Nissan Serena 2023 Sudah Resmi Meluncur di Jepang, Toyota Voxy Dapat Lawan Tangguh

Sosok All New Nissan Serena 2023 akhirnya terkuak. Nissan Motor Co.,Ltd di Nishi-ku, Yokohama, Kanagawa, Jepang resmi meluncurkan MPV boxy ini, Senin (28/11/2022) waktu setempat. 

Nissan Serena generasi keenam diklaim lebih memaksimalkan kenyamanan, baik saat berkendara atau tetap merasa nyaman pada saat jadi penumpang belakang. Maka dari itu mobil terbaru ini mengusung konsep Big, Easy, dan Fun. 

Baca juga: Nissan Serena 2023 Bocor Jelang Peluncuran, Mesinnya Cuma 1.400 Cc!

All New Nissan Serena
Desainnya alami perubahan cukup banyak

All New Serena 2023 juga disebut-sebut sudah dibenamkan teknologi mutakhir hasil penyempurnaan dari generasi sebelumnya. Tak heran, dari model pertama Serena meluncur pada tahun 1991, generasi terbaru ini jauh lebih canggih. 

“Kami ingin Anda menghabiskan waktu berharga sebanyak mungkin dengan seluruh keluarga, dan kami ingin Anda menikmati waktu keluarga Anda sepenuhnya melalui Serena,” ungkap Vice President of Nissan Motor Co.,Ltd Asako Hoshino dalam situs resmi Nissan Global.

All New Nissan Serena 2023
Versi Autech terlihat lebih mewah

“Saya ingin melangkah lebih jauh!  Kami telah mengemas pemikiran dan komitmen tersebut ke dalam Serena baru,” sambung Asako Hoshino. 
Nah, Anda mau tahu apa saja yang berubah dari generasi keenam Nissan Serena 2023, lihat ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Nissan Serena 2022 Meluncur Lebih Dahulu di Malaysia, Pakai Teknologi Mild Hybrid

Eksterior Nissan Serena 2023

All New Nissan Serena memang mempertahankan desain boxy atau kotak Namun begitu, mobil ini telah mengalami sejumlah perubahan, termasuk tampilan depan yang berbeda dengan generasi sebelumnya.

Lampu depannya bertingkat

Ini bisa dilihat pada bagian gril yang melintang seakan menyatu dengan lampu depan. Untuk pencahayaannya sendiri menggunakan lampu LED dengan bentuk yang sipit, sehingga terkesan modern dan kekinian.

Bagian kaca depan dibuat lebar, karena menurut Nissan ini dapat membuat pengemudi melihat lebih luas dan meningkatkan visibilitas arah luar. Demikian juga dengan kaca jendela samping yang juga dibuat besar.

All New Nissan Serena 2023
Kaca depan sedikit lebih lebar

Untuk memudahkan akses masuk ke dalam kabin, mobil ini dilengkapi pintu geser yang bisa beroperasi otomatis tanpa menggunakan tangan atau hands-free. 

Baca juga: Dekati Indonesia, Ini 5 Hal Menarik Nissan Serena S-HYBRID 2022 yang Bikin Toyota Voxy Bertekuk Lutut

Interior Nissan Serena 2023

Bagian kabin banyak ubahan yang terjadi. Paling terlihat jok sudah dilapisi material anti air, sehingga aman untuk anak.

All New Nissan Serena 2023
Kabinnya lebih lapang

Selain itu, ada juga beberapa fitur pendukung lainnya yang tak kalah canggih, seperti port USB dan Wi-Fi untuk melengkapi perangkat media portabel, kemudian ada kontrol AC di setiap baris, layar instrumen digital, hingga selector transmisi berbentuk tombol.

Tidak hanya itu, bagian sisi pengemudi mendapatkan ruang kaki ekstra 120 milimeter (4,7 inci) dibandingkan generasi sebelumnya.

Pakai Teknologi ProPilot 2.0

All New Nissan Serena 2023
Kabin juga ikut diubah

Satu hal yang menarik dari mobil ini, mobil ini sudah dilengkapi teknologi ProPilot 2.0 yang diklaim jadi teknologi bantuan pengemudi canggih pertama di dunia untuk jenis minivan. 

Kecanggihan teknologi ini akan sangat membantu ketika melakukan perjalanan jauh agar tidak mudah lelah. Selain itu, mobil ini sudah dibenamkan sistem bantuan pengemudi ProPilot 2.0 yang lengkap pada  varian e-Power Luxion tertinggi.

Tak hanya itu, mobil ini juga sudah dilengkapi ProPILOT Park, yang dapat merekam posisi parkir, kemudi, akselerator, rem, pergantian gigi hingga rem parkir. Semua dikontrol secara otomatis dengan satu tombol.

All New Nissan Serena 2023
Nissan Serena 2023 interior

Mobil ini juga dilengkapi dengan ProPilot Remote Parking, yang memungkukan mobil bisa bergerak dengan remote control. Hal ini memungkikan mobil dapat masuk dan keluar dengan lancar dari ruang sempit, agar mudah memuat atau menurunkan barang.  Dengan begitu,mereka yang tak pandai parkir bisa merasa lebih tenang. 

Kelebihan lainnya dari mobil ini yaitu, memiliki kekuatan lebih tinggi, sehingga akan meningkatkan stabilitas kemudi, dan struktur bodynya dirancang agar dapat bermanuver meski terkena hembusan angin.

Baca juga: 5 Pilihan MPV Boxy Bekas Seharga LCGC Biar Keluarga Happy!

Performa Mesin All New Nissan Serena

All New Nissan Serena 2023
Akankah masuk Indonesia?

All New Nissan Serena dilengkapi teknologi e-Power generasi kedua, yang diklaim lebih menciptakan keheningan luas biasa. Mobil ini juga memiliki ayunan suspensi lebih lembut,  ada juga e-Pedal Step yang memungkinkan pengemudi dapat mengontrol kecepatan secara bebas hanya dengan menggunakan pedal akselerator.

Ada dua pilihan mesin pada Nissan Serena 2023, yaitu untuk mesin hybrid ditambah teknologi e-Power pada tipe HR14DDe-EM57, sedangkan mesin bensin menggunakan tipe MR20DD.

All New Nissan Serena 2023
Mesin bensin dengan motor elektrik

Untuk tipe mesin HR14DDe-EM57, dilengkapi hybrid e-Power dengan mesin 1.4 liter, yang menghasilkan tenaga 98 hp dan torsi 123 Nm. Jika dikombinasikan dengan motor listrik, maka total outputnya menjadi 163 hp dan torsi 315 Nm.

Sementara untuk MR20DD dijejali mesin 2.0 liter naturally aspirated yang menghasilkan daya 150 hp dan torsi 200 Nm.

Varian dan Harga Nissan Serena 2023

All New Nissan Serena 2023
Di Jepang paling mahal Rp543 juta

Untuk memberikan pilihan kepada konsumen, pada mesin hybrid e-Power, terdiri dari empat varia, yaitu e-Power X, e-Power XV, e-Power Highway Star V, dan e-Power Luxion. Sedangkan untuk mesin bensin tersedia, varian X, XV dan Highway Star V.

Menyoal harga untuk mesin hybrid e-Power dijual mulai dari 3.198.800 Yen sampai 4.798.200 Yen atau sekitar Rp362 juta sampai Rp543 juta. 

Adapun untuk mesin bensin yang dilengkapi transmisi Xtronic CVT dijual mulai dari 2.768.700 Yen sampai 3.269.200 Yen atau sekitar Rp313 juta sampai Rp370 juta. 

All New Nissan Serena 2023
All New Nissan Serena 2023

Meski saat ini baru diluncurkan di Jepang, tidak menutup kemungkinan All New Nissan Serena 2023 akan masuk ke pasar otomotif nasional. Sebab, di Tanah Air, mobil tersebut juga dijual.

Gimana tertarik, mau nunggu All New Nissan Serena 2023 dijual di Indonesia? 

Source: Nissan Serena 2023 Sudah Resmi Meluncur di Jepang, Toyota Voxy Dapat Lawan Tangguh

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com