Motor Trail Jadi Andalan Kopassus Salurkan Bantuan Gempa Cianjur

Gempa Cianjur
Motor trail jadi andalan penyaluran bantuan
  • Motor trail bisa salurkan bantuan hingga ke pelosok.
  • Ada beberapa wilayah bencana yang tak bisa dilalui mobil.

Gempa bumi mengguncang wilyah Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) pekan lalu. Efek getaran dari gempa sebesar 5,6 skala richter ini bahkan terasa hingga ke Jakarta.

Korban jiwa juga harta benda pun berjatuhan dan angkanya bertambah setelah sepekan kejadian. Dilansir dari data BNPB pada Minggu (27/11/2022) tercatat ada 321 korban jiwa meninggal dan 11 orang hilang.

Hal ini pun mendapat perhatian banyak pihak, termasuk Kopassus sebagai bagian dari TNI AD yang langsung turun ke lokasi pasca bencana. Kopassus juga turut menyalurkan bantuan ke wilayah bencana yang terisolir. 

Baca Juga: Ratusan Bikers Padati Penutupan Maxi Yamaha Day 2022 di Ijen

Andalkan Motor Trail

Dalam penyaluran bantuan kali ini, pasukan Kopassus mengandalkan motor trail. Di mana Kopassus menyiapkan kelompok trail yang dipimpin oleh Mayor Inf Hendis Asies menggunakan 10 unit motor trail.

Motor trail masuk area yang sulit dijangkau.

Kegiatan dilakukan untuk menembus kawasan pedalaman Cianjur mulai Jum’at, (25/11/2022). Kelompok trail ini membawa bantuan secara langsung yang diberikan kepada warga yang berada di pengungsian. 

Di tahap awal, kelompok trail Kopassus ini menyalurkan bantuan berupa kebutuhan pokok seperti 30 karung beras, 20 dus mie instant dan air mineral. Lalu ada juga perlengkapan bayi, terpal, susu, selimut dan perlengkapan lainnya. 

Selain itu, kelompok Trail Kopassus juga membawa obat-obatan serta tim medis guna memberikan bantuan kesehatan kepada warga.

Baca Juga: Yamaha Mio Sporty Masih Ada Barunya, Masih Keren Berbanderol Rp 19 Juta

Tujuan Penggunaan Motor Trail

Dilansir dari akun Instagram Penkopassus, Komandan Jendral Kopassus, Mayor Jendral TNI, Iwan Setiawan memerintahkan langsung kepada jajaran prajurit Kopassus untuk dapat menjangkau dan menembus setiap jengkal wilayah yang berdampak pasca terjadinya gempa bumi di wilayah Cianjur.

Lebih mudah untuk blusukan.

Penggunaan motor trail dikarenakan masih banyak kawasan di pelosok Cianjur yang tidak tersentuh penyaluran bantuan. Ini akibat akses jalan yang tidak memungkinkan untuk ditembus dengan kendaraan roda empat.

Titik Penyaluran Bantuan

Ada dua titik lokasi pengungsian yang menjadi sasaran penyaluran bantuan. Diantaranya di Desa Ngalindrung dan Desa Galundra yang belum pernah mendapatkan bantuan logistik maupun kesehatan. 

Banyak lokasi belum mendapat bantuan

Kemudian, dari dua lokasi ini, Kelompok Trail Kopassus terus menerobos wilayah yang khususnya sulit dijamah dan belum mendapatkan bantuan apapun. Terutama posko yang tidak dapat dilalui kendaraan roda empat. 

Pada Minggu (27/11/2022), personel Tim Trail Kopassus terus melanjutkan mendistribusikan logistik ke 3 titik lokasi pengungsi. Diantaranya kampung Gareheum, Pasir Muncang dan Galudra Girang dengan menggunakan kendaraan trail.

Adapun pendistribusian logistik menggunakan 6 unit motor trail dikarenakan 3 posko pengungsi tersebut hanya dapat dilalui dengan kendaraan roda dua.

Source: Motor Trail Jadi Andalan Kopassus Salurkan Bantuan Gempa Cianjur

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com