Serba-Serbi Suzuki Hayate, Motor Irfan Bachdim Yang Tak Lekang Jaman

Suzuki Hayate
Tampang Suzuki Hayate tetap up to date.
  • Tampilannya masih terkesan mewah.
  • Usia pakai sudah tak lagi muda.

Di tahun 2011 silam, skuter matic Suzuki Hayate meluncur. Motor bermesin 125 cc ini hadir sebagai penerus dari Suzuki Skywave di segmen matic berlingkar pelek 16 inci. Saat itu, pesepakbola Irfan Bachdim jadi bintang iklannya.

Menariknya, meski sudah beredar lebih dari 10 tahun, tapi secara tampang Suzuki Hayate masih tetap terlihat up to date, alias nggak ketinggalan jaman. Hal ini dikarenakan desainnya yang sporty.

Sehingga Suzuki Hayate masih cocok dipakai bagi Anda yang mengincar motor bekas berpenampilan mewah, tapi punya budget terbatas. 

Baca Juga: KTM RC 8C 2023 Ludes Dalam 2 Menit, Padahal Gak Bisa Punya STNK!

Harga Bekas Mirip DP Motor Baru

Saat ini banderol bekas Suzuki Hayate sudah sangat terjangkau. Bahkan persis uang muka dari beberapa tipe motor, yakni mulai Rp 4 jutaan saja. Harga tersebut berlaku pada motor buatan tahun 2011-2012 dengan kondisi seadanya.

Iklannya dibintangi Irfan Bachdim

Ini artinya, Anda butuh dana lebih untuk memperbaiki beberapa komponen Suzuki Hayate bekas tersebut. Bisa dari sektor mesin, bodi atau di bagian kaki-kaki.

Tapi untuk motor-motor yang siap pakai, biasanya dilepas dengan harga Rp 6-8 jutaan. Angka tersebut tergantung kondisi dan lokasi penjualan.

Baca Juga: Asyik! Pemerintah Bakal Subsidi Motor Listrik Hingga Rp 6,5 Juta Tahun Depan

Desain Belum Ketinggalan Jaman

Hadir sebagai pesaing Yamaha Nouvo Z membuat tampilan Suzuki Hayate tak lekang zaman. Ini diwakili dari desain eksterior yang berkesan sporty dan mewah. Misalnya dari lekuk leg shield dan bodi yang tak berlebihan, namun terasa sporty.

Bagasi luas

Kemudan bentuk lampu depannya mengandalkan tipe single cluster dengan dua bohlam yang terintegrasi. Terdapat pula aksen biru yang berkesan futuristik.

Selain itu, di bagian buritan ada kesan berbeda dari matic saat ini yang justru jadi ciri tersendiri pada Suzuki Hayate. Hal tersebut diwakili dari adanya stoplamp double cluster pipih yang dikombinasikan dengan sepasang sein bersudut tajam.

Untuk fitur terbilang mumpuni untuk dipakai harian. Seperti adanya bagasi luas, dengan volume 17,7 liter. Serta magnetic shuttered key dari segi keamanan motornya. 

Mesinnya Cukup Bertenaga

Beralih ke sektor penggerak, Suzuki Hayate dibekali dengan mesin 125 cc berpendingin udara, 4-tak, SOHC, satu silinder. Tenaganya 9,6 PS pada 8.000 rpm dan torsi maksimum 9,8 Nm di putaran 6.000 rpm.

Pakai pelek 16 inci.

Mesin tersebut masih berkarburator dengan rasio kompresi rendah 9,6:1. Sehingga masih bisa menenggak BBM jenis Pertalite yang ditampung pada tangki sebesar 5 liter.

Usia Sudah Cukup Lama

Jika seluruh kelebihan Suzuki Hayate sudah sesuai ekspektasi dan keinginan Anda, yang perlu diperhatikan setelah menebusnya adalah cek seluruh komponen. Mulai dari kondisi mesin, CVT, kaki-kaki hingga bodi dan sasis. 

Pasalnya usia pakai motor tersebut sudah relatif tua. Motor ini sendiri sudah tak diproduksi sejak 2014 silam. Sehingga paling muda saja usianya sudah 8 tahun. Jadi, patut teliti sebelum membeli.

Source: Serba-Serbi Suzuki Hayate, Motor Irfan Bachdim Yang Tak Lekang Jaman

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com