Gurita Bisnis Piaggio Indonesia, Awalnya Cuma Jualan Skuter Impor sampai Bikin Pabrik

kumulan berbagai model Vesp
Kumpulan berbagai model Vespa yang dimiliki sejumlah komunitas.
  • Vespa semakin populer di kalangan anak muda.
  • Pamor vespa tak lepas dari strategi PT Piaggio Indonesia.
  • Bisnis PT Piaggio Indonesia semakin menggurita.

Nama Vespa saat ini semakin populer dikalangan anak muda. Ini karena Vespa kerap dianggap bukan sebuah nama brand saja, melainkan seperti dipatenkan untuk sebutan nama skuter berdesain unik dan ikonik.

Lebih dari itu, Vespa tidak hanya sekedar sebuah alat transportasi roda dua, namun sudah menjadi bagian dari lifestyle dan juga fashion. 

Vespa GTS Super Tech 300
Vespa GTS Super Tech 300.

Baca juga: Intip Perakitan Vespa LX 125 di Pabrik Cikarang, Tiap 3 Jam Lahir Motor Baru!

Lain halnya ketika belasan atau puluhan tahun lalu saat masih menggunakan mesin dua tak dan transmisi manual. Vespa, hanya dimiliki dari kalangan tertentu, pecinta otomotif retro, hingga sekedar warisan orang tua. 

Namun saat ini, model Vespa jadul justru diburu, sedangkan Vespa keluaran anyar lebih modern dan canggih dalam hal teknologi semakin diminati. Meski tak jarang imej pemilik Vespa di era gen Z disebut ‘Fakboy’ yaitu pria muda yang ingin menggaet kaum hawa. 

Kendati begitu, Vespa yang mempertahankan ciri khas desain bodi mirip lebah, saat ini sangat banyak disukai baik dari kalangan tua muda, pria maupun wanita. 

Baca juga: Vespa GTS 2023 Dikenalkan, Lebih Modern Pakai Kunci Keyless!

Eksistensi Vespa di Tengah Persaingan Industri

Vespa
Vespa di era tahun 1950-an

Meski era gen Z semakin banyak mengendarai Vespa modern, namun sejatinya Vespa sudah hadir menemani perjalanan bangsa pasca merdeka, yaitu tahun 1946. 

Desain unik dan klasik, jadi modal Vespa untuk tetap mempertahankan eksistensi di tengah persaingan industri otomotif roda dua. Bahkan Vespa terus bertahan di tengah bombardir pasar skuter matik dengan berbagai model.

Selama kemunculannya, sejatinya banyak pula berbagai pabrikan turut menghadirkan model skuter dengan desain retro mirip Vespa. Kendati demikian, segmentasi pasar skuter jadi semakin terlihat.

Vespa
Ragam skuter Vespa

Vespa justru semakin banyak dimiliki mereka kaum berduit. Karena harga Vespa memang lebih mahal 1-2 kali lipat dari skuter pada umumnya. Bahkan hal tersebut tidak mengurungkan konsumen di Tanah Air untuk tak membeli Vespa. 

Sebaliknya, mereka yang membeli Vespa saat ini jadi lebih bangga, karena imej Vespa jadi bagian dari skuter premium.

Perjalanan Piaggio Indonesia

Vespa Sprint 150 Adventure
Vespa Sprint Adventure

Pamor Vespa di Indonesia tak lepas dari peran PT Piaggio Indonesia selaku distributor Vespa, yang merencanakan strategi marketing dan bisnisnya. Mereka berhasil menjadikan sosok skuter jenama Italia, semakin digemari di Tanah Air.

Anda juga harus tahu, sejak tahun 2011 PT Piaggio Indonesia hadir, dititik inilah perjalanan mereka dimulai untuk  mengembangkan Vespa di Nusantara. Tentunya banyak pengalaman berharga yang sudah dialami Vespa.

Maka dari itu, AutoFun akan sedikit flashback, mengulas perjalanan Vespa di bawah payung PT Piaggio Indonesia, mulai dari tahun 2011 sampai 2022. Berikut rangkuman perjalanannya:

2011

Piaggio ZIp
Piaggio ZIp

Pada tahun 2011, Piaggio Group yang merupakan produsen motor yang berkantor pusat di Pontedera, Italia menunjuk PT Piaggio Indonesia sebagai distributor resmi Piaggio-Vespa di Tanah Air. 

Kala itu, Managing Director PT Piaggio Indonesia, Sergio Mosca menegaskan, bahwa PT Piaggio Indonesia akan melanjutkan bisnis Piaggio dan Vespa, mulai dari kontrol logistik, servis, suku cadang, pemasaran, hingga dukungan finansial.

Sebagai permulaan, untuk penetrasi di pasar Indonesia saat itu Piaggio Indonesia menawarkan beberapa model skuter modern, seperti Piaggio ZIP 100 cc, Piaggio Liberty 150 cc fuel injection, Vespa LX 125 cc, dan Vespa S 150 cc fuel injection.

2012

Piaggio MP3 125 Yourban
Piaggio MP3 125 Yourban

Tak puas dengan produk yang ditawarkan, Piaggio Indonesia memperluas jajaran lini produknya melalui ajang Pekan Raya Jakarta 2012 dengan meluncurkan Piaggio MP3 125 Yourban.

Ya, model skuter matik ini memang tampak berbeda dari skuter pada umumnya, karena Piaggio MP3 125 Yourban memiliki tiga roda dan harganya cukup fantastis, yaitu mencapai Rp 99 juta on the road Jakarta.

Selain itu ada juga Vespa GTS 250 sebagai flagship dan juga Vespa PX 150 yang unik dan klasik bagi pecinta Vespa.

2013

Pada tahun 2013, Piaggi Indonesia kembali menambah line up dengan menghadirkan Vespa LXV 150i.e 3Valves, serta Vespa 946 Ricordo Italiano diperkenalkan pertama kali di Indonesia.

2014

Piaggio Indonesia terus melakukan perluasan produk pada tahun 2014, yaitu dengan menghadirkan Sport Touring 350 i.e dan Piaggio MP3 Yourban 300 i.e.

Selain itu, mereka juga menambah lini Vespa dengan produk terbaru Vespa Primavera. Selain itu ada juga Vespa Sprint 150 3Vi, Vespa GTS 3Vi di ajang PRJ 2014.

Perluas Pasar Motor Premium

Moto Guzzi
PT Piaggio Indonesia menghadirkan Moto Guzzi di Tanah Air sejak 2016

2015 

Pada tahun 2015, bisnis Piaggio Indonesia semakin menggurita. Hal ini terlihat dari penambahan portofolio merek dan produk mereka yang memperkenalkan brand motor asal Italia lainnya, berupa Aprilia dan Moto Guzzi ke Tanah Air. 

Dua merek sepeda motor legendaris dari negeri Pizza tersebut memiliki segmentasi pasar yang berbeda. Dimana Moto Guzzi ditujukan bagi pecinta yang mendambakan kualitas, teknologi dan desain Italia klasik, sementara Aprilia sangat kental dengan motor super sport.

Untuk perdana, Moto Guzzi menghadirkan Audace, California Touring SE, V7 II Racer, V7 II Stone. Sedangkan Aprilia antara lain Aprilia RSV4 RR race spec dan Aprilia RSV4 RF. 

Selain itu, mereka juga menghadirkan produk hasil kolaborasi Giorgio Armani dan Piaggio ini merupakan edisi spesial untuk Vespa 946 yang mempertahankan pilihan warna lembut sebagai ciri khas Armani.

Teknologi i-get Muncul

Vespa Sprint 150 disukai anak muda.

2016

Tepat pada perayaan hari jadi ke-70 tahun dan Piaggio Group, mereka melakukan evolusi dalam hal teknologi. Ya, Piaggio dan Vespa resmi membenamkan mesin Italian Green Experience Technology atau i-get.

Mesin i-get diklaim lebih ramah lingkungan dan lebih efisien dibandingkan versi sebelumnya. Selain itu, mesin ini juga disebut mampu mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang, karena lebih sempurna dalam hal pembakaran.

2017

Peluncuran kolaborasi Piaggio dan (RED), Bill Gates sebagai perwakilan dari the Bill and Melinda Gates Foundation yang merupakan salah satu organisasi global utama yang memperjuangkan kesehatan dan kesejahteraan di negara-negara berkembang.

Tahun yang sarat dengan pembaharuan bagi merek Piaggio dan Vespa dengan kehadiran skuter premium berupa Piaggio MP3 500 dan Vespa 946 RED.

Piaggio MP3 500 lebih premium dari model sebelumnya karena dianggap lebih canggih dan modern. Bahkan salah satu fiturnya bisa terkoneksi dengan smartphone baik iOS maupun Android. 

Untuk Vespa 946 RED sendiri merupakan hasil kolaborasi dengan RED Foundation sebagai simbol perjuangan melawan penyakit mematikan. 

2018

Piaggio Group merayakan jadi ke-50 tahun ikon Vespa yang tak lekang oleh waktu yaitu Vespa Primavera dan meluncurkan Primavera 50th Anniversary, yang digelar di Jakarta. 

Kehadiran Vespa Primavera 50th Anniversary menandai momen penting dalam sejarah Piaggio Vespa, dengan mempertahankan fitur klasik, namun tetap relevan dengan perkembangan zaman.

Melakukan Berbagai Penyegaran

Vespa GTS Super Tech 300 terbaru dengan rute riding Jakarta - Sentul
Vespa GTS Super Tech 300 diuiji dengan rute riding Jakarta – Sentul

2019

Pada tahun 2019 Piaggio Indonesia melakukan penyegaran pada jajaran Vespa melalui Vespa GTS 150 dan Vespa GTS Super Tech 300.

Vespa GTS 150 hadir dengan ubahan seperti pada bagian pencahayaan pakai LED, ada juga chrome pada horn cover, konsol box dan cover radiator pakai motif honeycomb, desain velg, ada list putih pada body samping, hingga soal pilihan warna. 

Untuk Vespa GTS Super Tech 300, mengalami peningkatan yang cukup signifikan, mulai dari desain, mesin baru yang lebih bertenaga, dan penyematan teknologi canggih.

Sementara itu, pada tahun ini Aprilia juga menambah produk baru berupa Aprilia Shiver. Sedangkan dan Moto Guzzi menghadirkan Moto Guzzi V85 TT. 

2020

Di tengah pandemi PT Piaggio Indonesia terus memperluas jajaran produk pada seluruh empat mereknya, yaitu Piaggio, Vespa, Aprilia dan Moto Guzzi. 

Mereka mengklaim, pada tahun pertama pandemi, melakukan berbagai ubahan strategi bisnis, namun tetap merilis 10 produk baru ke pasar Indonesia. 

Pabrik Piaggio Indonesia

Peletakan batu pertama pabrik PT Piaggio Indonesia
Peletakan batu pertama pabrik PT Piaggio Indonesia dilakukan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

2021

Tepat 10 tahun Piaggio Indonesia hadir di pasar otomotif nasional, mereka menghadirkan 10th Anniversary Vespa Sprint 150 i-get Limited Edition.

Selain meniti karir 10 tahun Piaggio Indonesia, tahun 2021 juga menjadi perayaan Piaggio Group yang menginjak usia ke-75 tahun.

Nah, hal ini pun dijadikan momentum Piaggio Indonesia dengan melakukan groundbreaking pembuatan pabrik baru seluas 55.000 meter persegi di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat

Baca juga: Sah! Pabrik Vespa Resmi Beroperasi di Cikarang Rakit Model Ini

2022

Proses produksi Vespa LX 125 i-get
Proses produksi Vespa LX 125 i-get

Tepat pada November 2022, babak baru dari sebuah ekspansi bisnis Piaggio Group di Indonesia, dilakukan dengan membuka pabrik perakitan. Hal ini disebut-sebut semakin mempertegas komitmen Piaggio Group terhadap pasar Indonesia. 

Nah, untuk mengawali proses produksi pabrik baru, Vespa LX 125 i-get jadi produk pertama yang diproduksi. Termasuk menghadirkan Vespa Batik yang menggunakan basis LX 125 i-get.

Source: Gurita Bisnis Piaggio Indonesia, Awalnya Cuma Jualan Skuter Impor sampai Bikin Pabrik

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com