Honda Vario 125 2023 Jadi Etalase Berjalan, Dijejali Ragam Part Branded

Honda Vario 125 2023 garapan RD Matic Shop.
  • Pakai motif Arai Disalvo yang khas.
  • Pengereman mewah dengan Brembo 2P billet.
  • Aksesoris serba oranye mengikuti motif pada bodi.

Walau baru seumur jagung, tapi Honda Vario 125 2023 sudah ada yang memodifikasinya. Yaitu RD Matic Shop yang memang sudah kawakan dengan motor ini sejak pertama kali diluncurkan.

Honda Vario 125 2023 miliknya ini dimodifikasi dengan konsep yang khas dari garapan-garapan RD Matic Shop. Di mana garapannya sangat rapi, dengan penggunaan part yang mewah.

Selain untuk melampiaskan hasrat modifikasi dan hobinya, modifikasi ini juga bertujuan sebagai display dari barang dagangan di bengkel miliknya. Langkah pertama dengan mengubah warna bodi menjadi abu-abu.

“Jadi waktu itu liat abu-abu mobil Porsche kok keren, setelah dicari ternyata namanya Meteor Grey. Habis itu ditambah cutting sticker motif Arai Disalvo, dulu pernah punya helm ini tapi udah dijual.”

Extra fan Otom menempel pada radiator

Baca juga: Honda Vario Bore Up Tanpa Ganti ECU, Black Box Dan Remap Jadi Kuncinya

“Pengen punya lagi sih, tapi males. Yauda hakhirnya ‘dituang’ ke motor aja pakai cutting sticker buatan Graphic Factory. Cover CVT juga ikut dikasih cutting sticker motif yang sama kaya bodi,” buka Richard Danu owner RD Matic Shop.

Baut tutup oli Bikers yang sudah jadi barang langka

Area Setang Rapi

Modifikasi dilanjutkan dengan memasang beberapa part pada area setang. Yang terlihat ada handgrip Puig, bar end Tupaknam, spidometer Koso, dan master rem Brembo RCS15.

“Handle rem kiri sengaja belang, pakai Accossato karena ngejar warna oranye biar sama kaya motif Disalvo di bodi. Habis itu sakelar kanan pakai Kawasaki ZX-6R dan yang kiri Kawasaki Versys 250 karena lengkap dan tampilan tetap terlibat OEM,” tunjuk pria yang bengkelnya ada di bilangan Meruya, Jakbar.

Handle rem belakang pakai Accossato dengan warna oranye senada bodi

Kemudian kedua batang spionnya tidak menggunakan Honda Click yang biasanya menjadi spion wajib bagi para pemilik motor ini. Di sini Danu menggunakan spion Stage6 dengan kombinasi warna hitam dan oranye anodize senada warna bodi.

Baca juga: Honda Vario 160 di Malaysia Tembus Rp 35 Juta, Apa Bedanya?

Honda Vario 125 milik Danu merupakan versi non smart key, namun diubah menjadi smart key atau keyless menggunakan seperangkat kunci kontak kepunyaan Honda SH150i.

Gas spontan Domino bersanding dengan sakelar ZX-6R OEM look!

“Pakai keyless punya SH150i itu karena ngejar awet di jangka panjangnya aja sih, makanya di toko juga stoknya pasti keyless punya SH150i. Terus pasang cover Semspeed yang dibawa langsung dari Thailand kemarin,” tambahnya.

Kaki-Kaki Mewah

Modifikasi yang cukup banyak berada di area kaki-kaki, gak hanya banyak tapi juga rasanya jadi yang paling banyak memakan biaya. Bisa langsung dilihat dari penggunaan sepasang pelek King Speed asal Vietnam yang punya harga Rp 14 jutaan.

Shock belakang pakai YSS G-Racing dengan setelan lengkap

Kedua peleknya dibungkus dengan ban soft compound, depan paka FDR MP27 ukuran 90/80-14 dan belakang Corsa R46 berukuran 100/80-14. Set up ini langsung membuat fitment kaki-kaki lebih padat.

Baca juga: Jangan Asal, Begini Cara Pakai Power Outlet Honda Vario 125 2023!

Suspensi depan diupgrade menggunakan bottom shock KTC Kytaco dengan tabung mungil di depan warna hitam anodize. Untuk suspensi belakang, Danu coba tampil beda dengan tidak menggunakan Öhlins, dirinya justru memilih YSS G-Racing.

Keyless milik SH150i dipadu dengan aksesoris Semspeed asal Thailand

“Kalau bahasa gaulnya ini top line dari YSS. Orang taunya Öhlins kan, tapi kenapa harus selalu Öhlins gitu. Makanya gue mau tampil beda aja, jadi dicobalah pakai YSS yang di atasnnya sedikit. Ini harga di atas Rp 7 juta, kalau Öhlins tabung atas tuh terakhir di toko Rp 5,650 juta.”

“Barang ini masih susah, mau stok buat toko pun gak ada, jadi ini istilahnya barang display ya gue pake ajalah, ahaha…” kekeh pria berpostur cukup tinggi ini. 

Pengereman Brembo

Brembo 2P billet terpasang apik pada bracket WR3

Sisi kemewahan berlanjut pada sektor pengereman di Honda Vario lansiran 2022 ini. Bagaimana tidak, seperangkat kaliper dan master rem Brembo turut dipasangkan.

Baca juga: Jok Honda Vario 160 2023 Susah Tertutup? Ternyata Gara-Gara Ini!

Master rem mengguakan Brembo RCS15 dan kalipernya pakai Brembo 2 piston berbahan billet yang umumnya digunakan untuk kaliper belakang motor sport. Keduanya disambungkan dengan selang rem Hel dan minyak rem tertampung pada reservoir Lightech.

New Vario 125 2023 tampil lebih menarik

“Bracket kaliper gue pakai WR3 dan bracket slang rem pakai Revolution kemarin baru bawa dari Thailand, ini salah satu oleh-olehnya dan coba pasang ternyata cakep,” tambanya.

Lampu depan tidak dibiarkan standar, karena sudah kena sentuh modifikasi dari RIC Lighting. Di sini lampu depannya diubah menggunakan LED Projector dengan angel eyes bulat.

Terakhir ada sedikit sentuhan pada mesin dengan ubahan pada knalpot. “Silencer standar dibobok alus. Lehernya pakai CMS, jadi sewaktu-waktu mau pakai silencer CMS tinggal ganti silencer aja tanpa ubah leher lagi,” tutup Danu.

Cakep!

RD Matic Shop: 0817-9989-298

Spesifikasi Honda Vario 125 RD Matic Shop 
Master rem Brembo RCS15
Brake lever Accossato 
Gas spontan Domino
Spion Stage6 
Tabung minyak rem Lightech
Pelek King Speed
Ban depan FDR MP27 90/80 -14
Ban belakang Corsa R46 100/80-14
Tabung shock KTC Kytaco
Kaliper Brembo nickel 2P
Slang rem HEL 
Cakram TDR 260 mm
Jalu setang Tupaknam 
Shock YSS G-Racing
Paha rem SGP + Bikers
Cover CVT Honda Airblade
Filter udara Honda Airblade
Cover knalpot Honda Airblade
Sepatbor kolong Honda Airblade
Baut HENG stainless 2 kunci
Bodi Repaint Meteor Gray
Cutting sticker Arai Disalvo by Graphic Factory
Spidometer Koso 
Kulit jok Mb-Tech
Slang radiator Samco 
Slang hawa mesin Samco 
Leher knalpot CMS  

Source: Honda Vario 125 2023 Jadi Etalase Berjalan, Dijejali Ragam Part Branded

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com