lengkap Fiturnya

Terakhir kita bandingkan dari kelengkapan fiturnya. Fortuner boleh saja jumawa soal kekuatan mesin. Namun ketika membandingkan soal fitur, maka Innova hadir dengan lebih kaya teknologi.

Tanpa TSS dan Sunroof

Meski begtu bukan berarti Fortuner “kopongan”. SUV ini tetap punya 7 Airbags, Hill Start Assist (HSA), Downhill Start Assist Control (DAC), Traction Control (TC), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal, sampai Triler Sway Control. Fitur-fitur ini rasanya memang sengaja dijejalkan untuk mendukung aktifitas petualangan bersama Fortuner.

Jok belakang dibuat lebih nyaman

Kalau Innova Zenix Hybrid lebih pentingkan kenyamanan dan keselamatan di jalan raya. Misalnya jok penumpang belakang model captain seat dengan ottoman alias sandaran kaki. Lalu ada monitor 10 inci untuk penumpang baris kedua yang masing-masing terpasang di balik sandaran jok pengemudi dan penumpang depan.

Electric panoramic sunroof

Kemudian ada juga Electric Parking Brake (EPB) serta Panoramic Sunroof. Diri ssii keselamatan, Innova Zenix Hybrid tipe tertinggi juga sudah ada 6 Airbags serta paket Toyota Safety Sense (TSS). Fitur ini termasuk Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert, Lane Tracing Assist, Dynamic Radar Cruise Control, dan Automatic High Beam.

Kesimpulan

Dibudget Rp600 jutaan, pilihan sulit ternyata ada pada produk Toyota sendiri. Apakah Innova Zenix Hybrid atau Fortuner. Sebenarnya ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan Anda.

Kalau Anda tinggal di pelosok daerah dengan kontur jalan yang kurang bersahabat, pastinya Fortuner 2.8 berpenggerak roda belakang pilihan paling tepat. Tapi kalau Anda sehari-hari di kota besar dan membutuhkan mobil yang nyaman sekaligus irit BBM, Toyota Innova Zenix Hybrid adalah jawabannya.

Source: Cuma Modal Tenaga Besar, Fortuner 2.8 Kalah Menarik dari Toyota Innova Zenix Hybrid

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com