Sering Diabaikan, Wiper Mobil Juga Punya Usia Pakai

  • Ganti wiper mobil wajib dilakukan secara berkala.
  • Minimal setahun sekali, jangan tunggu sampai wiper rusak.
  • Bisa bikin kinerjanya tidak maksimal, sampai kaca mobil baret.

Ganti wiper mobil sering kali bukan perawatan berkala yang kerap dilakukan. Padahal wiper memegang peran sangat penting di saat berkendara tiba-tiba turun hujan.

Sayangnya, karena hanya beroperasi saat dibutuhkan, pemilik mobil sering kali lupa melakukan perawatan wiper. Aplagi secara fisik wiper mobil tidak berubah bentuk atau warna. Sehingga komponen ini dianggap selalu baik-baik saja.

Kalau wiper rusak, akan merepotkan saat hujan

Tapi tahukan Anda, walaupun kondisinya terlihat baik, wiper mobil harus tetap mendapat perhatian dalam perawatan kendaraan. Jika sudah muncul tanda-tanda karet wiper rusak, maka segeralah diganti supaya tetap aman dan nyaman ketika berkendara di musim hujan.

Baca juga: Bukannya Jadi Bersih, Ini Efek Negatif Air Wiper Mobil Dicampur Shampo

Wiper Mobil Sebaiknya Diganti Setahun Sekali

Sama seperti komponen lain di mobil, wiper juga memiliki batas usia pakai. Arief Hidayat, Founder & CEO Wealthy Group menyarankan, sebaiknya wiper mobil diganti 1-2 tahun sekali. Batas usia pakai ini pun bisa berbeda-beda tergantung kondisi lingkungan kendaraan atau cara perawatannya.

Jika mobil sering terpapar panas, karet wiper jadi mudah getas

Misalnya ketika mobil sering parkir di tempat yang terpapar sinar matahari langsung, maka akan membuat karet wiper cepat getas. Sebaliknya, mobil yang jarang dipakai juga belum tentu awet wipernya. Karena material karet pasti akan mengeras pada kurun waktu tertentu.

Saat ganti wiper mobil juga sebaiknya dilakukan dua sekaligus, yakni untuk sisi kiri dan kanan. Jika kaca belakang juga sudah dilengkapi wiper, akan lebih baik turut diganti pula.

Saat ganti wiper mobil sebaiknya sepasang

Harga wiper mobil pun tak terlalu mahal, mulai dari Rp50 ribuan hingga Rp200 ribuan tergantung merek dan ukuran wiper sesuai mobilnya.

Baca juga: Banyak yang Keliru, Ini Bedanya Wiper Frameless Vs Hybrid

Bahaya Tidak Ganti Wiper Mobil

Jika Anda melakukan perawatan berkalai di bengkel resmi, umumnya teknisi akan mengecek seluruh komponen di kendaraan, termasuk wiper. Apabila sudah ada tanda-tanda harus diganti, maka disarankan kepada si pemilik kendaraan untuk segera menggantinya dengan yang baru.

Wiper mobil penting saat berkendara ketika hujan

Nah Auto2000 membagikan tips apa saja bahaya jika karet wiper tidak pernah diganti.

1. Tidak Optimal Menyeka Air Hujan

Wiper yang rusak tidak akan sanggup menyeka air dengan baik, terutama ketika hujan deras. Kerusakan umumnya terjadi pada bilah pemegang karet wiper yang lemah pegasnya sehingga wiper gagal mengikuti kontur kaca saat bekerja dan meninggalkan jejak air.

2. Muncul Suara Berisik

Wiper rusak bakal timbul suara berisik ke kaca mobil

Wiper yang kondisinya masih bagus ditandai oleh karet yang masih lentur dan tidak keras. Kalau karet wiper sudah berubah jadi kaku maka akan kehilangan fleksibilitasnya. Biasanya kondisi ini akan menimbulkan bunyi berisik saat bergesekan dengan kaca mobil.  

3. Gerakan Wiper Tidak Lancar  

Jika karet dalam kondisi masih bagus, gerakannya akan terasa lancar. Tapi ketika karet sudah keras, maka saat wiper dinyalakan gerakannya saat menyapu air bakal tersendat-sendat. Bahkan dapat membuat bilah wiper patah akibat terlalu sulit bergerak.

4. Bikin Kaca Baret

Kaca yang baret biaya perawatannya lebih mahal

Karena sudah tidak lentur, akan muncul banyak garis-garis air pada kaca ketika wiper bekerja. Selain membuat sapuan air kurang maksimal, garis air juga akan mengakibatkan baret pada kaca mobil yang akan menghalangi pandangan keluar. Jika didiamkan, baret akan semakin parah dan membuat kaca mobil rusak.  

5. Beli Mobil Bekas Juga Perhatikan Bagian Wiper

Ketika Anda membeli mobil bekas, sebaiknya juga perhatikan kondisi wipernya. Jika karet wiper sudah terasa keras atau getas, maka sebaiknya ganti setelah mobil tersebut dibeli.

Nah kalau mau beli mobil berkualitas yang dpaat garansi, bisa pilih di CARSOME.

 

Source: Sering Diabaikan, Wiper Mobil Juga Punya Usia Pakai

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WelfulloutDoors.com