Yamaha XMax Anti Panas Walau Bore Up, Cukup Pasang Komponen Ini

Yamaha XMAX bore up.
  • Suhu mesin lebih tinggi ketika sudah melakukan peningkatan cc.
  • Oil cooler membantu menjaga suhu mesin dengan mendinginkan oli.

Ada beberapa cara untuk menstabilkan suhu mesin sepeda motor. Mulai dari penggunaan cairan pendingin atau biasa disebut radiator, atau bisa juga menggunakan oil cooler.

Di era sekarang ini, banyak dari pabrikan sepeda motor yang sudah menyematkan radiator untuk menjaga suhu mesin, tapi jarang ada matic menggunakan oil cooler. Coba tengok matic 150 cc hingga 250 cc yang beredar di Indonesia.

Oil Cooler & Radiator

Baik radiator maupun oil cooler punya keunggulan masing-masing dan punya tugas yang berbeda. Radiator difokuskan untuk mendinginkan area ruang bakar berkat adanya water jacket di blok silinder dan kepala silinder.

Cairan pendingin atau water coolant punya titik didih yang lebih tinggi dibandingkan air mineral biasa, karena itu bisa mereduksi panas mesin. Water coolant tersebut didinginkan dengan aliran udara dan extra fan ketika melewati kisi-kisi di radiator. Perputaran siklus radiator ini perlu dibantu dengan water pump.

Baca juga: Begini Cara Aktifkan Fitur Navigasi dan Y-Connect di Yamaha XMax Connected 2023

Oil cooler Ultraspeed Racing posisinya di atar radiator

Sesuai dengan namanya, oil cooler tugasnya mendinginkan oli yang ada pada mesin. Oil cooler memanfaatkan semburan dari oil pump dan dibuatkan jalur khusus, jadi semburan oli terlebih dulu melewati kisi-kisi seperti radiator agar lebih dingin karena terkena hembusan angin dari depan.

Oil Cooler XMax

Kemudian oli yang sudah lebih dingin tersebut dimasukan kembali ke dalam mesin sehingga bisa membuat kualitas oli mesin dan suhu mesin terjaga. Sudah pakai radiator lalu mau pasang oil cooler? Bisa kok!

Tapi biasanya ini dilakukan pada mesin yang sudah melakukan upgrade, seperti menaikan kapasitas mesin atau upgrade lain yang membuat mesin lebih bekerja ekstra dan bisa menghasilkan panas berlebih.

Seperti Ultraspeed Racing yang membuat oil cooler untuk motor ini, pasalnya banyak pengguna yang sudah melakukan upgrade pada sektor mesin, padahal sudah menggunakan mesin 250 cc tapi nyatanya masih belum bisa memuaskan hasrat dari beberapa pemiliknya.

Baca juga: Manfaatkan Fitur Penunjang Touring di Yamaha XMax 2023, Ada Apa Saja?

Mengambil jalur semprotan dari filter oli mesin

Umumnya mereka melakukan upgrade kapasitas mesin menjadi 300 cc hingga 400 cc, jadi wajar kalau mesin tersebut butuh pendinginan ekstra. “Pakai oil cooler tambahan, oli mesin jadi gak cepat rusak.”

“Biasanya siang hari, motor terasa enak di awal tapi pas dipakai agak jauh jadi kerasa lemes. Pakai oil cooler ini motor jadi gak kerasa lemes dan suhu mesin lebih adem. Malam hari paling indikator suhu cuma 2 bar, itu di bawah 80° C,” sebut Freddy A. Gautama owner Ultraspeed Racing.

Pompa Oli Standar

Saat menggunakan oil cooler, maka pompa oli pada crankcase akan memompa oli dengan jalur yang lebih jauh. Untungnya pompa oli standar milik XMAX masih mampu memompa oli hingga ke seluruh bagian mesin.

“Masih kuat nyemburnya, karena sebelumnya udah dites dan dicek berapa bar tekanan pompa oli standar. Kapasitas oli mesin jadi bertambah, dari yang standarnya 1,5 liter jadi 1,8 liter,” rinci Freddy yang bengkelnya ada di bilangan Gading Serpong, Tangerang, Banten ini.

Plug & Play

Pemasangan oil cooler buatan Ulraspeed Racing pada Yamaha XMax ternyata tidak terlalu rumit, karena plug & play. Semprotan utamanya diambil dari posisi standar filter oli mesin, karenanya posisi filter oli mesin sedikit bergeser.

Baca juga: Barunya Tembus Rp 66 Juta, Yamaha XMax 250 Bekas Cuma Rp 30 Jutaan Nih!

Filter oli pindah posisi ke tengah dengan rumah khusus

“Karena ruang filter oli dipakai buat jalur keluar masuk oli, jadinya filter oli sedikit geser ke tengah. Nah filter oli tetap pakai standar biar gampang saat servis. Memang sih jadi agak ribet saat mau ganti filter oli, tapi sebanding sama performa mesin setelah pakai oil cooler. Bracket oil cooler dan perintilannya dibikin pakai CNC, jadi presisi,” tunjuknya.

Oil cooler tambahan diposisikan di atas radiator, kemudian terdapat selang masuk dan selang keluar sebagai jalur oli, kemudian ada rumah baru untuk filter oli di sisi tengah.

Bagi yang minat, sepaket oil cooler untuk Yamaha XMax beserta jasa pasangnya ini ditawarkan oleh Ultraspeed Racing dengan harga Rp 3,5 juta. Jaminan mesin adem!

Ultraspeed Racing: 0822-7786-8080/0817-858-080

Source: Yamaha XMax Anti Panas Walau Bore Up, Cukup Pasang Komponen Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com