Nissan Serena 2023 vs Toyota Voxy, Adu Mewah MPV Boxy Rp500 Jutaan

Nissan Serena 2023 sudah rilis di Jepang Senin, 28 November 2022. Ini menjadi Serena generasi keenam dengan kode C28. Tentunya Nissan Serena terbaru hadir untuk menjegal kompetitor terberatnya, Toyota Voxy/Noah yang sudah lebih dulu dijual di Negeri Sakura itu. Bahkan Toyota Indonesia pun telah menjual Voxy pada Februari 2022.

Untuk bisa melawan rivalnya itu, Nissan telah melakukan banyak rombakan pada MPV boxy andalan mereka ini. Mulai dari penerapan bahasa desain terbaru dengan gril V-Motion khas Nissan yang dipadankan LED, sampai sederet fitur paling mutakhir sudah tersemat.

Nissan Serena C28 generasi keenam

Lantas seperti apa perbandingan Nissan Serena 2023 vs Toyota Voxy khususnya unit yang ada di Indonesia? Mari kita bandingkan sebelum Nissan benar-benar memasarkan Serena generasi terbaru ini ke Tanah Air.

Baca juga: Nissan Serena 2023 Sudah Resmi Meluncur di Jepang, Toyota Voxy Dapat Lawan Tangguh

Dimensi Nissan Serena 2023 vs Toyota Voxy

Karena sama-sama boxy mari kita bandingkan dimensi dari kedua mobil ini. Terutama dalam hal jarak sumbu roda, mengingat bakal berpengaruh langsung ke keluasan kabinnya.

Toyota Voxy terbaru

Untuk Serena terbaru, tipe tertinggi punya panjang 4.765 mm, tinggi 1.895 mm dan lebarnya 1.715 mm. Adapun mobil ini punya wheelbase mencapai 3.145 mm. Kalau dibandingkan dengan Voxy, ternyata Serena lebih panjang, lebih tinggi, dan jarak sumbu rodanya juga lebih panjang.

Perbandingan dimensi
  Nissan Serena Toyota Voxy
Panjang 4.765 mm 4.695 mm
Lebar 1.715 mm 1.730 mm
Tinggi 1.895 mm 1.855 mm
Jarak sumbu roda 3.145 mm 2.850 mm

Baca juga: Nissan Serena 2022 Meluncur Lebih Dahulu di Malaysia, Pakai Teknologi Mild Hybrid

Sama-sama Pakai Mesin 2.0L

Nissan Serena 2023 ditawarkan dengan beberapa pilihan mesin. Satu diantaranya mesin bensin 2.0-liter 4 silinder naturally aspirated. Mesin ini dengan kode MR20DD itu berdaya 150 PS dan punya torsi 200 Nm. Mesin tersebut kemudian dikombinasikan dengan transmisi otomatis CVT.

Tenaga mesinnya kalah dengan Voxy

Lalu bagaimana dengan Toyota Voxy? Untuk versi Indonesia juga hadir dengan mesin bensin 2.0L yang berkode M20A-FKS. Tapi tenaganya bisa lebih tinggi yakni 170 PS dengan torsi 202 Nm. Voxy juga menggunakan transmisi CVT.

Menariknya, di Jepang Serena menawarkan sistem penggerak Front Wheel Drive (FWD) dan 4 wheel drive (4WD). Kemudian ada pula tipe mesin hybrid tiga silinder 1.4-liter yang dikombinasikan motor listrik tunggal. Serena hybrid ini sanggup menghasilkan tenaga 163 PS dengan torsi 315 Nm tapi cuma ada dengan tipe penggerak roda FWD. 

Di Jepang ada varian Noah

Voxy pun sebenarnya punya varian hybrid di negara asalnya, tapi yang masuk ke Indonesia cuma tipe mesin bensin. Kami berharap ketika masuk Tanah Air, Serena hybrid pun akan ditawarkan sehingga bisa makin menarik.

Baca juga: Toyota Voxy Kalah Langkah, New Serena e-POWER Akan Hadir Dalam Waktu Dekat

Fitur Nissan ProPILOT vs TSS

Sebagai generasi baru, Serena menawarkan banyak sekali peningkatan fitur. Mulai dari layar besar untuk panel instrumen digital, selektor transmisi berbentuk tombol, sampai setiap penumpang dilengkapi kontrol AC, kantong smartphone, cup holder, port USB, dan Wi-Fi onboard.

Nissan Serena 2023 interior

Dalam hal keselamatan, Serena tipe tertinggi mendapat sistem ProPILOT 2.0 suite. Sedangkan untuk trim yang lebih rendah, semuanya mendapatkan ProPILOT reguler sebagai fitur standar. Menurut Nissan, ProPILOT merupakan teknologi bantuan pengemudi canggih pertama di dunia untuk jenis minivan. 

Bahkan mobil ini juga dilengkapi dengan ProPILOT Remote Parking, yang memungkukan mobil bisa bergerak dengan remote control. Hal ini memungkikan mobil dapat masuk dan keluar dengan lancar dari ruang sempit, agar mudah memuat atau menurunkan barang.

Toyota Voxy interior

Gimana dengan Toyota Voxy? Untuk model yang dijual di Indonesia, Voxy sudah tersemat fitur Toyota Safety Sense (TSS). Fitur ini terdiri dari Pre Collusion System, Lane Tracing Assist, Dynamic Radar Cruise Control, dan Automatic High Beam.

Lantas ada pula fitur lain seperti panoramic view monitor, Parking Support Brake, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Blind Spot Monitor, hingga 7 airbags yang melindungi setiap sisi pengemudi dan penumpang.

Harga Nissan Serena 2023 Sampai Rp500 Jutaan

Saat ini Nissan baru memasarkan Serena di Jepang. Tapi disana, harga MPV tersebut mulai dari Rp313 jutaan hingga Rp543 juta. Sedangkan harga Toyota Voxy di Indonesia Rp579,5 juta.

Nah gimana, kira-kira mau tunggu Nissan Serena 2023 masuk Indonesia atau langsung inden Toyota Voxy?

Source: Nissan Serena 2023 vs Toyota Voxy, Adu Mewah MPV Boxy Rp500 Jutaan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com