Paten Daihatsu Move Canbus Sudah Didaftarkan ke Kemenkum HAM, Mau Dijual di Indonesia?

Daihatsu Move Canbus, mobil mungil yang masuk segmen Kei Car di Jepang bakal hadir di Indonesia. Hanya saja, meluncur atau tidak, belum diketahui kabarnya.

Akan tetapi, sinyal kehadiran Daihatsu Move Canbus ini tercium dari berita resmi Desain Industri No.36/DI/2022 yang dirilis Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Baca juga: Wah Ada yang Punya Mobil Klasik Daihatsu Compagno, Cuma Satu-satunya di Indonesia?

Desain paten Daihatsu Move Canbus
Desain paten Daihatsu Move Canbus

Ya, hak paten desain Move Canbus, terlihat didaftarkan atas nama Daihatsu Motor Co.,LTD, yang beralamat di 1-1 Daihatsu-Cho, Ikeda-Shi, Osaka 563-8651.

Disebutkan, desain mobil ini telah didaftarkan sejak 27 Oktober 2022 dengan Nomor Permohonan DI: A00202203851. Dalam keterangannya, mobil yang telah diumumkan sejak 22 November 2022 itu, didesain oleh Manabu Fukuda dan Noriaki Kawai. 

Daihatsu Move Canbus
Desain paten bagian depan, belakang, dan samping

Adapun konsultan desain industri juga tercatat dengan nama Migni Myriasandra Noerhadi, dengan alamat PT Biro Oktroi Roosseno, Kantor Taman A-9, Unit A6-A7, Jalan Dr Ide Anak Agung Gde Agung, (Mega Kuningan), Jakarta 12950, Indonesia.

Baca juga: Bukan Sigra, Ini Mobil Daihatsu Paling Laris di Jawa Tengah

Hal Menarik dari Daihatsu Move Canbus

Daihatsu Move Canbus
Daihatsu Move Canbus di Jepang

Diketahui Move Canbus yang memiliki bentuk kompak sudah ada sejak tahun 2016. Mobil ini jadi salah satu jenis Kei Car Daihatsu yang cukup populer di Negeri Sakura. 

Mobil yang sudah menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) itu mengalami ubahan pada Juli 2022 lalu. Disebutkan, sebulan sejak diluncurkan Move Canbus langsung laris manis dengan torehan penjualan tembus 26 ribu unit. 

Secara dimensi, Move Canbus memiliki panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi antara 1.655-1675 mm, serta beratnya bisa 950 kg.

Baca juga: Cari Mobil Keluarga 1.000 Cc, Pilih Daihatsu Xenia Atau Sigra?

Daihatsu Move Canbus
Kei Car yang cukup laris di Jepang

Meski bentuknya mungil, Move Canbus sudah dibenamkan fitur-fitur canggih, seperti pintu geser elektrik, Apple CarPlay, fitur keselamatan aktif Smart Assist, Adaptive Cruise Control (ACC), serta Blind Spot Monitor (BSM).

Move Canbus sendiri memiliki dua pilihan mesin bensin, yaitu 658 cc, KF-VE I3, yang menghasilkan daya 52 PS dan juga mesin KF-DET Turbo I3, berkapasitas 658 cc, yang memuntahkan daya 64 Ps.Di atas kertas, mobil dengan desain pintu geser ini diklaim memiliki konsumsi bahan bakar rata-rata sekitar 22,9 km per liter.

Source: Paten Daihatsu Move Canbus Sudah Didaftarkan ke Kemenkum HAM, Mau Dijual di Indonesia?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com